Sewa Rumah vs Beli Rumah, Mana yang Lebih Baik?

Di Indonesia kepekaan mengenai kebutuhan rumah  semakin tinggi, sekarang banyak sekali pasangan milenial atau generasi muda yang sudah mulai  mengajukan rumah KPR hanya untuk mendapatkan tempat tinggal impian. Tapi tidak boleh terburu-buru , mungkin ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan apakah kamu harus beli rumah atau menyewa rumah. 

Tentu membeli rumah dan menyewa rumah berbeda. Orang yang menyewa rumah secara umum hak kepemilikan rumah hanya didapat sementara dan harus membayar biaya secara berkala. Sedangkan dengan membeli rumah kamu hanya cukup sekali bayar dan memiliki hunian tersebut selamanya tanpa harus khawatir rumah akan disita. 

Jika demikian, apa perbandingan yang signifikan dan lebih baik mana antara menyewa rumah atau membeli rumah?. Yuk, pelajari penjelasannya dibawah ini.

4 Kesalahan Yang Harus Dihindari Saat Jual-Beli Rumah - Portal Berita Properti Indonesia

Menentukan ingin menyewa atau membeli rumah memang membutuhkan kalkulasi yang benar-benar matang. Supaya perencanaan keuangan lebih siap, kamu perlu mempelajari perbandingan dari membeli dan menyewa rumah menurut OCBC NISP. Perbandingannya adalah sebagai berikut.

1. Hak milik

Seperti yang sudah disinggung di pembahasan di atas, bahwa perbedaan menyewa dan membeli rumah yang pertama adalah dari segi hak kepemilikan. Setelah membeli rumah, maka sertifikat rumah akan diberikan sebagai bukti kepemilikan. Dan kamu bisa melakukan apapun terhadap rumah tersebut, entah ditinggal, dijual kembali, atau disewakan.

Sedangkan jika menyewa rumah hak kepemilikan tidak diberikan sama sekali. Pemberi sewa tetap memiliki hak kepemilikan pada rumah tersebut, tetapi hak penggunaan diberikan kepada penyewa. Penyewa harus memberikan sejumlah uang berdasarkan perjanjian jangka waktu menyewa dan kesepakatan tersebut dibuktikan dengan tanda tangan diatas matrai atau dikenal dengan kontrak antara kedua belah pihak.

2. Biaya sewa rumah dan membeli rumah

Perbedaan selanjutnya adalah dari segi harganya. Harga beli rumah jauh lebih besar jika dibandingkan dengan biaya sewa rumah. Harga rumah sangat bervariasi dari ratusan hingga milyaran juta rupiah.

Sedangkan untuk biaya sewa rumah, harganya jauh lebih terjangkau karena memang yang didapatkan hanyalah hak menghuni satu rumah dengan jangka waktu tertentu saja. Biaya sewa rumah tergantung dari besarnya rumah, fasilitas yang didapat, daerah sewa, kondisi geografis, tren pasar, waktu persewaan dan beberapa hal lainnya.

3. Jangka waktu

Jangka waktu kepemilikan rumah bagi pembeli adalah selamanya. Asalkan sertifikat rumah tersimpan dengan aman dan rumah tersebut tidak dijual, maka hak milik tetap ada di tangan kamu.

Sebaliknya, jika kamu menyewa rumah, maka jangka waktu yang dimiliki terbatas tergantung dari kontrak kesepakatan awal. Mengenai beberapa bulan atau tahun penyewaannya. 

4. Pajak

Biasanya pajak hanya dikenakan pada orang yang membeli rumah. Karena, hak kepemilikan ada di pembeli. Sementara, untuk orang yang menyewa rumah tidak dibebankan dengan pajak sama sekali. Ia hanya perlu membayar biaya sewa untuk rumah.

