sakit perut bagian bawah atau nyeri panggul

Penyebab Nyeri Panggul dan Cara Mengatasinya

Jika Anda tiba-tiba merasakan sakit dibagian bawah perut, maka hati-hatilah mungkin organ di bagian panggul Anda mengalami masalah kesehatan. Sakit perut dibagian ini kerap disebut dengan nyeri panggul, hal ini dikarenakan adanya ketidaknyamanan atau bahkan rasa sakit yang menyerang bagian bawah pusar. Rasa sakitnya pun juga bervariasi, rasa sakitnya bisa sesaat bahkan bisa juga bertahan lama.
Rasa sakit yang dirasakan biasanya seperti ditusuk-tusuk di tempat tertentu atau juga bisa rasa sakit yang menyebar. Tentu jika rasa sakit ini tak kunjung hilang, akan dengan mudah mempengaruhi Anda dalam beraktivitas sehari-hari. Menurut beberapa sumber, rasa sakit ini hampir sama dengan nyeri wanita ketika sedang menstruasi.

Ada beberapa penyebab yang menjadi faktor mengapa wanita mengalami nyeri panggul atau sakit perut bagian bawah, seperti kemungkinan ada masalah di bagian vagina, leher rahim, rahim, saluran tuba bahkan ovarium.
Sedangkan untuk pria, penyebab utama terjadinya nyeri panggul atau sakit perut bagian bawah adalah tidak lain dan tidak bukan dikarenakan adanya masalah pada prostat. Selain hal-hal itu, ada beberapa penyebab lain mengapa Anda mengalami nyeri panggul atau sakit perut dibagian bawah. Berikut akan kami paparkan kepada Anda penyebab lain terjadinya nyeri panggul atau sakit perut bagian bawah serta cara mengatasinya.

Penyebab Nyeri Panggul dan Cara Mengatasinya

berikut ini adalah beberapa penyebab terjadinya nyeri panggul atau sakit perut bagian bawah.

1. Usus Buntuusus buntu

Usus buntu menjadi salah satu penyebab umum terjadinya nyeri panggul atau sakit perut bagian bawah. Letak usus buntu sendiri ada di perut bagian bawah sebelah kanan. Gejala utama dari usus buntu berupa rasa sakit yang muncul di area pusar hingga perut bagian kanan. Ada beberapa gejala lanjutannya, mulai dari muntah, muntah, demam hingga diare dan sembelit.

Ada beberapa cara yang bisa membantu Anda dalam mengatasi usus buntu, seperti Anda harus sebisa mungkin menghindari segala aktivitas yang memiliki intensitas berat, istirahat yang cukup, tahan perut ketika Anda batuk, konsumsi makanan yang sehat dan berserat, gunakan obat-obatan alami serta jangan terlalu memaksakan diri Anda, mulailah ketika Anda sudah siap.

 

2. Gangguan Urinegangguan urine, gangguan kemih

Nyeri panggul atau sakit perut bagian bawah yang disebabkan oleh gangguan urine tak hanya dialami oleh kalangan wanita saja, gangguan urine juga dapat terjadi pada pria. Rasa sakit yang disebabkan oleh gangguan urine biasanya seperti terjadi sensasi terbakar ketika sedang buang air kecil. Jika gejala sudah cukup parah, seperti rasa sakit yang terjadi di punggung dan menyebar sampai pangkal paha, maka kemungkinan Anda mengalami batu ginjal.

Jika Anda merasakan gejala-gejala batu ginjal, maka segeralah menuju ke dokter lalu lakukanlah uji laboratorium untuk mengatasi nyeri panggul atau sakit perut bagian bawah Anda.

 

3. Sistem Produksi Bermasalahorgan reproduksi bermasalah

Nyeri panggul atau sakit perut bagian bawah pada wanita bisa saja bersumber dari rahim, ovarium atau saluran tuba. Biasa rasa sakit ini terletak di bagian tengah perut bawah. Kondisi ini bisa saja mempengaruhi sistem reproduksi dan mengganggu Anda ketika sedang berhubungan seksual.

Kondisi seperti diatas disebut dengan dyspareunia. Jika Anda mengalami kondisi-kondisi seperti itu, maka bergegaslah pergi ke dokter atau rumah sakit terdejat untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Ada beberapa nyeri panggul wanita yang disebabkan oleh organ reproduksi, seperti penyakit radang panggul, fibroid, endometriosis, kista ovarium, kehamilan ektopik, torsi ovarium.

 

4. Sembelitsembelit

Penyebab umum terjadinya nyeri panggul lainnya adalah sembelit. Kondisi ini menyebabkan kotoran saat buang air besar sulit untuk dikeluarkan, hal itu dapat menimbulkan nyeri yang luar biasa pada bagian kiri bawah perut. Rasa sakit ini akan menjalar sampai ke bagian tengah perut. Gejala lain yang dapat dirasakan adalah perut terasa kram dan kembung.

Ada beberapa cara yang dapat Anda terapkan untuk mengatasi sembelit, dijamin buang air besar akan lancar kembali. Berikut ini beberapa cara mengatasi sembelit.

  • Pastikan untuk minum banyak air putih
  • Konsumsi makanan yang berserat tinggi
  • Dilarang keras menunda BAB
  • Naikkan kaki Anda ketika BAB, seperti posisi jongkok

Itulah beberapa penyebab nyeri pinggul atau sakit perut bagian bawah serta cara mengatasinya. Anda bisa menerapkan cara-cara yang kami berikan jika Anda mengalami beberapa penyakit diatas. Anda harus senantiasa waspada apabila mengalami nyeri panggul atau sakit perut bagian bawah ini, karena banyak penyakit berbahaya lain yang memiliki gejala seperti ini. Intinya tetap jaga kesehatan dan makan makanan yang sehat. Semoga artikel ini membantu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top