Mengenal Kandungan Niacinamide pada Skincare dan Efek Sampingnya

Salah satu hal yang Anda lakukan saat ingin membeli produk kecantikan adalah dengan membaca kandungan dan efek samping produk tersebut. Dari situ Anda bisa mengetahui apakah skincare tersebut benar-benar sesuai dengan kebutuhan atau tidak. Niacinamide adalah salah satu skincare yang paling banyak dicari para remaja wanita karena kandungannya.

Apa Sih Niacinamide?

Niacinamide adalah salah satu bentuk vitamin B3 yang memiliki nutrisi untuk tubuh. Vitamin B3 ini bagian anggota vitamin B kompleks yang memiliki peran penting untuk kesehatan kulit, kesehatan mental, hingga sistem pencernaan.

Niacinamide adalah kandungan di produk skincare yang sudah dikenal mempunyai potensi manfaat untuk menangani berbagi macam permasalahan kulit wajah Anda. Tidak dimungkiri, Niacinamide menjadi sangat populer di kalangan pencinta skincare. Pasalnya, berbagai merek skincare menonjolkan Niacinamide sebagai kandungan utama.

Manfaat Niacinamide

Niacinamide sangat mudah Anda temukan di berbagai jenis skincare. Ada beberapa manfaat Niacinamide, di antaranya:

  • Melembapkan Kulit Wajah
    Menurut situs Healthline, Niacinamide memiliki manfaat yang paling kentara yaitu efeknya dalam melembapkan dan menghaluskan kulit. Saat dioleskan pada kulit, produk kecantikan yang mengandung Niacinamide bisa mengurangi peradangan di kulit. Niacinamide berfungsi bisa dirasakan untuk semua kulit.
  • Mengatasi Jerawat
    Manfaat lainnya yaitu Niacinamide dapat mengatasi masalah jika ada jerawat. Salah satu jenis vitamin B3 ini ampuh membantu mengatasi jerawat, rosacea, dan eksim. Dengan penggunaan skincare yang mengandung Niacinamide secara rutin, bisa membantu meredakan jerawat, sehingga bekas dan tekstur kulit menjadi lebih baik.
  • Menyamarkan Noda
    Ada sebuah penelitian yang menunjukkan kandungan 5 persen yang ada di Niacinamide bisa membantu mencerahkan kulit. Hal ini dikarenakan Niacinamide merangsang produksi kolegen kulit sehingga noda hitam bekas jerawat dapat tersamar.
    Tapi, perlu diingat, hasilnya tidak bisa instan. Anda harus rutin menggunakan produk ini minimal empat Minggu baru akan merasakan manfaatnya.
  • Mengatasi Peradangan Kulit
    Salah satu fungsi Niacinamide yaitu bisa membantu mengatasi masalah kulit meradang. Misalnya eksim, jerawat, dan noda bekas jerawat yang kecokelatan atau kemerahan.
  • Mencegah Kanker pada Kulit Melanoma
    Terbukti Niacinamide yang bentuknya suplemen bisa mempercepat perbaikan DNA kulit yang rusak karena paparan sinar UV. Karena hal itu, pakar kesehatan berhasil membuktikan Niacinamide ampuh untuk mencegah kanker kulit melanoma.
  • Mengendalikan Produksi Minyak
    Anda memiliki masalah kulit berminyak? Nah, fungsi Niacinamide ialah bisa mengendalikan produksi minyak yang berlebihan yang diproduksi oleh kelenjar sebasea. Jenis vitamin B3 ini bisa mencegah cara kerja kelenjar sebasea supaya tidak berlebihan dalam memproduksi minyak. Seperti yang diketahui bersama, salah satu penyebab jerawat muncul adalah adanya produksi minyak yang berlebih.
  • Mengurangi kerutan dan garis halus
    Terdapat sebuah studi yang melaporkan manfaat Niacinamide yaitu mengurangi tanda-tanda penuaan, misalnya kerutan dan garis-garis halus. Jika Anda menggunakan Niacinamide dengan kadar 5 persen, bisa membantu mengurangi tanda-tanda kerusakan kulit yang diakibatkan oleh sinar matahari.
  • Melawan Stres Oksidatif
    Kandungan pada Niacinamide berfungsi membangun sel kulit dan melindunginya dari berbagai paparan stres lingkungan. Seperti sinar matahari, racun, dan polusi udara.
  • Dapat Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari
    Niacinamide bermanfaat untuk melindungi dari kerusakan-kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar ultraviolet (UV) dari matahari sekaligus membangun kembali sel-sel kulit yang sehat.

Efek Samping Niacinamide

Mungkin Anda tidak meragukan lagi banyaknya manfaat Niacinamide untuk kesehatan kulit wajah Anda. Walaupun begitu, tentunya ada beberapa efek samping Niacinamide yang harus Anda perhatikan.

Sebenarnya, produk kecantikan yang memiliki kandungan Niacinamide adalah aman untuk Anda gunakan. Namun, untuk Anda yang memiliki kulit sensitif atau alergi. Anda harus hati-hati dengan reaksi alergi yang mungkin saja terjadi.

Sebelum Anda menggunakan produk kecantikan ini, alangkah baiknya Anda melakukan tes alergi terlebih dahulu. Dengan cara mengoleskan sedikit produk Niacinamide ke lengan dan menunggu selama 24 jam.

Jika kulit Anda merasa gatal, kemerahan, atau bengkak, segera berhenti menggunakan produk ini. Namun, jika dirasa aman, Anda bisa melanjutkan menggunakan produk kecantikan ini.

Nah demikian artikel tentang kandungan dan efek samping Niacinamide. Semoga bermanfaat, ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top