Kolesterol Tinggi? Ini Jus Buah Penurun Kolesterol Ampuh yang Mudah dibuat

Tahukah anda jika kolesterol itu dibutuhkan untuk membuat vitamin D, proses dari pencernaan dan produksi hormon. Kolesterol adalah lemak yang berawal dari makanan hewani yang diproduksi di dalam tubuh. Tetapi jika tingkatan kolesterol sangat tinggi, dapat membahayakan tubuh karena dapat menimbulkan beragam penyakit dan juga komplikasi. Di dalam tubuh kita kolesterol yang ada di darah membawa protein. Dari proses itu biasa dikenal dengan lipoprotein. Lipoprotein juga memiliki dua jenis yaitu LDL dan HDL.

LDL atau Low Density Lipoprotein adalah kolesterol jahat, kepadatannya rendah sehingga bisa berakibat buruk bagi tubuh. Sedangkan HDL adalah High Density Lipoprotein yang memiliki kepadatan yang tinggi sehingga disebut kolesterol baik.

Setiap orang di dalam pembuluh darah memiliki kadar kolesterol yang bervariasi. Dan setiap orang juga tergantung mempunyai risiko lebih rendah atau lebih tinggi untuk dapat terjangkit penyakit pembuluh arteri. Untuk dapat mengetahuinya berapa kadar kolesterol yang dimiliki bisa diperiksa melalui tes darah. Jika anda memiliki Kolesterol Tinggi? Ini Jus Buah Penurun Kolesterol ampuh yang mudah dibuat, tapi sebelum itu kita bahas sedikit penyebab kolesterol tinggi.

 

Hal yang menyebabkan Kolesterol anda Tinggi

Jika kadar kolesterol yang ada pada darah sudah melebihi dari kadar normal, maka kondisi akan menyebabkan kolesterol tinggi atau hiperkolesterolemia. Kolesterol tinggi akan menyebabkan penyakit yang serius. Kolesterol juga merupakan lemak berlilin yang didapatkan dari makanan dan sebagian besar diproduksi di dalam organ hati.

Salah satu penyakit yang diakibatkan oleh pengendapan kolesterol yang terjadi secara berlebih pada pembuluh darah salah satunya adalah serangan jantung dan stroke. Dengan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan kolesterol yang tinggi dan jarang berolahraga dapat menimbulkan penyakit kolesterol. Tetapi ada faktor yang dapat menyebabkan kolesterol yaitu faktor keturunan. Selain itu juga minum alkohol dan merokok dapat menimbulkan kolesterol.

 

Jus Buah Penurun Kolesterol Ampuh yang Mudah Dibuat

Untuk mengatasi kolesterol tinggi ada beberapa jus buah dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Dengan meminum jus buah setiap hari dapat meringankan kolesterol. Berikut beberapa jus buah penurun kolesterol ampuh yang mudah dibuat:

1. Jus Tomat

Tomat meruapakan salah satu buah sayur yang memiliki senyawa likopen untuk menambahkan kadar lipid dan bisa menurunkan kadar kolesterol LDL. Menurut pemeriksaan menjus tomat juga menambahkan kadar likopennya.

Pada studi tahun 2015 ada 25 perempuan dengan usia 20-30 dan mempunyai massa indeks badan minimal 20, kemudian melakukan tes percobaan dengan minum jus tomat selama 2 bulan setiap hari. Dan hasilnya bisa menurunkan kadar kolesterol yang ada di pembuluh darah dengan minum jus setiap hari 280 mL.

2. Jus Alpukat

Alpukat merupakan buah yang dapat menurunkan kolesterol tinggi karena mempunyai banyak kandungan lemak yang baik. Selain itu alpukat juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

3. Jus Jeruk

Salah satu minuman jus terbaik tanpa menggunakan gula dapat menurunkan kolesterol. Selain itu jeruk juga memiliki banyak vitamin yang dibutuhkan tubuh.

Seorang pakar dan ahli dari nutrisi kesehatan mengatakan bahwa “Jus jeruk 100% adalah minuman manis alami yang bebas lemak dan sodium dan sarat dengan vitamin dan mineral. Data juga telah menunjukkan bahwa minum jus jeruk asli dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dalam tubuh”.

4. Jus Apel

Jus apel bisa menurunkan kadar kolesterol, karena di dalam buah apel terdapat pektin. Pektin merupakan serat larut yang ada di buah dan sayur, suplemen ini dapat membersihkan arteri yang ada di tubuh seseorang dan dapat menurunkan kolesterol.

Buah apel ini dapat dikonsumsi seseorang dengan dimakan langsung atau bisa jadi di jus. Tapi ketika dibuat jus disarankan tidak dengan menambahkan gula.

5. Jus Campuran Stroberi, anggur dan jeruk

Jus campuran stroberi, anggur dan jeruk merupakan jus untuk menurunkan kolesterol dan asam urat. Karena pada buah tersebut memiliki kandungan pektin dan bioaktif sehingga mampu menurunkan kadar kolesterol dan asam urat yang berlebih dalam tubuh.

Kandungan dari vitamin B2 dan C, magnesium, kalium dan flavonoid juga dapat mencegah penyakit yaitu penyakit kronis.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top