Tips Meningkatkan Kualitas Pengucapan Berbahasa Asing

Tahukah Anda bahwa sekarang ini kualitas berbahasa inggris cukup diperhatikan terutama dalam jasa penerjemah tersumpah. Pengucapan dalam menggunakan bahasa asing juga akan mempengaruhi kualitas dalam komunikasi Anda? Kesalahan pengucapan dapat menyebabkan kesalahpahaman yang mungkin berakibat fatal lho.

Maka dari itu, banyak sekali individu yang ingin meningkatkan kualitas pengucapan atau yang biasa disebut dengan pronounciation. Namun, banyak dari Anda mungkin merasa bahwa proses mempelajari pronunciation bahasa asing merupakan kegiatan yang membosankan, sulit, terlalu banyak yang harus dipelajari, dan lain sebagainya.

Eits, jangan khawatir, pada artikel kali ini kami akan menyuguhkan tips ampuh untuk meningkatkan pronunciation Anda:

1. Listen

Ya, mendengarkan pidato atau speech dalam bahasa asing, contohnya seperti speech pada channel youtube TEDx, jelas akan meningkatkan pronunciation Anda. Selain itu, Anda juga dapat mendengarkan podcast, menonton film berbahasa asing dengan versi originalnya, atau bahkan mendengarkan musik juga sangat membantu meningkatkan pronunciation Anda.

Melalui media-media tersebut Anda dapat mengobservasi intonasi yang digunakan, serta Anda juga dapat menggunakan istilah “Shadowing”. Shadowing berarti mendengarkan kalimat atau frasa pendek dan menirukan setelahnya, mencoba mengulang suara, intonasi, penekanan kata dan memperhatikan gerakan mulut dan lidah saat berbicara.

2. Membaca Kindle atau E-book

Mungkin, bagi Anda yang memiliki hobi membaca hal ini akan terasa menyenangkan. Dengan membaca Anda akan menambah bank kosakata dalam memori. Apalagi dengan Kindle atau e-reader lain terdapat fitur definisi dan transkripsi apabila Anda tidak memahami arti kata yang Anda baca.

3. Buatlah Rekaman

Ketika Anda telah berlatih untuk menirukan frasa atau kalimat, Anda dapat merekam diri Anda sendiri ketika berbicara seperti mengulang frasa pendek yang telah Anda dengarkan, atau membaca teks dari coursebook. Setelah merekam, dengarkanlah ulang dan buatlah catatan dari frasa apa saja yang Anda rasa masih kurang. Lakukanlah latihan berulang seperti ini, secara perlahan, dan rekamlah diri Anda lagi.

4. Gunakan Kamus

Sekarang telah banyak, kamus online yang sangat mudah untuk diakses, Anda dapat membawanya kemanapun, membukanya kapanpun, yang Anda perlukan hanyalah mengunduh aplikasi kamus tersebut pada smartphone Anda, atau jika Anda merasa repot untuk mengunduh, Anda juga dapat menggunakan kamus online.

Apalagi saat ini, kamus tersebut telah menyuguhkan banyak fitur, terutama fitur dimana Anda hanya butuh mengklik apabila ingin mengetahui bagaimana pronunciation frasa atau kata yang Anda inginkan.

5. Berlatihlah

Bahasa yang berbeda memiliki pengucapan yang berbeda pula, dan mulut kita akan beradaptasi dengan pengucapan tersebut. Beberapa kata mungkin sulit untuk diucapkan, karena tidak terdapat pada bahasa asal Anda. Seperti mempelajari olahraga baru atau gerakan tiktok yang bermunculan di fyp, penting untuk Anda melatih gerakan mulut Anda untuk mengucapkan frasa baru, semakin sering Anda berlatih maka frasa yang terasa sulit akan menjadi mudah untuk diucapkan.

6. Ketahui Frasa Yang Mempunyai Kemiripan

Ketahui beberapa kata mungkin memiliki penulisan yang berbeda namun pengucapan yang sama, contohnya “ship” dan “sheep” dalam bahasa inggris. Kata tersebut mungkin akan sulit untuk dibedakan ketika diucapkan, bagi orang yang sedang mempelajari bahasa inggris. Langkah pertama agar Anda dapat mengucapkan dengan cara berbeda ialah dengan mendengarkan kata-kata yang mempunyai kemiripan dalam pengucapan.

7. Ikuti Kelas Kursus Bahasa Asing

Mempelajari hal secara otodidak memang tidak ada salahnya, namun tidak salah juga lho ketika Anda mencoba untuk mendaftar kursus bahasa asing. Dengan mendaftar kursus, mungkin Anda akan menemukan cara belajar baru, guru baru, teman baru yang dapat membantu Anda mempelajari bahasa asing dengan menyenangkan karena Anda dapat belajar dan berlatih bersama-sama.

Itulah 7 tips untuk meningkatkan pronunciation bahasa asing Anda. Semoga informasi yang kami sampaikan diatas dapat bermanfaat dan membantu kamu mempermudah dalam mempelajari pronunciation bahasa asing.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Scroll to Top