Mengenal Jenis-Jenis Asuransi Pengiriman Barang

Asuransi Pengiriman Barang: Jenis, Biaya, dan Fungsinya

Saat ini kegiatan yang dilakukan secara digital online membuat industri logistik kerap kali dicari-cari. Setiap orang yang mengirim barang mulai dari kebutuhan bisnis hingga pengiriman barang paket setiap harinya. Perputaran pengiriman barang yang banyak ini tentunya membuat cemas karena resiko tertukar atau barang yang dialami mengalami kerusakan. Hal ini menjadi semakin parah ketika pelaku jasa pengiriman dan tim ekspedisi tidak bertanggung jawab dengan kerusakan, kerugian, kehilangan yang terjadi atas barang-barang yang dikirim.

Tentunya pengiriman jasa dan barang tidak bisa lepas begitu saja, setiap pengiriman barang pasti memiliki asuransi pengiriman barang yang bisa melindungi paket yang diantar. Pihak ketiga ini membantu, sekaligus menjadi solusi untuk Anda supaya paket yang diantarkan aman dan sesuai hingga ke tangan konsumen. Pada artikel kali ini kita akan membahas pengertian dan jenis-jenis asuransi pengiriman barang, untuk lebih jelasnya simak pembahasan dibawah ini. 

Pengertian asuransi pengiriman barang

Contoh Polis Asuransi Pengangkutan dengan Terms yang Kompetitif ~ Akademi Asuransi

Jasa dan produk di suatu perusahaan yang menjamin kerugian akibat hilang atau rusaknya barang selama proses pengiriman barang disebut dengan asuransi barang. Biasanya produk asuransi barang sudah tersedia di jasa pengiriman yang biasa Anda gunakan.  Pengiriman barang memiliki risiko terhadap kerusakan barang, hilangnya barang dan kondisi eksternal maupun internal lain yang membuat barang tidak berbentuk seperti semula. 

Stigma yang beredar di tengah masyarakat saat ini yaitu, asuransi pengiriman berada di  satu kesatuan yang sama dengan jasa ekspedisi pengiriman barang. Atau e commerce yang akan bertanggung jawab. 

Ternyata itu tidak benar karena jasa ekspedisi tidak akan bertanggung jawab jika ada kerusakan, kerugian, dan kehilangan suatu barang pada saat proses pengiriman. Kehilangan barang, kerusakan, dan kerugian yang dialami oleh pelanggan bisa ditanggung oleh jasa asuransi yang direkomendasikan oleh jasa kirim. 

Asuransi pengiriman barang sendiri dibagi  menjadi dua model, yaitu:

1. Perlindungan pengiriman barang dengan jumlah yang besar dan dengan perjanjian yang bisa dilakukan antara produsen atau perusahaan impor/ekspor dengan perusahaan asuransi.

2. Perlindungan asuransi yang dilakukan antara pelanggan dengan jasa pengiriman seperti Tiki, SiCepat, JNE dan sebagainya yang secara langsung menawarkan  kepada para konsumen untuk penggunaan asuransi.

Jenis asuransi pengiriman barang 

Proses pengiriman barang di Indonesia sendiri memiliki 3 jalur pengiriman yaitu darat, laut dan udara. Sehingga, proteksi atas barang yang dikirimkan juga memiliki 3 jenis asuransi yaitu

1. Asuransi pengangkutan darat

Produk asuransi yang menjamin kehilangan atau kerugian barang selama pengiriman melalui jalur darat adalah pengertian dari asuransi pengangkutan darat. Pengiriman di darat jelas juga memiliki risiko yang rentan terhadap kerusakan, apalagi jika barang yang diangkut adalah barang yang mudah rusak seperti barang pecah, hasil produksi yang mudah kadaluarsa, dan lainnya. Dengan adanya asuransi darat yang biasanya sudah bekerja sama dengan jasa ekspedisi lain Anda bisa mengklaim produk Anda jika terjadi sesuatu. 

2 Asuransi pengangkutan laut

Asuransi pengangkutan laut memberikan proteksi atau jaminan terhadap  kemungkinan kerusakan pada barang produksi dan terjadi akibat goncangan atau badai selama proses pengiriman. Asuransi laut sangat penting digunakan mengingat risikonya yang lebih besar jika dibandingkan dengan jalur darat dan udara.

Muatan yang overload, rentang dengan kebakaran, masuknya air ke barang, bongkar muat yang tidak hati-hati. Serta barang yang biasa digabung dengan barang berat dan masih banyak lagi risiko lain yang biasa terjadi melalui jalur laut.

3. Asuransi pengangkutan udara

Asuransi pengangkutan udara adalah jaminan yang bisa diklaim jika terjadi kerusakan dan kehilangan barang karena insiden dari penerbangan. Terjadinya kecelakaan di udara memang kemungkinan terjadinya sangat kecil namun tertukarnya barang, hingga barang hilang di dalam pesawat menjadi insiden yang sering terjadi.

Jenis jaminan asuransi pengiriman barang

Sebelum menggunakan asuransi, Anda harus memahami beberapa jenis ketentuan dalam mengklaim barang yang diasuransikan. Namun, setiap perusahaan tentunya juga memiliki tambahan mengenai apa saja produk yang diklaim, dan sejauh apa asuransi yang bisa didapatkan dalam melindungi barang Anda. 

Berikut ini beberapa jenis jaminan di asuransi pengiriman

  Klausa C atau ACC-C

1. Asuransi akibat kapal tenggelam, terbaik, atau kandas.

2. Asuransi akibat alat pengangkut barang di darat.

3. Alat angkut bertabrakan dengan objek lain yang ada di luar air.

4. Pembongkaran barang dipelabuhan

5. Penanganan penyelamatan umum dimana kargo terpaksa harus  mengurangi jumlah muatan paket dengan cara dibuang ke air.

 Klausa B  atau ACC-B 

1. Asuransi akibat kapal tenggelam, terbaik, atau kandas.

2. Asuransi akibat alat pengangkut barang di darat.

3. Alat angkut bertabrakan dengan objek lain yang ada di luar air.

4. Pembongkaran barang dipelabuhan

5. Penanganan penyelamatan umum dimana kargo  terpaksa harus mengurangi jumlah muatan paket dengan cara dibuang ke air.

Dengan tambahan:

1. Gempa bumi, letusan gunung api, dan petir.

2. Koli barang hilang saat bongkar muat.

3. Masuknya air ke dalam peti.

Klausa A atau ACC-A 

1. Menjamin asuransi semua kategori Klausa B dan C

 TLO (Total Loss Only)

Jaminan atau proteksi yang menanggung kerusakan barang  secara penuh yang diakibatkan oleh alat angkut yang tidak berfungsi secara maksimal.

1. Kebocoran dan keausan alamiah kapal.

2. Packing yang tidak sesuai.

3. Sifat alamiah barang.

4. Keterlambatan.

5. Kebangkrutan karena biaya yang terlalu besar.

6. Penggunaan atom nuklir dan senjata perang.

7. Resiko perang, mogok, dan larangan terhadap pekerja.

Demikian pembahasan mengenai jenis-jenis asuransi pengiriman barang, semoga bermanfaat. Untuk Anda yang sedang mencari layanan jasa pengiriman cargo barang Anda bisa menggunakan jasa Cargo Murah. Layanan ini melayani cargo melalui jalur darat, laut, dan udara dan paket Anda ditangani dengan kualitas terbaik oleh pekerja yang profesional dan berpengalaman.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top