Jl. H.R. Rasuna Said Blok X-5 Kav. 4-9 Kuningan, Jakarta 12950
klinikkemenkes@gmail.com

Lantai Vinyl vs. Laminasi: Perbandingan Material Lantai yang Harus Anda Ketahui

Lantai Vynil vs Laminasi

Lantai Vinyl vs. Laminasi: Perbandingan Material Lantai yang Harus Anda Ketahui

Beberapa orang mungkin tidak begitu paham mengenai perbedaan antara lantai vinyl dan lantai laminasi. Kedua jenis lantai tersebut memang memiliki banyak kesamaan, seperti pemasangan yang mudah, harga yang hampir sama, serta memiliki tampilan yang menarik. Jadi, adakah perbedaan diantara keduanya? Tentu ada. Baca terus untuk mengetahui perbedaan antara vinyl vs laminasi.

Perbedaan Lantai Vinyl dan Laminasi

perbedaan vinyl dengan laminasi

Yang menjadi perbedaan utama antara lantai vinyl dan laminasi adalah material pembuatannya. Lantai laminasi sendiri terbuat dari beberapa lapisan yang digabungkan melalui proses laminasi, termasuk inti papan serat kayu. Lantai laminasi memiliki sebuah lapisan inti yang terbuat dari serat kayu yang sangat padat.

Lalu pada lantai vinyl terdapat lapisan PVC yang berguna untuk memberikan stabilitas dan dukungan. Lantai vinyl juga memiliki lapisan inti sebagai bagian utama lantai yang terbuat dari PVC. Lantai jenis vinyl sendiri memiliki beberapa jenis yang umum, seperti :

  • Papan Vinyl Mewah
  • Ubin Vinyl Mewah
  • Lembaran Vinyl

Vinyl sepenuhnya terbuat dari bahan bersifat sintetis, dan untuk lembaran vinyl dan ubin vinyl standar, inti utamanya biasanya terdiri dari fiberglass yang dilapisi dengan bahan PVC dan plasticizer. Berbeda dengan lantai laminasi, lantai tersebut menggunakan inti papan serat yang terbuat dari produk sampingan kayu. Dengan demikian, lantai laminasi tidak tahan air, sedangkan lantai vinyl 100% tahan terhadap air.

Kelebihan Serta Kekurangan diantara Keduanya

kelebihan serta kekurangan vinyl dan laminasi

Yuk cari tahu kelebihan beserta kekurangan lantai vinyl dan lantai laminasi sebelum Anda membelinya.

Penampilan

  • Laminasi
    Jenis lantai ini, memiliki lapisan atas yang tebal, lantai laminasi mampu menghasilkan ukuran tiga dimensi yang dalam serta realistis pada permukaannya, menampilkan gambar yang cocok dari bahan alami seperti kayu atau batu.
  • Vinyl
    Lantai vinyl sendiri tidak dikenal karena tampilannya yang realistis. Namun, seiring perkembangan teknologi, munculnya produk LVP yang merupakan varian lantai vinyl dengan menawarkan tampilan yang lebih realistis.

Ketahanan Terhadap Air

  • Laminasi
    Hampir semua lantai laminasi menggunakan inti papan serat. Karena inti ini terbuat dari material kayu, maka akan mudah melunak dan mengembang jika terkena air. Namun, jika lantai laminasi dipasang dengan benar, dengan lapisan yang rapat dan alas cetakan yang bagus, maka hal tersebut dapat menahan genangan air untuk waktu yang singkat.
  • Vinyl
    Lantai vinyl memiliki ketahanan terhadap air yang bagus. Mengapa dikatakan seperti itu? Karena faktanya, dari semua jenis lantai vinyl dianggap tahan air karena lembaran vinyl, LVT, dan LVP dibuat dengan material yang tahan air 100%. Lantai vinyl ini lebih cocok ditempatkan di kamar mandi atau di tempat yang lembab, karena dari segi tahan air, lantai vinyl lebih unggul dari lantai laminasi.

