Manfaat dan Cara Mengolah Kayu Bajakah untuk Kesehatan

Spatholobus littoralis hassk atau dikenal sebagai kayu bajakah adalah tanaman khas pedalaman Provinsi Kalimantan Tengah yang sudah lama digunakan sebagai obat berbagai macam penyakit oleh suku Dayak. Kayu bajakah sendiri memiliki banyak manfaat untuk kesehatan antara lain yaitu untuk mengobati penyakit diabetes, asam lambung, kista, jantung, dan masih banyak lagi.

Untuk mendapatkan manfaat kayu bajakah harus mengolahnya dengan cara yang tepat dan benar. Cara mengolah kayu bajakah itu sendiri berbeda beda, tergantung apa jenis penyakitnya. Berikut beberapa cara mengolah kayu bajakah :

  • Cara mengolah kayu bajakah untuk penyakit diabetes
    Penyakit Diabetes Melitus merupakan penyakit kronis dengan ditandai kadar gula atau glukosa yang tinggi. Di dalam darah glukosa menumpuk karena tidak diserap oleh sel tubuh dan berakibat mengganggu organ tubuh lain. Penyembuhan penyakit ini dapat dilakukan dengan cara diperiksakan ke dokter dan juga ada cara lain yaitu dengan cara penyembuhan herbal salah satunya dengan kayu bajakah.
    Kayu bajakah bisa menyembuhkan penyakit diabetes jika dengan cara mengolah kayu bajakah yang sesuai. Jenis kayu bajakah yang bisa untuk mengobati diabetes adalah akar kuning. Cara mengolahnya yaitu kayu bajakah jenis akar kuning harus dikeringkan terlebih dahulu, setelah itu direbus lalu diminum 2 kali sehari. Kayu bajakah jenis akar kuning bisa direbus hingga 2 kali pemakaian dengan catatan kayu bajakah jenis akar kuning tidak boleh disimpan dalam lemari pendingin.
  • Cara mengolah kayu bajakah untuk penyakit asam lambung
    Gastroesophageal reflux disease (GERD) atau penyakit asam lambung adalah penyakit dengan gejala minimal 2 kali dalam seminggu. Gejala penyakit asam lambung ditandai dengan munculnya rasa terbakar di daerah dada karena asam lambung naik ke kerongkongan. Penyakit ini bisa dialami orang dewasa sampai anak-anak sekalipun.
    Untuk menyembuhkan penyakit asam lambung bisa dengan cara herbal menggunakan akar kayu bajakah. Cara mengolah kayu bajakah untuk penyakit asam lambung yaitu dengan merebus akar bajakah selama 5 menit atau sampai air rebusan akar bajakah berwarna kecoklatan. Minum selagi hangat dan boleh ditambahkan 1 sendok madu.
  • Cara mengolah kayu bajakah untuk penyakit kista
    Benjolan berisi cairan, udara ataupun zat padat yang berada dibawah kulit atau disebut dengan kista adalah penyakit yang disebabkan berbagai faktor antara lain radang, infeksi, atau bisa saja faktor keturunan. Penyakit ini kebanyakan bersifat jinak atau tidak berbahaya namun bisa berbahaya jika sudah mengalami infeksi dan benjolan tersebut bertambah besar. Ukuran kista bervariasi dan bisa sampai lebih dari 40 cm, beratnya pun bervariasi dan ada yang hingga mencapai 8 kg.Penyembuhan kista yang jinak bisa dilakukan dengan cara herbal yaitu menggunakan kayu bajakah. Adapun cara pengolahannya yaitu ambil potongan kayu bajakah kurang lebih 3-4 potong lalu rebus dengan air hingga mendidih, jika sudah mendidih kemudian tuangkan ke dalam gelas yang sudah berisi 2 sendok makan madu hijau, setelah itu aduk lalu segera diminum.
  • Cara mengolah kayu bajakah untuk penyakit jantung
    Istilah penyakit jantung sering dikaitkan dengan penyakit kardiovaskular. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja tak terkecuali remaja dan balita. Pada umumnya gejala penyakit jantung yaitu tak beraturannya detak jantung, mudah sekali merasa lelah, jika nafas terasa berat, dan susah tidur.Kebanyakan orang menyembuhkan penyakit jantung dengan cara pergi ke dokter lalu mengonsumsi obat terus menerus dan biayanya juga tidak sedikit. Namun ada cara lain untuk menyembuhkan dan juga bisa meminimalisir biaya yaitu dengan cara herbal, salah satunya dengan kayu bajakah. Caranya adalah akar kayu bajakah harus dikeringkan dahulu hingga benar-benar kering, setelah itu dihaluskan, jika sudah dihaluskan kemudian diseduh menggunakan air hangat dengan takaran 1 gram untuk 500 ml air, diminum setiap pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.

Kayu bajakah memiliki banyak manfaat terutama untuk kesehatan. Cara mengolah kayu bajakah yang benar dan sesuai bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Kayu bajakah hanya bisa tumbuh di hutan pedalaman Kalimantan Tengah namun tidak perlu khawatir karena sekarang banyak sekali penjual obat herbal yang menjual kayu bajakah melalui toko online maupun offline.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top