Mengenal lansoprazole, Obat Untuk Asam Lambung ( Fungsi Dosis Efek Samping)

Penyakit asam lambung yaitu penyakit pada pencernaan dimana empedu atau asam lambung mengiritasi lapisan di dalam saluran makanan. Penyakit lambung merupakan salah satu penyakit kronis yang terjadi disaat empedu atau asam lambung mengalir ke dalam saluran makanan. Selain itu juga mengiritasi dinding bagian dalam.

Heartburn atau asam lambung naik serta refluks lebih dari dua kali dalam seminggu akan mengindikasi GERD. Gejala penyakit asam lambung yaitu seperti nyeri panas di dalam dada dan biasa terjadi jika sesudah makan. Dan akan semakin memburuk atau parah ketika Anda berbaring.

Dilansir dari American Academy of Allergy Asthma dan juga Immunology. Terdapat beberapa tanda yang menjadi ciri-ciri dari penyakit asam lambung ini. Tanda-tandanya itu adalah mudah kenyang, mual, sering bersendawa, serta muntah. Selain itu juga pada penderita asam lambung akan mengalami sakit tenggorokan, produksi air liur lebih banyak, serta bau mulut yang tidak sedap.

Jika mengalami rasa seperti itu maka segera periksa ke dokter terdekat. Dokter nantinya akan melakukan pemeriksaan terhadap fisik serta serangkaian tes penunjang lainnya. Atau jika Anda tidak ingin pergi ke dokter Anda bisa membeli obat untuk asam lambung.

Salah satu obat untuk asam lambung yaitu lansoprazole. Obat ini dinilai efektif mengobati penyakit asam lambung. Lansoprazole yaitu obat yang sangat bermanfaat untuk mengatasi gangguan penyakit di lambung. Contohnya yaitu tukak lambung, sindrom Zollinger-Ellison serta juga Gastroesophageal Reflux Disease atau GERD.

Cara kerja obat lansoprazole yaitu dapat menurunkan produksi asam lambung. Obat lansoprazole tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, serta juga injeksi. Obat lansoprazole dapat digunakan untuk obat tunggal atau dapat juga dengan obat lain. Berikut penjelasan seputar obat lansoprazole.

Fungsi Lansoprazole

Obat lansoprazole adalah obat khusus untuk menyembuhkan serta mengatasi masalah asam lambung. Obat lansoprazole mempunyai manfaat yaitu untuk mengatasi gangguan di lambung. Contohnya yaitu seperti sindrom Zollinger-Ellison, GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease serta tukak lambung.

Dosis Lansoprazole

Obat lansoprazole mempunyai bentuk tersedia berupa kapsul serta tablet. Dosis obat lansoprazole sangat disesuaikan dengan kondisi dari pasien. Berikut penjelasan dosis lansoprazole.

Untuk GERD atau Gastro Esophageal Reflux Disease :
1. Anak-anak : 1 kali dalam sehari selama jangka waktu 8-12 minggu, dengan 15-30 mg/kgBB.
2. Dewasa : 1 kali dalam sehari selama jangka waktu 4-8 minggu, dengan 15-30 mg.

Untuk tukak lambung :
1. Anak-anak : Dosis dapat ditentukan oleh dokter sesuai dengan kondisi dari pasien anak.
2. Dewasa : 1 kali dalam sehari selama jangka waktu 4-8 minggu, dengan 15-30 mg.

Untuk Sindrom Zollinger-Ellison :
1. Anak-anak : Dosis dapat ditentukan oleh dokter sesuai dengan kondisi dari pasien anak.
2. Dewasa : Dosis awal yaitu 60 mg dalam sehari pada saat pagi hari. Jika perlu, dosis bisa ditingkatkan sampai 60 mg dalam dua kali sehari.

Untuk Infeksi Helicobacter pylori :
1. Anak-anak : Dosis dapat ditentukan oleh dokter sesuai dengan kondisi dari pasien anak.
2. Dewasa : 2-3 kali dalam sehari sebelum makan selama jangka waktu 7-14 hari,30 mg. Dapat dikombinasikan menggunakan obat amoxicillin serta clarithromycin.

Efek samping Lansoprazole

Obat lansoprazole aman dikonsumsi jika sesuai dengan petunjuk dari dokter. Namun begitu, obat lansoprazole tetap dapat berisiko menimbulkan efek samping. Efek samping yang ditimbulkan dapat berupa sakit perut, diare, kembung, mual, sembelit, serta sakit kepala.

Selain efek samping diatas, obat lansoprazole juga dapat mengakibatkan efek samping yang jauh lebih serius. Efek samping yang lebih serius itu adalah di dalam darah kadar magnesium akan menurun. Dapat menimbulkan kekurangan vitamin B12 pada darah. Dapat merubah warna kulit serta bagian putih pada mata menjadi kuning. Serta juga patah tulang dan nyeri sendi.

Jika mengalami efek samping di atas segera periksakan ke dokter. Atau selain itu juga dapat mengalami alergi obat. Contohnya ruam yang sangat gatal, kesulitan bernapas, atau juga pembengkakan di mata atau bibir.

Itulah tadi pembahasan tentang mengenal lansoprazole, obat untuk asam lambung (fungsi dosis efek samping). Konsultasikan ke dokter jika Anda mengalami penyakit asam lambung. Karena jika Anda salah menggunakan obat akan sangat berbahaya sekali bagi tubuh Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top