Daya Tahan

  • Laminasi
    Pada umumnya, lantai laminasi memiliki daya tahan yang cukup lama dan memerlukan perawatan yang rendah. Namun, terdapat beberapa faktor yang harus diperhatikan untuk menjaga keawetan lantai laminasi. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa lantai laminasi tidak mampu menahan air atau kelembaban yang tinggi. Jadi, jika lantai laminasi terkena air, maka akan menyebabkan lapisan atasnya terkelupas.
  • Vinyl
    Lantai vinyl lebih tahan lama daripada lantai laminasi. Lantai vinyl yang tipis memiliki sedikit keunggulan dibandingkan dengan lantai vinyl tebal yang berpotensi mengelupas seiring waktu. Dengan lantai yang tipis, delaminasi tidak menjadi masalah karena merupakan satu lapisan PVC yang kohesif.

Kemudahan Pemasangan

  • Laminasi
    Lantai laminasi menggunakan metode pemasangan klik dan kunci, dimana salah satu papannya dipasang secara miring ke alur papan yang berdekatan untuk mengunci keduanya secara rapat. Untuk memotong lantai laminasi, perlu menggunakan gergaji yang dilengkapi dengan bilah bergerigi halus.
  • Vinyl
    Sama seperti lantai laminasi, lantai vinyl sendiri juga menggunakan metode pemasangan klik dan kunci. Namun, papan lantai vinyl dapat dengan mudah dipotong dengan pisau serbaguna. Lembaran vinyl dapat menjadi bahan yang sulit dipasang, karena bahannya besar dan berat.

Kenyamanan

  • Laminasi
    Meskipun lantai laminasi tidak terasa seperti kayu, namun akan tetap memberikan rasa yang hangat terutama jika dipasangkan dengan lapisan bawah berkualitas tinggi. Namun, terkadang Anda dapat mendengar suara yang berisik ketika orang berjalan di atas lantai laminasi.
  • Vinyl
    Sebagian besar jenis lantai vinyl memiliki rasa yang dingin atau keras di kaki, terutama jika dipasang diatas lantai beton atau ubin keramik yang keras. Namun, jika Anda berjalan di atas lantai vinyl, akan menghasilkan suara yang lebih sepi daripada lantai laminasi.

Ketahanan Terhadap Noda

  • Laminasi
    Lapisan bagian atas lantai laminasi terbuat dari lapisan oksida aluminium bening yang unggul untuk ketahanan noda.
  • Vinyl
    Lantai vinyl berkualitas dilapisi dengan lapisan uretan transparan yang memberikan ketahanan noda yang sangat baik.

Mana yang Lebih Baik? Lantai Vinyl atau Laminasi?

Pilihan Lantai vynil dan laminasi

Perbandingan antara lantai laminasi dan lantai vinyl masing-masing memiliki kelebihan serta kekurangan, jadi pilihan tergantung pada kebutuhan dan preferensi Anda sendiri. Lantai vinyl memang terbilang lebih unggul dalam hal ketahanan terhadap kelembaban, sehingga cocok untuk ruang cuci, kamar mandi, atau ruangan yang memiliki kelembaban tinggi.

 

Disisi lain, lantai laminasi bekerja dengan sangat baik di area yang kering dan umumnya memiliki tampilan yang lebih realistis, terutama pada varian LVP yang meniru tampilan kayu atau batu. Lantai laminasi juga sering menawarkan lebih banyak pilihan gaya dan desain, sehingga Anda memiliki kebebasan dalam menyesuaikan dekorasi ruangan.

 

Jadi, jika ditanya mengenai mana yang lebih baik dari keduanya, tidak ada jawaban yang tepat, karena semua itu tergantung dengan kebutuhan dan lingkungan ruangan. Jika ketahanan terhadap kelembaban menjadi tujuan Anda, lantai vinyl menjadi opsi yang tepat untuk Anda. Namun, jika anda mencari lantai dengan tampilan realistis, lantai laminasilah yang cocok untuk menjadi pilihan Anda. Untuk memudahkan Anda dalam mencari berbagai koleksi lantai vinyl yang berkualitas tinggi, maka Supplier Lantai Vinyl dapat menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.