Pahami Manajemen Upah Payroll dan Perhitungan BPJS

BPJS merupakan sebuah program jaminan kesehatan yang diselenggarakan pemerintah untuk alternatif asuransi kesehatan untuk masyarakat. Kini sudah merata, bahwa fasilitas pelayanan kesehatan seperti rumah sakit, klinik bahkan bidan telah melayani peserta BPJS. Dengan demikian, BPJS pastinya tidak asing lagi bagi semua orang, seperti halnya manajemen upah payroll yang keduanya memiliki keterkaitan.

Hubungan antara Manajemen upah Payroll dan Perhitungan BPJS

Berikut ini merupakan suatu hal yang perlu Anda ketahui dalam penggunaan BPJS dan Aplikasi Payroll serta hubungan antara keduanya. Langsung saja kita simak untuk keduanya, antara lain:

BPJS

Kini BPJS seiring berjalannya waktu terus mengalami peningkatan yang tentu saja menjadi perbincangan sebagian orang. Pada dasarnya, untuk biaya asuransi yang ditawarkan perusahaan swasta terbilang lebih mahal. Oleh karena itu, adanya BPJS kesehatan memberikan pengaruh baik bagi masyarakat. Tak hanya itu, BPJS juga mempunyai beberapa kelebihan, yaitu:

1. Murah

Murah menjadi alasan semua orang menggunakan BPJS ini. Akan tetapi jika dilihat dari pelayanan dan kualitas, BPJS sangat tepat. Dalam BPJS, terdapat 3 level yaitu:

  • Level 1 : melakukan iuran Rp60.000
  • Level 2 : melakukan iuran Rp51.000
  • Level 3 : melakukan iuran Rp25.000

Dari biaya tersebut, Anda sudah dapat memperoleh pelayanan kesehatan mulai dari pemeriksaan, obat-obatan bahkan rawat inap sekalipun.

2. Tanpa Medical Check Up

Biasanya, seseorang yang belum menggunakan BPJS dimintai biaya yang dikenal dengan sebutan medical check up. Namun, apabila Anda mengikuti program BPJS, Anda tak perlu lagi mengeluarkan biaya semacam itu. Pada dasarnya, semua orang berhak mengikuti program ini, meskipun masih dalam kandungan sekalipun.

3. Jaminan untuk Seumur Hidup

Kelebihan selanjutnya yaitu BPJS memberikan sebuah jaminan dimana dapat digunakan seumur hidup. Hal ini tentu saja sangat bermanfaat, mengingat rata-rata dari asuransi swasta hanya bisa melayani pesertanya hingga usia 100 tahun.

4. Mudah

Memang dulu jika ada perubahan data harus pergi ke kantor pusat maupun cabang terlebih dulu, namun kini Anda dengan mudah merubah data tersebut dari rumah atau dengan cara online. Sebab, semakin bertambahnya peserta maka pemerintah langsung mengambil tindakan untuk membuka seluruh perubahan data dengan cara online.

Manajemen Payroll

Kini zaman sudah semakin canggih dimana perusahaan tidak hanya mengandalkan seseorang tetapi juga mengandalkan sebuah teknologi. Setiap perusahaan yang mempunyai banyak karyawan pastinya kesulitan dalam perhitungan gaji apabila proses tersebut dilakukan secara manual. Selain kurang efisien, biasanya proses yang dilakukan secara manual kerap human error. Apalagi jika jumlah karyawan mencapai ratusan bahkan ribuan pastinya sangat memerlukan sistem dimana sistem tersebut seperti pekerjaan HRD.

Kini hadirnya payroll akan mempermudah Anda dalam mengatur gaji karyawan. Tak hanya itu, payroll juga sangat praktis, karena prosesnya yang otomatis. Berikut ini terdapat beberapa hal yang menjadi kelebihan manajemen payroll yaitu:

1. Memudahkan Penyajian Data

Adanya sistem Payroll, perusahaan tak perlu bingung ketika mencari atau mengumpulkan suatu data, sebab data tersebut akan aman dan menjadi satu kesatuan. Mulai dari penjadwalan kerja, pinjaman karyawan, absensi serta gaji karyawan sekalipun. Apalagi data juga harus akurat yang pastinya membutuhkan sistem ini untuk menghilangkan resiko kekeliruan data. Selain akurat, dalam pengelolaan penghitungan gaji pun juga tidak akan membutuhkan waktu lama. Bagaimana tidak, apabila biasanya ketika menghitung gaji dilakukan manual yaitu memerlukan Excel, namun sistem ini mampu bekerja secara otomatis

2. Mengurangi Jumlah SDM

Jika proses pendataan dilakukan secara manual maka pastinya membutuhkan seseorang yang ahli pada bidang ini yaitu HRD. Akan tetapi, apabila menerapkan sistem payroll, maka jumlah SDM berkurang sebab sudah dengan cepat dalam prosesnya. Oleh karena itu, sangat menghemat biaya dan tentu saja sangat menguntungkan bagi perusahaan jika telah menerapkan sistem ini.

Demikianlah ulasan mengenai manajemen upah payroll dan perhitungan BPJS. Jadi, dapat disimpulkan bahwa payroll dan perhitungan BPJS saling keterkaitan, dimana hal ini dapat kita lihat mulai dari segi perhitungan data. Hadirnya manajemen payroll, data yang ada pada BPJS akan lebih aman dan menghilangkan adanya kekeliruan data.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Scroll to Top