Jl. H.R. Rasuna Said Blok X-5 Kav. 4-9 Kuningan, Jakarta 12950
klinikkemenkes@gmail.com

Pengertian dan Penyebab Penyakit Cystic Fibrosis

Pengertian dan Penyebab Penyakit Cystic Fibrosis

Tahukah Anda apa penyakit cystic fibrosis itu? Mungkin bagi sebagian orang belum mengetahui mengenai penyakit ini. Cystic fibrosis yaitu suatu penyakit yang menyerang baga dalam tubuh manusia, karena lendir yang ada pada tubuh menjadi lebih lengket dan kental.

Hal ini bisa dipengaruhi oleh faktor genetik, namun dikonfirmasi tidak menular. Pada umumnya lendir pada tubuh kita itu berfungsi sebagai pelumas, sehingga memiliki sifat yang licin dan cair. Tetapi pada penyakit ini lendir akan berubah menjadi lebih lengket dan mengganggu saluran pada tubuh.

Lalu, apa yang menjadi penyebab terjadinya penyakit cystic fibrosis? Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita simak bersama untuk penjelasan singkatnya, berikut ini.

 

Pengertian Penyakit Cystic Fibrosis

Cystic fibrosis atau dikenal dengan fibrosis kistik merupakan salah satu penyakit yang dipengaruhi oleh faktor genetik yang pernah dialami oleh semua kalangan, mulai dari bayi baru lahir sampai orang yang sudah lanjut usia. Jika gejala yang muncul semakin dini, maka kondisi penderita juga akan bertambah parah.

Penyakit ini menyebabkan organ pada tubuh seperti sistem pencernaan dan paru-paru menjadi tersumbat karena adanya lendir yang lengket dan kental di dalam tubuh. Apabila paru-paru tersumbat membuat saluran pernapasan menjadi terganggu.

Bahkan jika dibiarkan begitu saja akan membuat paru-paru berhenti bekerja karena rusak. Tidak hanya itu, dapat membuat kerja enzim menjadi tidak maksimal untuk memecah makanan, sehingga organ pankreas terganggu fungsinya.

Hal tersebut membuat pencernaan mengalami masalah dan menyebabkan resiko kekurangan gizi pada bayi yang baru lahir. Perlu Anda tahu penyakit ini tidak bisa disembuhkan secara total, namun ada pengobatan yang bisa dilakukan agar gejalanya berkurang.

Penyebab dari Penyakit Cystic Fibrosis

Ada berbagai faktor yang menjadi penyebab terjadinya penyakit cystic fibrosis, seperti adanya kelainan pada mutasi gen dalam mengatur distribusi garam pada tubuh. Mutasi gen itu menyebabkan kadar garam dalam keringat menjadi meningkat, hal tersebut menyebabkan lendir dalam tubuh menjadi lengket dan kental.

Gen itu juga mempengaruhi keluar masuknya air dari sel di pergerakan garam. Jika terjadi infeksi yang berulang dapat menjadi pemicu adanya tumpukan lendir pada saluran pernafasan yang lengket dan kental, seperti pada sistem pencernaan dan paru-paru.

Apabila orang tua Anda mengalami penyakit ini, maka akan diturunkan kepada anaknya. Dan anak tersebut akan menjadi penderita cystic fibrosis. Namun jika hanya salah satu orang tuanya yang mengidap disebut sebagai carrier yaitu tidak menderita penyakitnya, tetapi akan diturunkan pada anaknya.

Apa Gejala Cystic Fibrosis

Gejala yang dialami penyakit ini berbeda-beda, dipengaruhi oleh tingkat parahnya dan organ apa yang terinfeksi. Pertanda yang paling umum yaitu muncul rasa asin, misalnya pada bayi kulitnya yang beringat akan tercium.

Lendir yang kental ini menyebabkan aliran udara pada sistem pernafasan tersumbat dan akan menimbulkan gejala, yatu : 

  • Mengalami batuk berdahak dengan waktu lama.
  • Tersumbatnya aliran pada hidung.
  • Napas pendek dan sesak napas.
  • Polip hidung.
  • Terjadi infeksi pada saluran pernapasan yang berulang.
  • Mengi.
  • Tubuh menjadi cepat lelah.

Sedangkan untuk, pertanda penyakit cystic fibrosisi yang mengganggu sistem pencernaan, mengalami gejala, seperti : 

  • Sembelit dan diare.
  • Perut menjadi buncit atau adanya pembengkakan.
  • Anus menonjol keluar atau prolaps rektal.
  • Mengalami feses berminyak dan aromanya menyengat.
  • Berat badan sulit bertambah.
  • Pertumbuhan menjadi terhambat.
  • Bayi yang baru lahir tidak membuang air besar.

 

Nah, itulah penjelasan yang dapat kami berikan mengenai pengertian dan penyebab penyakit cystic fibrosis. Semoga penjelasan diatas dapat menambah wawasan dan pengetahuan Anda.