5. Renovasi

Kamu tidak perlu membayar biaya renovasi seperti lemari, kasur, meja, dan sebagainya jika menyewa rumah karena biaya tersebut akan ditanggung oleh pemilik rumah. Jadi penyewa tidak perlu repot memikirkan biaya renovasi, cukup membayar uang sewa saja. 

Sedangkan, jika membeli rumah biaya renovasi harus ditanggung sendiri. Karena, seluruh hak kepemilikan ada di kamu. Sehingga semua kerusakan menjadi tanggung jawab sendiri.

Setelah mengetahui perbandingan antara membeli dan menyewa rumah, jadi manakah yang lebih baik?. Sebelum membahas mengenai mana yang lebih baik antara keduanya, mungkin kamu perlu mengetahui keuntungan dari menyewa dan membeli rumah.

Untuk itu berikut keuntungan dalam menyewa rumah dan membeli rumah.

1. Menyewa rumah

Berikut beberapa keuntungan yang kamu dapatkan jika menyewa rumah.

a. Menyewa rumah berarti tidak perlu menabung uang muka. Tentunya kamu harus memiliki tabungan yang cukup banyak untuk membeli sebuah properti. Bahkan jika membelinya dengan KPR atau cicilan lain, kamu tetap harus menyiapkan dana yang bisa dibilang cukup besar untuk uang muka rumah tersebut. 

b. Menyewa rumah tidak perlu memikirkan uang pajak lagi. Untuk tempat tinggal pajak properti bukanlah hal yang murah. Besar pajak biasanya bernilai 0.1% hingga 0.2%  dari total harga properti dan harus dibayarkan setiap tahunnya. Biaya pajak ini akan ditanggung oleh pemilik rumah, sehingga kamu bisa menghuni sewaan tersebut tanpa perlu memikirkan uang pajak.

c. Tidak perlu lagi memikirkan biaya renovasi karena kamu tidak tinggal permanen di rumah tersebut. Properti juga merupakan barang yang bisa rusak dan butuh biaya penyewaan terus menerus. Jika ada kerusakan biaya renovasi rumah akan ditanggung oleh si pemilik rumah.

2. Keuntungan membeli rumah

Berikut beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika membeli rumah.

a. Kepemilikan  rumah merupakan sebuah investasi yang memiliki jangka panjang dan menguntungkan. Harga properti akan terus naik karena faktor dari pertumbuhan penduduk yang terus bertambah. Tentunya rumah yang kamu beli akan menjadi salah satu bentuk investasi yang menjanjikan di masa yang akan datang.

b.  Properti rumah ini bisa diwariskan sewaktu-waktu, sehingga masa depan keluarga bisa lebih terjamin ke depannya. Jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, maka keluargamu setidaknya masih memiliki tempat tinggal, sehingga setidaknya kamu sudah mempersiapkan bekal yang berharga untuk mereka. 

c. Properti pribadi juga bisa dijaminkan jika membutuhkan dana yang besar. Hal ini akan berguna jika kamu ingin membuka sebuah usaha dan hendak mengambil pinjaman di bank. Sertifikat rumah bisa dijadikan sebagai jaminan yang akan mempermudah disetujuinya proposal pendanaan kamu.

Kesimpulan

Dalam jangka waktu yang panjang, membeli rumah akan lebih menguntungkan dari sekedar menyewa. Tetapi, karena menyewa dan membeli rumah sama-sama memiliki keuntungan, pastikan kamu bisa mempertimbangkan semua faktor baik-baik sesuai dengan kemampuan dan preferensi kamu sebelum membuat keputusan. Untuk kamu yang sedang mencari grand wisata tempat yang menarik kamu bisa mengunjungi website Z living grand wisata. Website ini menyediakan banyak sekali informasi menarik seputar rumah yang modern.

 

Itulah tadi pembahasan mengenai sewa rumah vs beli rumah, mana yang lebih baik. Semoga bisa membantu kamu yang masih bingung memilih diantara keduanya, dan pikirkan matang-matang sebelum kamu mengambil keputusan ya. 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top