Sering Mengantuk Ketika Pagi Hari?, Mungkin Inilah yang Menjadi Penyebabnya

Mengantuk adalah kondisi dimana seseorang merasa ingin tidur, lemas, mata terasa berat dan muncul rasa ingin membaringkan tubuh. Apalagi ketika mengantuk saat pagi hari mungkin ini menjadi hal wajar yang pernah dirasakan oleh semua orang ketika akan mulai melakukan aktivitas. Tetapi akan sangat mengganggu dan membuat tidak fokus seperti saat sedang bekerja atau belajar di sekolah.

Agar tidak mengantuk kita perlu waktu tidur yang baik yaitu sekitar 6-7 jam yang dibutuhkan seseorang dalam satu hari. Namun, terkadang kita sudah tidur dengan waktu yang dianjurkan tapi masih saja terus merasa ngantuk. Hal ini biasanya disebabkan karena kurang tidur saat malam hari, dan juga bisa disebabkan karena hal lainnya.

Jadi, apa saja yang menjadi penyebab sering mengantuk di pagi hari? Mari kita simak bersama, berikut ini ada beberapa yang menjadi penyebabnya :

 

Penyebab Masalah Kantuk di Pagi Hari

1. Mengkonsumsi Kafein yang berlebihan

Penyebab dari timbulnya rasa ngantuk di pagi hari disebabkan karena kafein. Kafein adalah senyawa yang berwarna putih dan memiliki rasa pahit yang biasa ada pada kopi, teh, minuman, obat, dan lainnya.

Maka ketika Anda mengkonsumsinya secara berlebihan sebelum tidur, dapat mengganggu siklus tidur Anda. Kafein ini akan tetap bekerja di dalam tubuh sampai 6 jam. Oleh karena itu, rasa ngantuk akan muncul lebih kuat setelah minum terlalu banyak, apalagi saat pagi hari kandungan kafein akan meningkat. Mengonsumsi kafein yang benar dan baik untuk tubuh yaitu 200-400 mg per hari, atau sekitar 2-4 cangkir minum kopi dan 4-8 cangkir minum teh, tapi hal ini hanya bisa dilakukan jika kondisi diri Anda dalam keadaan normal.

Kopi juga bisa membuat Anda merasa lelah karena kandungan kafein yang ada dalam kopi berfungsi sebagai diuretik. Maka kurangilah mengkonsumsi sesuatu yang mengandung kafein agar tidak membuat Anda mudah mengantuk saat pagi hari.

2. Dehidrasi

Dehidrasi juga menjadi penyebabnya karena saat tubuh kekurangan asupan cairan, maka aliran darah yang mengalir ke otak akan berkurang dan menjadi mudah ngantuk. Penyebab dehidrasi karena banyaknya cairan yang keluar dari tubuh daripada cairan yang masuk, sehingga membuat asupan dalam tubuh tidak terpenuhi.

Saat Anda kurang minum air putih akan membuat mudah lemas dan akhirnya mulai merasakan ngantuk, dengan begitu Anda perlu minum banyak air putih agar tubuh Anda tidak kekurangan cairan dan untuk menghilangkan rasa ngantuk.

Penyebab lain dari dehidrasi juga dapat membuat saluran pernafasan menjadi kering dan akan merasa kram di kaki saat tertidur dan dapat mengganggu kualitas tidur Anda.

3. Menderita Penyakit Tertentu

Meskipun sudah menjadi hal umum ternyata sering mengantuk juga perlu diperhatikan bisa jadi menandakan Anda terkena penyakit tertentu, sesuatu yang tadinya diremehkan malah bisa beresiko jika dibiarkan. Inilah beberapa penyakit yang terjadi ketika Anda sering mengantuk.

Anemia

Penyakit anemia merupakan kondisi ketika Anda kekurangan sel darah merah, sehingga sel-sel dalam tubuh tersebut tidak akan mendapatkan oksigen yang cukup dan tidak berfungsi secara normal. Kekurangan darah ini menyebabkan kurangnya zat besi dan akan membuat seseorang mudah mengantuk.

Sindrom Kelelahan Kronis

Sindrom ini dimana kondisi Anda merasa tidak bertenaga saat sedang melakukan aktivitas dan gejala yang disebabkan Anda akan merasa lelah dan ngantuk.

Gangguan Hipotiroid

Gangguan hipotiroid adalah ketika naiknya berat badan atau terjadinya perubahan, mudah lelah, pelupa, tidak tahan dingin dan sering merasa ngantuk padahal sudah tidur dengan cukup.

Diabetes

Sering mengantuk juga bisa menjadi pertanda Anda mengalami diabetes, ketika produksi glukosa yang terlambat membuat energi tidak berjalan dengan baik. Hal ini terjadi karena sel tidak mendapatkan asupan yang baik, gejala dari diabetes seperti mudah kelelahan, hilangnya energi dan juga merasa ngantuk.

Penyakit Ginjal

Perlu Anda tahu ternyata penyakit ginjal akan membuat tubuh merasa lelah, lemas, sekaligus akan sering merasa mengantuk dari biasanya.

Masih ada beberapa penyakit lainnya seperti gagal jantung, asma, penyakit asam lambung, dan gangguan karena makanan.

 

Nah, itulah yang menjadi penyebab kenapa Anda sering mengantuk di pagi hari. Tidurlah dengan cukup dan hindari penyebab yang dapat menimbulkan ngantuk agar tidak mengganggu aktivitas yang Anda lakukan sehari-hari.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top