Obat Sakit Gigi Paling Ampuh Tidak Kambuh Lagi untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Ibu hamil atau menyusi memang rentan mengalami gangguan kesahatan, salah satu gangguan yang berkaitan dengan gigi. Sakit gigi pasti sangat menggangu kehatan dan aktivitas ibu hamil karena rasa sakitnya yang luar biasa. Itulah sebabnya Anda perlu mencari obat sakit gigi paling kambuh agar rasa sakit itu tidak kambuh lagi.

Ibu hamil atu menyusui tentu perlu penangan yang berbeda, yakni perlu obat sakit gigi yang juga aman bagi janinnya. Jika sakit gigi tersebut tidak ertahan, maka sebaiknya Anda segera konsultasi dengan dokter. Berikut ini rekomendasi obat sakit gigi paling ampuh untuk sakit gigi yang aman untuk ibu hamil dan menyusui.

1. Antibiotik

Anti biotik merupakan obat untuk mengatasi ifeksi yang terjadi karena paparan bakteri. Antibiotik bekerja dengan cara membunuh bakteri yang menyebabkan peradangan atau suatu infeksi tertentu. Ibu hamil dan menyusui masih aman mengkonsumsi antibiotik asalkan tetap tidak diminum sembarangan.

Jenis antibiotik yang dipilih bisa menyesuaiakan keparahan gejala, usia kehamilan, dan kondisi kesehatan ibu hamil dan menyusui. Antibiotik yang biasanya dikonsumsi ibu hamil dan menyusui untuk sakit gigi adalah antibiotik pensilin.

2. Parasetamol (Acetaminophen)

Parasetamol merupakan obat yang digunakan untuk meredakan nyeri di berbagai kondisi, seperti sakit kepala, nyeri otot, demam, dan juga sakit gigi. Parasetamol aman dikonsumsi ibu hamil dan menyusui dengan tetap sesuai anjuran dokter.Dokter akan meresepkan parasetamol dengan beberapa kombinasi obat yang lain seseuai kebutuhan kesehatan dan kondisi ibu hamil dan menyusui.

Mengkonsumsi parasetomol sudah teruji memiliki efek samping yang rendah pada kehamilan. Namun Anda harus memperhatikan dosisi parasetamol janga terlalu banyak atau dikonsumsi dalam jang panjang lebih dari 28 hari. Mengkonsumsi obat ini secara berlebihan dapat menyebabkan kerusakan liver akut.

3. Ibuprofen

Ibuprofen bisa menjadi obet sakit gigi bagi ibu hamil dan menyususi karena obat ini aman dan tidak membahayakan bayi dalam dosis yang tepat. Namun disamping itu jika sang ibu memliki keluhan lambung dan asma sebaiknya dihindari karena obat ini dapat memperparah luka pada lambung dan asma.

4. Asam Mefenamat

Asam Mefenamat aman bagi ibu hamil dan menyusui untuk mengobati sakit gigi. meskipun obat ini dapat masuk ke dalam ASI sang ibu, namun Asam Mefenamat tidak menimbulkan efek samping pada sang bayi.

5. Obat Resep Dari Doketer

Jika kondisi kesahatan gigi Anda semakin memburuk, maka waktunya datang ke dokter untuk konsultasi pengobatan sakit gigi pada ibu hamil dan menyusui. Anda bisa datang ke dokter sprsialis kehamilan atau dokter gigi agar memperoleh penanganan yang tepat.

Sang Dokter bisa saja menyarankan prosedur gigi lainnya yang aman bagi ibu dan bayinya untuk masalah gigi yang Anda alami. Jadi meskipun ada obat apotek yang bisa Anda konsumsi, namun tetap diutamakan obat resep dokter. Jangan sampai Ibu hamil dan menyusui justru mengkonsumsi obat sembarangan meskipun hanya mengobati gejala nyeri biasa.

Nah, itulah beberapa obat yang bisa dikonsumsi ibu hamil dan menyusisui untuk mengobati sakit gigi. Beberapa obat diatas dapat Anda temukan di apotek-apotek terdekat. Mengkonsumsi obat-obatan di atas tetap dianjurkan sesuai resep dokter dalam penggunaannya, dosis, dan risiko efek samping semalama kehamilan.

Selain itu Anda juga bisa menggunakan cara alami untuk mengatasi sakit gigi pada ibu hamil dan menyesui agar lebih aman. Cara mengobati sakit gigi yang bisa dilakukan ibu hamil dan menyusi di rumah adalah seperti kumur menggunakan air garam, mengopres kebengkakakn gigi dengan air hangat, mengkonsumsi susu, rajin menggunakan obat kumur, mengkonsumsi minuman herbal dari cengkeh, dan menjaga asupan dan pola makan.  Cari ini mudah dilakukan dan bisa mengurangi rasa sakit giginya.

Itu lah beberapa obat sakit gigi paling ampuh untuk ibu hamil dan menyusui yang aman dan mencegah sakitnya kambuh lagi. Saat hamil atau menyusui, sang ibu harus menjaga kesehatan dan kestablikan tubuh agar tidak mudah jatuh sakit. Sakit gigi yang menimpa ibu hamil atau menyusui biasanya disebabkan oleh bebrapa hal, seperti perubahan hormon, penumpukan plak, pola makan, dan efek dari morning sicnees. Jadi ibu hamil dan menyusui juga perlu memperhatikan kesehatan giginya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top