Ketahui Apa Yang Membedakan Antara Vitamin C 1000 dan Vitamin C 500

Pada dasarnya, vitamin sangatlah beragam diantaranya yaitu vitamin A, B, C, D, E dan K.
Dari beberapa jenis vitamin tersebut, vitamin C menjadi salah satu vitamin yang perlu diperhatikan sebab dapat memberikan banyak manfaat.

Jika berbicara mengenai kecukupan gizi bagi orang dewasa, sebenarnya kebutuhan vitamin C nya setiap hari cukup 75 hingga 90 mg saja. Perlu Anda ketahui, tubuh mampu menerima atau mentoleransi vitamin C sampai 2000 mg setiap harinya. Selain itu, standar kecukupan gizi dari vitamin C juga dapat ditentukan yaitu 500 mg dan 1000 mg.

Memang keduanya sama-sama dapat memberikan manfaat bagi tubuh, namun keduanya perlu disesuaikan dengan tubuh Anda. Lalu apa yang membedakan antara Vitamin C 1000 dan vitamin C 500? Nah, penasaran kan? Namun sebelumnya, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu secara detail mengenai vitamin C.

Sumber Vitamin C

Pada dasarnya, sumber vitamin C dibagi menjadi 2 yaitu:

1. Sayur dan Buah-buahan

Beberapa buah-buahan yang mengandung vitamin C yaitu blewah, sirsak, mangga, nanas, kesemek, strawberry, pepaya, leci, lemon, kiwi, dan jambu biji. Selain itu sayur-sayuran yang mengandung vitamin C yaitu bawang putih, kapri, bayam, kembang kol, tomat, paprika kuning, cabai merah, brokoli, kol sawi dan masih banyak lagi.

2. Suplemen

Tak hanya berbentuk sayur dan buah-buahan, melainkan seseorang juga dapat memenuhi kebutuhan vitamin C yaitu dengan mengkonsumsi suplemen. Kini Anda tak perlu bingung untuk mencari suplemen tersebut, sebab sudah tersebar di pasaran.

 

Manfaat Jika Mengkonsumsi Vitamin C Secara Rutin

Berikut ini manfaat jika mengkonsumsi vitamin C secara rutin, yaitu:

  • Mengoptimalkan daya tahan tubuh
  • Melindungi sel tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas
  • Meringankan tubuh ketika memproduksi kolagen
  • Mempermudah dalam penyerapan zat besi
  • Memperbaiki kesehatan kulit, otot, gigi dan tulang

 

Perbedaan Vitamin C 1000 dan Vitamin C 500

Berikut ini perbedaan dari vitamin C 1000 dan vitamin C 500, antara lain:

1. Resiko yang Diperoleh

Perbedaan yang mendasar dari kedua dosis vitamin C tersebut yaitu ada pada resiko yang diperoleh. Resiko yang kerap terjadi yaitu asam lambung. Pada dasarnya vitamin C 500 resiko yang terjadi lebih kecil daripada vitamin C 1000.

Itu artinya dosis yang diberikan berbeda, sehingga vitamin C 1000 dapat menimbulkan hadirnya asam lambung. Meskipun demikian, apabila tubuh Anda dapat menerima dosis yang diberikan vitamin C 1000, tentu tidak menjadi masalah.

2. Jumlah Vitamin

Perbedaan selanjutnya yaitu ada pada jumlah vitamin. Perlu Anda ketahui bahwa jumlah vitamin C 1000 dan 500 berbeda, yang mana jumlah vitamin c 1000 lah yang lebih banyak. Oleh karena itu, jika tubuh Anda sangat mendukung untuk mengkonsumsi vitamin C 1000, maka inilah pilihan yang tepat untuk melindungi kesehatan Anda.

3. Harga

Harga menjadi salah satu hal yang dapat membedakan dari kedua dosis vitamin C tersebut. Hal ini dikarenakan jumlah vitamin yang diberikan berbeda sehingga akan mempengaruhi harga. Jadi, harga dari vitamin C 1000 lebih tinggi daripada harga vitamin C 500.

Itulah ulasan yang membahas terkait apa yang membedakan antara vitamin C 1000 dan vitamin C 500. Jadi dapat disimpulkan, Anda boleh saja mengonsumsi vitamin 500 maupun vitamin C 1000 asalkan sesuai dengan kesanggupan Anda. Namun, alangkah baiknya Anda berdiskusi terlebih dulu dengan dokter, apakah sudah sesuai atau belum. Dengan begitu, hal yang tidak diinginkan seperti penyakit asam lambung tidak terjadi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Scroll to Top