Pentingnya Memiliki Attitude yang Baik dalam Dunia Kerja

Ketika perusahaan sedang ingin merekrut karyawan, biasanya mereka akan pasang iklan lowongan kerja gratis pada sebuah situs terpercaya. Dalam perekrutan tersebut tentu perusahaan memberikan kriteria pelamar, job desk pekerjaan, hingga salary dari pekerjaan yang dibukanya.

Namun, biasanya perusahaan hanya memberikan kriteria attitude pelamar dengan kata sopan dan berpakaian rapi, perusahaan biasanya tidak mencantumkan kriteria attitude secara detail. Mereka akan melihatnya ketika sudah memasuki tahap interview jika memang dibutuhkan.

Jika Anda ingin mendapatkan pekerjaan dan menjadi seorang pekerja yang profesional, salah satu hal yang dipersiapkan sebelum masuk pada dunia kerja adalah attitude.

Attitude pada dunia kerja merupakan dasar penentuan dari tindakan dan persepsi terhadap lingkungan sosial. Bisa jadi mulai dari junior, internship atau bahkan CEO. Attitude sendiri salah satu yang harus diperhatikan oleh Anda.

Nah, untuk memahami lebih lanjut mengenai apa itu attitude lalu mengapa attitude sangat penting pada dunia kerja.

Apa itu Attitude dalam Dunia Kerja

Ada sebuah pernyataan “jika Anda ingin orang lain memperlakukan Anda baik, maka Anda harus terlebih dahulu untuk berlaku baik kepada orang lain”. Dari pernyataan tersebut memang benar.

Jadi, attitude merupakan cerminan ketika kita menunjukkan sikap dan bagaimana kita memperlakukan orang lain. Pada umumnya attitude sendiri berdasar pada sikap, bentuk perilaku atau tingkah laku saat seseorang melakukan interaksi dengan orang yang lainnya.

Sedangkan attitude dalam dunia kerja bisa diartikan dengan kesiapan saraf dan keadaan mental yang bisa mempengaruhi dinamis terhadap respon individu melalui pengalaman terhadap semua objek yang terkait.

Dalam artian lain attitude dalam kerja berkaitan dengan perilaku atau sikap seseorang dengan orang yang lain. Sehingga Anda harus mempunyai sikap attitude yang baik pada tempat perusahaan kerja Anda.

Dalam attitude dunia kerja terdapat hal yang penting untuk mendapatkan kesuksesan pada dunia kerja. Kesuksesan tersebut terkait dengan keterampilan atau skill dan pengetahuan atau knowledge. Sikap attitude kerja merupakan bagian terpenting dalam pembentukan karakter Anda yang dapat dilatih serta dipelajari.

Alasan Mengapa Attitude Penting dalam Dunia Kerja

Semua orang tentunya tidak beruntung mendapatkan pekerjaan impian mereka. Akan tetapi, Anda boleh untuk tidak mempunyai attitude kerja. Berikut ini adalah alasan mengapa pentingnya attitude pada dunia kerja.

1. Dalam Lingkungan Baru Merasa diterima

Pada dunia kerja kita harus dapat berinteraksi dengan luas terhadap banyak orang. Sehingga memiliki attitude sangat penting pada dunia kerja. Sikap attitude saat bekerja tidak berlaku hanya dengan satu tim saja, namun Anda juga harus berhubungan dengan pihak lain.

Ketika Anda mempunyai attitude dalam dunia kerja, maka di dalam lingkungan yang baru Anda juga akan lebih mudah untuk diterima. Meskipun dengan tipe orang dan jenisnya yang berbeda beda, saat Anda mempunyai attitude sikap kerja yang tidak sombong ketika diminta bantuan atau ramah, maka interaksi dengan orang lain Anda akan lebih mudah.

2. Mempermudah Pekerjaan yang Sulit

Semua pekerjaan tentunya tidak terasa mudah. Terkadang Anda membutuhkan bantuan dari orang lain karena terdapat beberapa pekerjaan yang sulit. Maka dari itu, ketika Anda mempunyai attitude yang baik, maka rekan kerja yang lain pasti akan membantu.

Tidak kita sadari, ketika Anda memiliki sikap attitude rendah hati saat ada pekerjaan yang sulit tentunya kita akan menyelesaikannya dengan pertolongan rekan kita. Akan tetapi, Anda harus

3. Membentuk Profesionalitas

Ada waktunya Anda akan menghadapi tugas atau tantangan sehingga akan membuat kita terasa lelah. Akan tetapi attitude rasa bertanggung jawab memaksakan diri kita untuk terus berjuang.

Maka dari itu sikap attitude yang baik akan membentuk profesionalitas diri. Sehingga pada dunia kerja Anda harus tetap berusaha dan pantang menyerah untuk mencari solusi dari setiap masalah dan membuat kerja Anda menjadi profesional.

4. Menjadi Seseorang yang Dapat Diandalkan

Ketika Anda dalam dunia kerja memiliki attitude yang profesional, maka kemungkinan besar Anda bisa dijadikan sebagai seseorang yang dapat diandalkan. Tidak hanya mengasah skill tanpa attitude pada dunia kerja.

Dengan attitude yang rendah hati, profesional serta bertanggung jawab tentunya manajemen Anda akan menjadikan sebagai seseorang yang dapat diandalkan.

5. Membantu Mengembangkan Karir

Dengan adanya attitude pada dunia kerja dapat membantu mengembangkan karir Anda saat bekerja. Tentunya Anda menginginkan karir yang sesuai dengan passion Anda bukan? Nah, maka dari itu Anda harus mempunyai attitude yang tidak sombong dan baik. Jika Anda bersaing dengan sehat dan memiliki attitude yang bekerja dengan baik maka Anda dapat mengembangan kakir yang Anda inginkan.

Nah, itulah penjelasan mengenai pentingnya attitude dalam dunia kerja. Dengan memiliki attitude yang baik pada dunia kerja akan kemungkinan besar membuat Anda lebih dilirik oleh HRD pada perusahaan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Scroll to Top