Mengenal Perbedaan Purging dan Breakout dan Cara Mengatasinya

Perawatan kulit adalah suatu hal yang wajib dilakukan oleh setiap orang, apalagi perempuan. Banyak orang yang mencoba dan gonta-ganti skincare untuk menyesuaikan kulit mereka agar manfaat dari skincare tersebut dapat dirasakan.

Namun, sering gonta-ganti skincare justru bisa menimbulkan reaksi pada kulit. Ada dua perubahan yang dapat terjadi yaitu diantara purging atau breakout. Jadi apa itu purging dan breakout? Apakah keduanya memiliki perbedaan? Yuk simak penjelasan berikut ini.

Perbedaan Purging dan Breakout

Sebagian orang beranggapan bahwa purging dan breakout itu sama. Namun faktanya, kedua gangguan kulit tersebut berbeda. Lalu, apa saja perbedaan dari purging dan breakout?

Secara umum, purging adalah proses dari regenerasi kulit dimana jerawat bermunculan di tempat yang sebelumnya pernah ditumbuhi jerawat. Proses ini biasanya berlangsung selama 2 minggu hingga satu bulan.

Lalu apa yang menyebabkan kulit mengalami purging? Purging disebabkan oleh kandungan retinoid yang memicu untuk pergantian sel kulit. Intinya, gangguan kulit ini muncul secara cepat dan proses penyembuhan yang cepat pula.

Kemudian, apa yang dimaksud dengan breakout? Breakout adalah sebuah gangguan masalah kulit yang menunjukkan bahwa anda tidak cocok dengan suatu produk skincare yang sedang anda gunakan sekarang. Jerawat akibat breakout biasanya timbul di bagian kulit yang sebelumnya tidak pernah mengalami masalah.

Last, perbedaan purging dan breakout dapat dilihat dari jumlah jerawat yang muncul pada kulit. Dimana jika terjadi breakout, jerawat yang timbul memiliki jumlah yang banyak dan dengan ukuran yang besar. Seiring berjalannya waktu jerawat yang timbul karena breakout akan semakin bertambah banyak.

Cara Mengatasi Wajah Purging

Jika kulit wajah anda mengalami purging maka anda tak perlu khawatir, karena kulit akan membaik dengan sendirinya. Anda hanya perlu mengurangi intensitas penggunaan skincare yang mengandung bahan kimia.

Karena pada dasarnya, purging ini terjadi karena respon awal kulit terhadap penggunaan produk baru. Namun jika gangguan ini terjadi lebih dari 4 minggu maka anda harus memeriksakan kembali kepada dokter kulit.

Anda dapat menggunakan produk skincare secara bertahap. Maksudnya, gunakan atau oleskan produk skincare pada area kulit dengan jumlah yang sangat sedikit. Atau anda juga bisa menggunakan produk dalam dengan dosis yang kecil yaitu 2 kali seminggu. Dengan begitu kulit akan mulai beradaptasi.

Jangan lupa untuk anda yang sering beraktivitas di luar ruangan maka anda wajib mengoleskan sunscreen agar kulit terlindungi dari paparan sinar matahari. Pilih sunscreen yang yang tidak mengandung minyak dan tidak rentan menyumbat pori-pori.

Cara Mengatasi Wajah Breakout

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, breakout biasanya terjadi karena ketidakcocokan suatu produk yang anda pakai. Maka sebaiknya, anda menghentikan pemakaian produk tersebut untuk sementara waktu. Keadaan ini dapat anda gunakan untuk mencatat kandungan apa saja yang tidak cocok dan yang cocok untuk anda gunakan.

Dengan catatan yang telah anda buat tadinya akan menjadi referensi jika akan membeli skincare di lain waktu. Setiap orang pasti memiliki jenis kulit yang berbeda dan tentunya skincare yang diperlukan juga tak sama.

Yang wajib anda hindari adalah penggunaan produk skincare yang terbuat dari bahan alkohol, ester, lanolin, silikon, dan detergen. Karena baha-bahan tersebut bersifat iritan untuk kulit.

Nah, itu tadi beberapa perbedaan antara purging dan breakout yang harus anda pahami. Untuk mengatasi kedua masalah kulit tersebut, anda bisa menggunakan ms glow paket acne. Produk skincare ini telah terbukti bisa mengatasi segala jenis masalah kulit seperti, breakout, purging, dan juga komedo.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top