Penyebab Susah Tidur dan Cara Mengatasinya

Tidur kurang nyenyak di malam hari dapat mengakibatkan kurangnya kualitas istirahat. Tidur yang efisien akan melewati beberapa tahap yaitu non rapid eye movement,tidur ringan, dan tidur nyenyak. Selain itu, orang tidur nyenyak juga butuh pembangun yang signifikan misalkan bunyi alarm.

Tetapi, orang yang susah tidur dan mudah terbangun karena adanya suara bising, cahaya lampu dan aroma yang tidak enak. Berikut kita simak penjelasannya mengenai penyebab susah tidur di malam hari.

Penyebab Susah Tidur 

Berikut beberapa penyebab susah tidur di malam hari, antara lain :

  1. Stres dan Masalah Kecemasan

    Semakin tinggi tingkat stres dan kecemasan seseorang, maka orang akan semakin susah pula tidur nyenyak di malam hari. Otak manusia sulit untuk memilih kekhawatiran atau ancaman saat tidur. Untuk itu, sebelum tidur, jernihkan pikiran terlebih dahulu dan lebih rileks sebelum tidur.
    Selain mengurangi stres dan kecemasan yang berlebihan, lakukanlah relaksasi dan melakukan mediasi sebentar. Dan jangan lupa berdoa sebelum tidur dan lakukanlah latihan pernapasan dalam.

  2. Kelaparan

    Selain stres dan cemas, penyebab lain susah tidur di malam hari yaitu lapar. Biasanya hal ini terjadi pada orang yang makan malamnya terlalu cepat dan menyebabkan lapar. Untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan mengonsumsi cemilan yang sehat.
    Atau bisa juga mengonsumsi buah-buahan seperti buah apel, pisang dan pir. Atau makanan yang mempunyai kadar kalori yang tidak berlebihan dan perut akan terisi dengan normal.

  3. Terlalu Banyak Mengonsumsi Kafein

    Mengonsumsi kafein terlalu banyak dapat mengakibatkan susah tidur dan mengurangi kualitas tidur yang normal. Kafein yang berlebihan dapat mempengaruhi siklus tidur. Contoh minuman yang banyak mengandung kafein yaitu kopi, teh, dan coklat.

    Untuk mengatasinya, kurangi minuman yang mengandung kafein dan batasi maksimal 2 cangkir per harinya. Jangan mengonsumsi kafein di sore hari atau waktu yang terlalu dekat dengan jam tidur.

  4. Terlalu Lelah 

    Selain tekanan mental, tekanan fisik juga dapat mengakibatkan kelelahan yang dapat menjadikan orang susah tidur di malam hari. Aktivitas seseorang yang membuatnya terlalu lelah, dapat meningkatkan detak jantung yang cukup cepat. Selain itu, juga dapat meningkatkan suhu tubuh naik.

    Maka dari itu, jangan heran kalau banyak aktivitas dapat menjadi lelah dan mengalami susah tidur di malam hari.

  5. Asam Lambung Naik

    Penyakit ini dapat mengakibatkan rasa tidak nyaman seperti, mual, muntah dan sakit perut. Selain asam lambung yang naik, orang menjadi cemas karena detak jantung juga akan meningkat.

    Hal ini menjadi penyebab susah tidur di malam hari, dan cara mengatasinya dengan mengontrol penyakit asam lambung ini dan periksa ke dokter.

Cara Mengatasi Susah Tidur Pada Saat Malam Hari 

  1. Menentukan waktu tidur secara teratur

    Cara mengatasi susah tidur dimalam hari salah satunya adalah menentukan waktu tidur secara teratur. Awalnya tentukan bangun dan kapan waktu tidur secara teratur.

    Ketika tidur disaat yang berubah-ubah maka akan membuat tubuh selalu dalam kondisi siaga. Hal itu berakibat tubuh selalu dalam keadaan tegang atau cemas.

  2. Tidak dianjurkan untuk tidur siang

    Jika seseorang mengalami susah tidur, maka tidak dianjurkan untuk tidur disaat siang hari. Karena tidur di siang hari akan menyebabkan susah tidur dimalam hari.

    Disaat malam hari tubuh menjadi sering terjaga dan juga sulit tidur. Penyebabnya adalah tidur disiang hari dapat mengurangi kebutuhan tidur disaat malam hari.

  3. Harus bijak memanfaatkan kasur

    Kasur atau tempat tidur sebisa mungkin harus digunakan untuk tidur saja. Tidak untuk kegiatan lain seperti halnya menonton tv, belajar, dan lain sebagainya.

    Selain itu juga harus memilih kasur yang tidak keras dan nyaman saat digunakan untuk tidur. Jika tidur dengan menggunakan kasur yang keras akan menjadikan susah tidur dan rasa yang tidak nyaman.

  4. Olahraga di sore hari

    Olahraga di sore hari juga bisa membantu mengatasi susah tidur. Karena jika tubuh merasa lelah akan lebih mudah untuk tertidur nyenyak.

    Olahraga di sore hari bisa dilakukan pada saat setelah matahari terbenam atau pada sore hari. Namun 2-3  jam sebelum waktu untuk tidur harus sudah selesai berolahraga. Berolahraga disaat mendekati waktu tidur justru bisa mengganggu tidur malam hari.

  5. Hindari penggunaan HP menjelang tidur

    Selain berolahraga di sore hari, menghindari penggunaan HP menjelang tidur juga termasuk cara mengatasi susah tidur dimalam hari. Menggunakan HP atau alat elektronik lainnya dapat mengganggu waktu tidur. Bermain HP menjelang tidur akan membuat diri Anda sibuk dan melupakan waktu tidur.

  6. Mandi air hangat 

    Mandi menggunakan air hangat juga dapat mengatasi susah tidur dimalam hari. Karena mandi menggunakan air hangat akan menjadikan tubuh lebih rileks serta tidur akan terasa lebih nyenyak.

  7. Menghindari makanan atau minuman tertentu

    Makanan ringan yang manis sebaiknya dihindari sebelum atau mendekati waktu tidur. Juga halnya dengan minuman yang mengandung alkohol, kopi serta teh kalau bisa harus dihindari.

    Terutama pada sore hari. Lebih baiknya sebelum waktu tidur dianjurkan untuk meminum air putih.

Berikut penjelasan mengenai penyebab susah tidur di malam hari dan cara mengatasinya. Jadwalkan tidur dengan baik dan jangan sampai kekurangan kualitas tidur akibat begadang. Selamat membaca dan selamat mencoba cara mengatasinya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top