Yuk Kenali Lebih Jauh Mengenai Investasi Di P2P Lending, Cara Kerja dan Keuntungan Yang Didapat

P2P atau singkatan dari peer to peer lending memiliki dua pendekatan dalam konsepnya yaitu sebagai pemberi pinjaman atau sebagai peminjam (Pendana). Sebagai apapun anda dalam P2P kedua peran ini akan memberikan manfaat tersendiri dalam hal finansial. 

Sistem investasi P2P Lending sendiri bukanlah hal tanpa resiko. Sama seperti kegiatan finansial lainnya, anda harus tetap berhati-hati dalam menjalankannya. Tetapi, selama anda memahami bagaimana sistem dan cara kerjanya, maka anda akan baik-baik saja.

Ada beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang investasi di P2P ini, yuk langsung simak penjelasan lebih lengkap dibawah ini.

Apa itu P2P Lending?

Kenali dulu Perbedaan P2P Lending dan Deposito! - Akseleran Blog

P2P sering juga disebut dengan Peer to Peer Lending yaitu sebuah metode yang memberikan pinjaman uang kepada bisnis atau individu. Pendana atau Investor adalah sebutan untuk orang yang memberikan pinjaman ini. 

Keuntungan yang kelak akan didapatkan oleh investor berasal dari bunga pinjaman yang diajukan oleh pihak peminjam. Sebaliknya peer to peer lending bagi pihak peminjam adalah kegiatan mengajukan pinjaman untuk keperluan bisnis atau individu. Intinya P2P Lending akan menghubungi Perdana (pemberi pinjaman) dengan peminjam secara online. 

Dengan adanya P2P Lending ini setiap orang bisa memberi atau mengajukan pinjaman untuk berbagai kebutuhan dan tujuan, tanpa menggunakan jasa dari lembaga perbankan. Sistem P2P ini pada dasarnya sangat mirip dengan konsep marketplace online, yang menyediakan wadah sebagai tempat pertemuan antara pembeli dengan penjual.

Namun dalam P2P Lending ini, sistemnya adalah mempertemukan pihak peminjam dengan pihak yang akan memberikan pinjaman. Jadi, bisa dikatakan bahwa P2P Lending adalah marketplace untuk kegiatan pinjam-meminjam uang. Daripada mengajukan pinjaman melalui lembaga resmi seperti koperasi, bank, jasa kredit, pemerintah dan lembaga resmi lainnya yang prosesnya jauh lebih kompleks. 

Masyarakat bisa mengajukan pinjaman yang didukung oleh orang lain sesama pengguna sistem P2P sebagai alternatif. Karena itulah sistemnya disebut dengan peer to peer atau P2P.

Cara kerja P2P

Setelah mengetahui apa itu P2P, lalu bagaimana cara kerja dari peer to peer ini?. Ada dua jenis cara kerja dalam P2P ini yaitu sebagai pendana dan sebagai peminjam. Untuk yang pertama kita akan membahas cara kerja perdana terlebih dahulu.

1. Sebagai Pendana

Jenis bisnis yang dijalankan, sudah berapa lama bisnis tersebut beroperasi, tujuan pinjaman, pendapatan, riwayat keuangan dan profil lain tentang peminjam, bisa dilihat oleh oleh pendana. Ini disebut dengan marketplace P2P Lending, karena pendana bisa melihat dan kemudian memilih pinjaman apa yang ingin mereka danai, berikut dengan tenor, besar bunga dan risiko yang bisa didapat dari setiap pinjaman.

Saat ingin mendanai pinjaman pilihan, perdana bisa langsung mendistribusikan sejumlah dana. Setelah itu, peminjam akan membayarnya dengan dicicil atau di akhir masa tenor. Dari situlah pendana akan mendapat keuntungan berupa pokok dan juga bunga. Besaran bunga tergantung dari suku bunga pinjaman yang ditandai.

2. Sebagai Peminjam

Peminjam hanya perlu mengupload semua dokumen yang dibutuhkan untuk mengajukan pinjaman secara online (yang relatif cepat prosesnya). Diantaranya adalah dokumen yang berisi laporan keuangan dalam jangka waktu tertentu dan juga tujuan anda mengajukan pinjaman tersebut.

Permohonan pinjaman anda bisa diterima atau ditolak, tergantung dari berbagai faktor. Jika permohonan anda ditolak, maka anda harus memperbaiki segala hal yang menjadi alasan ditolaknya permohonan anda. Jika diterima, suku bunga pinjaman akan otomatis diterapkan. 

Setelah itu pengajuan pinjaman adan akan dimasukkan ke dalam marketplace. Dengan begitu semua perdana bisa melihat jumlah pinjaman anda dan mendanainya. Ketika pendanaan sudah terkumpul, dana pinjaman akan langsung dicarikan. 

Keuntungan yang didapat di P2P Lending

Ada beberapa keuntungan pendanaan di P2P Lending, diantaranya yaitu:

1. Menyediakan akses mudah terhadap pinjaman

Keuntungan yang pertama adalah memudahkan akses terhadap pihak peminjam. Kemudahan proses aplikasi dalam pengajuan pinjaman, baik itu modal usaha atau kebutuhan pribadi menjadi alasan utama mengapa pembiayaan di P2P Landing menjadi alternatif yang bagus untuk mendapatkan modal. 

Dengan pendanaan P2P Lending ini, bank dan pemodal ventura bukan lagi satu-satunya sumber modal dalam hal ini. Setiap pendana yang bergabung biasanya akan diberi kebebasan untuk memilih sendiri jenis UKM yang akan mereka bantu. Setiap UKM memiliki tingkat kecenderungan resiko dan pengembalian yang berbeda-beda untuk investor. Semakin besar resiko dari UKM yang dipilih, maka akan memberikan bunga pengembalian yang juga lebih besar.

2. Diversifikasi Investasi

Pembiayan di P2P Lending saat ini tidak hanya bisa menarik perhatian para pemilik bisnis saja tetapi juga perhatian dari para investor. Dengan P2P Lending, sebagian besar investor akan mendapat tawaran berupa sebuah instrumen investasi.

Dengan membiayai usaha kecil yang berkualitas, investor bisa mendapat pengembalian investasi yang lebih tinggi dalam periode tertentu sesuai dengan yang sudah diterapkan. Disamping itu, juga bisa mendapat keuntungan tambahan seperti hambatan masuk yang rendah dan fleksibilitas juga akan menjadi sangat menarik untuk para investor.

3. Sebagai salah satu alat pemasaran untuk membantu bisnis

Pembiayan jenis P2P Lending ini merupakan cara terbaik untuk mengenalkan produk baru atau bisnis anda ke pasar melalui platform berbasis online. Ini adalah salah satu cara mudah dan gratis untuk menjangkau berbagai saluran untuk menyebarkan kampanye, terutama karena banyak platform P2P Lending terintegrasi dengan mekanisme medsos. 

Demikian pembahasan mengenai P2P Lending, cara kerja dan keuntungan yang didapat semoga bermanfaat. Untuk Anda yang ingin trading atau berinvestasi anda bisa mengunjungi website atg 5.0 yang berisi informasi lengkap mengenai trading. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top