Ketahui Apa Itu Vitiligo : Penyakit Bercak Putih Pada Kulit

Pernahkan melihat seseorang dengan bercak putih di kulitnya? Apakah merasa takut untuk mendekatinya? Bisa jadi orang tersebut mengalami penyakit vitiligo. Tapi tenang saja, penyakit ini tergolong penyakit yang tidak menular, jadi tidak perlu takut untuk bersosialisasi dengan seseorang yang mengidap vitiligo.

Apa Itu Vitiligo? 

Vitiligo adalah penyakit kulit yang menyebabkan warna kulit menjadi memudar. Kulit yang memudar ini biasanya akan semakin membesar seiring dengan waktu. Namun penyebaran pemudaran kulit ini biasanya tidak merata sehingga akan terlihat seperti bercak-bercak putih. Vitiligo biasa menyerang daerah tangan, mulut, wajah, dan leher.

Pada sebagian orang, bercak putih ini tidak terlihat karena warna kulit asli mereka menyerupai bercak putih tersebut. Vitiligo akan semakin terlihat kontras pada seseorang dengan seseorang yang memiliki kulit berwarna gelap. Rasio pengidap vitiligo adalah 1:100 orang di dunia. Jadi, bisa dibilang penyakit ini cukup banyak ditemukan masyarakat. Pengidap vitiligo ini dapat beraktivitas umum seperti layaknya orang sehat. Namun terkadang penyakit ini dapat menimbulkan stress akibat tidak percaya diri dalam berpenampilan. Maka dari itu kita tidak perlu mengucilkan atau menghindari seseorang yang terkena vitiligo.

Mengapa Bisa Terjadi Vitiligo?

Vitiligo bisa terjadi saat kulit tidak dapat memproduksi melanin atau senyawa pigmen coklat yang dapat menentukan warna kulit. Melanin ini berfungsi untuk melindungi sel sel kulit dibawah dari efek buruk sinar UV matahari. Kulit yang tidak bisa memproduksi senyawa melanin memiliki beberapa faktor, antara lain :

  • Faktor Keturunan
  • Mengalami kerusakan kulit akibat bakaran matahari
  • Terkena senyawa kimia tertentu
  • Mempunyai penyakit lain misal, hipertiroidisme atau addison.

Bagaimana Mengetahui Gejala Vitiligo?

Yang biasa terlihat paling utama adalah munculnya bercak bercak yang awalnya memudar kemudian akan semakin memudar hingga berwarna putih.Bagian kulit yang memudar biasanya akan bertahan permanen dan akan lebih rentan terbakar oleh sinar matahari. Bercak-bercak ini tidak menyebabkan iritasi ataupun ruam. Namun terkadang terasa gatal gatal.

Bagaimana Cara Pencegahan Vitiligo?

Sebaik-baiknya pengobatan adalah melalui pencegahan. Walau bukan tergolong penyakit yang mengancam jiwa, namun kita perlu mewaspadai dengan selalu menjaga hidup sehat, berikut adalah cara pencegahan agar tidak terkena dari vitiligo

  • Menghindari lingkungan hidup yang tercemar dan berpaparan dengan bahan-bahan kimia industri, logam berat, ataupun pelapis cat.
  • Menerapkan pola hidup sehat dengan selalu memakan makanan sehat dan bergizi seimbang
  • Melindungi kulit dari paparan langsung matahari dengan menggunakan lotion ataupun krim yang teruji klinis

Bagaimana Cara Pengobatan Vitiligo Jika Sudah Terlanjur Terkena?

Jika ada tanda-tanda yang disebutkan seperti munculnya bercak bercak pada kulit, penanganan pertama adalah dengan memaksimalkan perlindungan kulit dari bahaya sinar uv matahari. Untuk melindungi kulit dari sinar UV matahari, dapat menggunakan Sunscreen/tabir surya dengan SPF 30/45 agar kulit tidak mudah terbakar dari sinar uv matahari, sehingga kulit tidak semakin rusak, dan penyebaran tidak semakin meluas. PAda bagian tubuh juga dapat mengoleskan body lotion agar kulit tidak langsung berpapasan dengan matahari. Alternatif lainnya adalah menutupi bercak putih dengan krim yang memiliki warna sama dengan warna kulit.

Dalam langkah penangan medis biasanya memiliki efek samping yang dapat mempengaruhi kesehatan dan membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga bisa dibilang kurang efektif. Maka dari itu dokter menganjurkan untuk menggunakan perawatan tubuh seperti lotion secara maksimal sebelum mengambil tindakan medis.

Dalam tindakan medis yang dapat dilakukan adalah :

1.Terapi cahaya atau fototerapi. 

Pasien mengambil langkah terapi ini apabila bercak putih sudah menyebar luas ke area kulit lain, dan sudah tidak bisa ditangani dengan perawatan lotion kulit. Dalam sistemnya terapi ini menggunakan cahaya UV A dan UV B untuk mengembalikan warna kulit yang memudar. Namun efek samping dari terapi ini adalah munculnya risiko kanker kulit yang mana penyakit ini lebih ganas dan mengancam dibanding dengan vitiligo.

2.Terapi Laser.

Untuk prosedur terapi laser ini adalah bertujuan untuk mengembalikan warna kulit pada bercak bercak yang memudar. Namun terapi ini hanya efektif bagi vitiligo yang hanya memiliki sebagian kecil saja

3.Operasi Cangkok Kulit

Mendengar kata operasi pasti sudah cukup mengerikan. Untuk prosedur operasi cangkok kulit adalah dengan melakukan pengambilan lapisan kulit kita yang tidak terkena vitiligo untuk melapisi kulit yang memiliki bercak bercak vitiligo. Operasi ini dapat dilakukan apabila vitiligo hanya menyerang sebagian kecil saja dan yang tidak mengalami penyebaran atau perluasan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top