Mengenal Tulang Humerus dan Scapula Beserta Penyebabnya

Manusia dewasa memiliki sekitar 206 tulang yang menopang dan menggerakkan tubuh. Berbagai macam tulang yang ada memiliki bentuk dan juga fungsi yang berbeda-beda. Tulang humerus dan scapula merupakan dua tulang yang terdengar cukup asing, namun sebenarnya, tulang ini memiliki fungsi yang sangat penting. Nah, untuk mengetahui lebih jauh mengenai tulang-tulang tersebut, simak uraian berikut ini ya. 

  • Mengenal Tulang Humerus

Tulang terbesar yang ada di lengan bagian atas dan merupakan satu-satunya penyusun lengan atas adalah lengan humerus. Tulang ini menjadi penghubung antara bahu dengan siku, dan merupakan tulang yang bentuknya memanjang di lengan atas. Lalu pada bagian siku, tulang ini berhubungan dengan tulang ulna dan tulang radius yang ada di lengan bawah. Beberapa hal yang menjadi penyebab cedera tulang humerus adalah trauma langsung seperti benturan keras, dan trauma tidak langsung, seperti terjatuh, terpental, atau tersandung.

Penyebab Fraktur Tulang Humerus

Tulang humerus memang cukup rawan mengalami cedera. Beberapa benturan keras pada tulang ini dapat menyebabkan keretakan atau patah tulang. Posisi jatuh seseorang juga akan berpengaruh terhadap  seberapa parah cedera yang dialami. Apabila jatuh dan lengan terbuka misalnya, akan muncul keretakan di bagian tengah atau mid-shaft dan bagian dekat bahu atau proximal. Jika benturan terjadi karena kecelakaan atau jatuh saat bermain bola biasanya retak pada bagian dekat siku atau distal. 

Fraktur humerus atau patah tulang lengan atas bisa dialami oleh siapapun. Tingkat keparahannya pun berbeda-beda, bergantung penyebab terjadinya cidera. Fraktur humerus akan menjadi cukup berat apabila mengalami komplikasi. Hal ini biasanya terjadi ketika benturan yang dialami cukup keras, sebab tak hanya jaringan lunaknya saja yang rusak, tapi juga dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan lainnya. 

Komplikasi yang bisa dialami pada tulang humerus di antaranya adalah terjadi pembengkakan yang cukup serius. Pembengkakan tersebut dapat membuat suplai darah ke arteri seluruh tubuh terblokir, sehingga menyebabkan kelemahan otot dan juga cacat jangka panjang. Lalu kerusakan pada arteri juga bisa terjadi, sehingga syaraf-syaraf di sekitar lokasi tulang dapat mengalami kelumpuhan permanen.

  • Mengenal Tulang Scapula

Tulang Scapula atau tulang belikat merupakan tulang yang berada di bagian belakang, sehingga cukup jarang diketahui. Tulang ini seperti menyatu dengan punggung. Tulang ini memiliki bentuk seperti segitiga, yang bergerak dengan bantuan dari tiga otot, yaitu otot levator, trapezius, dan rhomboideus. Di sekitar tulang ini ada kelenjar getah bening yang gunanya sebagai drainase cairan di tubuh. Tulang ini bekerja untuk membantu menggerakkan bahu, menyeimbangkan sendi bahu, menopang gerakan dada, dan sebagai penyambung tulang.

Penyebab Gangguan Tulang Scapula

Tulang ini memang jarang diketahui, namun bukan berarti tidak bisa mengalami cedera. Ada beberapa kondisi yang menjadi gangguan pada tulang belikat, seperti subluksasi, yang disebabkan karena kelonggaran pada ligamen yang kelebihan. Lalu ada pula shoulder impingement syndrome, yaitu gangguan pada pergerakan tulang belikat. Biasanya gangguan ini disebabkan oleh tekanan saraf dan pembuluh darah. Jika tekanan ini terjadi cukup lama, maka penderita bisa kehilangan fungsi sarafnya secara permanen.

Gangguan lainnya adalah keretakan. Tulang belikat atau scapula ini bisa mengalami keretakan akibat jatuh atau terbanting. Jika Anda mengalami pukulan yang cukup keras dan berulang di bagian tulang belikat, maka tulang ini akan mengalami keretakan. Ada pula kecacatan sprengel. Nah, kecacatan ini memang jarang dialami, sebab biasanya cacat ini merupakan bawaan dari lahir. Gangguan cacat sprengel menyebabkan salah satu tulang belikat lebih tinggi dari yang lainnya.

Nah, itulah tadi beberapa hal yang mengenai tulang humerus dan scapula. Tulang-tulang tersebut tentu sangat berguna bagi tubuh. Maka dari itu, Anda perlu mengetahuinya supaya dapat menjaga tulang tersebut tetap sehat. Apabila Anda mengalami sakit di bagian tulang humerus dan scapula, maka bisa jadi salah satu penyebab di atas adalah alasannya. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah menentukan tindak lanjut yang harus dilakukan. Sebab patah tulang ataupun keretakan tulang akan berakibat fatal jika tidak segera diatasi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top