Penyebab Kejang Pada Otot Kaki Saat Tidur dan Cara Mengatasinya

Penyebab kejang pada otot kaki saat tidur atau kaki kram umumnya saat posisi kaki berbaring. Oleh Karena itu, cara mengatasi kaki kram yang tepat dan benar yaitu dengan melakukan peregangan otot dan sendi. Mengalami kaki kram atau kejang pada oto kaki di malam hari merupakan hal yang tidak nyaman. Hal ini akan mengganggu waktu kualitas tidur Anda yang dapat menyebabkan Anda akan terbangun di malam hari.
Lantas apa penyebab kejang pada otot kaki saat tidur? Dan Bagaimana solusi untuk mengatasinya? Simak informasi lengkapnya mengenai penyebab kejang pada otot kaki saat tidur dan cara mengatasinya di bawah ini.
Penyebab Kaki Kram atau Kejang Pada Otot Kaki Saat Tidur
Pernahkah Anda bangun tengah malam secara tiba-tiba karena mengalami kejang pada otot kaki? Apabila iya, mungkin Anda tidak sendiri. Siapapun pasti pernah mengalami kejang pada otot kaki meskipun itu terjadi pada orang lansia. Beberapa ahli menyatakan bahwa ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan resiko penyebab kejang pada otot saat tidur.
Secara umum, kaki kram ini disebabkan karena posisi tidur Anda dengan cara menekuk posisi kaki atau disebut juga dengan posisi fleksi plantar. Kejang otot pada kaki ini bisa terjadi pada saat kaki sedang beristirahat. Selain posisi tidur, penyebab lain yang dapat mengakibatkan kejang otot pada kaki saat tidur yaitu sebagai berikut :

1. Malas gerak atau Mager

Penyebab kaki kram saat tidur yaitu kebiasaan mager dalam kehidupan sehari-hari. Duduk dengan waktu yang lama akan membuat kaki akan mengalami kejang pada otot kaki. Oleh karena itu, peregangan pada otot dan sendi juga diperlukan saat Anda beraktivitas.

2. Posisi Duduk Yang Tidak Benar

Kebiasaan duduk dalam waktu yang cukup lama ditambah juga dengan posisi duduk yang salah akan menyebabkan kejang pada otot kaki saat tidur. Misal duduk dengan posisi kaki menyilang dapat memperpendek otot betis. Sehingga, posisi tersebut juga akan membuat kejang pada otot kaki,

3. Terlalu Lama Berdiri

Beberapa penelitian menyatakan bahwa orang yang berdiri terlalu lama juga akan mengalami kejang otot pada malam hari. Biasanya orang yang terlalu lama berdiri pada saat di lingkungan kerja. Usahakan duduk sebentar sampai rasa capek hilang agar tidak terjadi kejang pada otot kaki.

4. Usia

Penyebab kaki kram atau kejang otot pada kaki ini terjadi seiring bertambahnya usia seseorang. Semakin bertambah usia Anda, kemungkinan beresiko mengalami kram kaki di malam hari.
Menurut penelitian bahwa 33% orang yang berusia di atas 50 tahun lebih sering mengalami kejang otot kaki di malam hari.

5. Mengalami Dehidrasi

Penyebab lain yang dapat menimbulkan kejang pada otot kaki yaitu mengalami dehidrasi atau kekurangan air. Ini disebabkan karena kebutuhan cairan tubuh sebelum tidur kurang air, sehingga fungsi peredaran darah pada otot kaki bekerja kurang lancar.

6. Kondisi Kesehatan

Kejang pada otot kaki juga terjadi akibat kondisi kesehatan. Beberapa macam gangguan kondisi kesehatan yang dapat mengakibatkan kejang pada otot kaki yaitu sebagai berikut :
– Diabetes,
– Gangguan Saraf,
– Penyakit Parkinson,
– Gangguan Liver, Ginjal,
– Penyakit Jantung.

Cara mengatasi kejang pada otot kaki saat tidur yang kambuh secara tiba-tiba

Untuk mengatasi kejang pada otot kaki saat tidur yang kambuh secara tiba-tiba Anda dapat melakukan langkah-langkah berikut ini.

1. Memijat otot kaki dengan menggunakan tangan

Cara mengatasi kejang pada otot kaki saat tidur yang pertama yaitu memijat otot kaki dengan menggunakan tangan. Anda dapat memijat bagian otot yang kram dengan tangan. Cara seperti ini mempunyai tujuan agar otot yang kaku dan kram terasa kendur serta rileks.

2. Melakukan peregangan otot

Cara mengatasi kejang pada otot kaki saat tidur yang kedua yaitu melakukan peregangan otot yang keram. Saat kejang pada otot terjadi Anda sebaiknya melakukan peregangan terhadap otot yang kram. Lakukan peregangan otot kaki yaitu dengan cara meluruskan kedua kaki Anda.

3. Menggerakkan kaki dengan berjalan

Cara mengatasi kejang pada otot kaki saat tidur yang ketiga yaitu gerakkan kaki Anda dengan cara berjalan. Jika terjadi kejang pada otot kaki saat tidur, Anda bisa langsung bangun dari tempat tidur. Kemudian gerakkan kaki Anda secara perlahan-lahan. Hal ini bisa sebagai cara untuk mengatasi kejang pada otot kaki saat tidur selanjutnya.

4. Mandi dengan air hangat

Cara mengatasi kejang pada otot kaki saat tidur yang keempat yaitu mandi dengan menggunakan air hangat. Jika cara diatas masih tidak menghilangkan gejala maka Anda dapat mandi dengan air hangat agar menghilangkannya.
Selain itu Anda juga bisa menggunakan kompres air hangat sebagai cara mengatasi kejang pada otot kaki saat tidur. Yaitu dengan cara basahi kain bersih atau handuk dengan menggunakan air hangat. Kemudian tempelkan di area kaki yang mengalami kejang atau kram.
Selain itu ada juga cara mencegah kejang pada otot kaki saat tidur. Cara ini dapat Anda lakukan supaya tidak terjadi kejang pada otot kaki lagi. Berikut ini cara mencegah kejang pada otot kaki saat tidur.

1. Minum air putih sebelum tidur

Salah satu cara mencegah kejang pada otot kaki saat tidur yaitu dengan banyak minum air putih sebelum tidur. Jika kebutuhan asupan cairan dalam tubuh tercukupi, maka bisa membuat fungsi otot kaki bekerja lebih optimal. Dengan cara seperti ini kejang pada otot kaki saat tidur dapat terhindarkan.

2. Memperhatikan posisi tidur Anda

Cara mencegah kejang pada otot kaki saat tidur yang selanjutnya adalah memperhatikan posisi tidur Anda. Anda harus menghindari posisi tidur dengan kaki yang ditekuk. Sebaiknya posisi kaki Anda lurus saat tidur. Dan jika perlu Anda bisa meletakkan bantal pada bawah lutut Anda.

3. Hindari menggunakan bed cover atau selimut yang tebal

Cara mencegah kejang pada otot kaki saat tidur yang terakhir adalah menghindari memakai selimut yang tebal. Karena menggunakan selimut atau bed cover yang tebal, bisa berpotensi membuat otot kaki Anda kejang saat tidur.

Itulah tadi pembahasan mengenai penyebab kejang pada otot kaki saat tidur dan cara mengatasinya. Perhatikan gejala serta pola hidup Anda. Dan jika perlu periksalah ke dokter supaya tidak terjadi lagi kejang pada otot kaki saat tidur.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top