Jangan Sepelekan, Ini Dia Kebiasaan Penyebab Infeksi Saluran Kemih

Jika membahas organ manusia itu akan lama dan kita juga tau kalau banyak sekali organ yang ada di tubuh manusia, diantaranya adalah kandung kemih dan juga organ yang penting bagi tubuh. Tapi sayang sekali masih banyak yang belum tau kebiasaan yang mereka lakukan bisa menjadi penyebab infeksi kandung kemih.

Jangan disepelekan, ternyata kebiasaan ini menjadi penyebab infeksi saluran kemih, kebiasaan apa aja si? Sebelum itu mari bahas sedikit tentang apa itu kandung kemih.

Kandung Kemih? Apa itu?

Kandung kemih merupakan organ dari tubuh. Fungsi dari kandung kemih itu sendiri adalah menampung sementara cairan urine yang diproduksi oleh ginjal serta mengeluarkan urine tersebut. Banyaknya urine yang bisa ditampung oleh kandung kemih sekitar 400-600 ml. Ketika kandung kemih sudah terisi urine, sistem saraf pusat akan menerima sinyal dari akibatnya saraf. Dan akan terjadi sebuah kontraksi serta relaksasi otot bertujuan mengeluarkan cairan urine.

Terdapat faktor umum yang dapat menaikan resiko infeksi saluran kemih pada seseorang, yaitu:

  • Seseorang yang saluran kemihnya terdapat kelainan.
  • Saluran kemih seseorang tersumbat.
  • Sistem kekebalan tubuh yang dimiliki rendah.
  • Operasi juga suatu pemeriksaan pada saluran kemih.
  • Selain faktor tadi, ada juga hal atau kebiasaan yang bisa menyebabkan adanya infeksi.

Jangan disepelekan, Ternyata Kebiasaan Ini Menjadi Penyebab Infeksi Saluran Kemih

1. Karena suka menahan kencing

Sebelum rasa kebelet untuk kencing, seseorang bisa menampung kira-kira 500 ml urine. Dan tahukah anda jika menahan kencing dengan jangka waktu yang lama, dapat terjadi infeksi pada saluran kemih, setelah itu akan terjadi sebuah pembengkakan pada kandung kemih sehingga membuat kandung kemih sensitif.

Dan bukan cuma itu saja, menahan kencing juga mengakibatkan batu serta gagal ginjal. Karena suka menahan kencing membuat kelebihan mineral seperti kalsium dan natrium membentuk sebuah batu kecil, dan inilah batu ginjal. Jika kelebihan mineral ini tidak dibuang atau dikeluarkan dalam waktu yang teratur lewat cairan urine, maka akan terbentuk sebuah batu

Dan terakhir, akibat dari menahan kencing bisa terjadi peradangan pada kandung kemih, disebut juga interstitial cystitis atau disingkat IC. Buang kencing berkali-kali serta rasa sakit yang terasa di area panggul adalah gejala yang ditimbulkan dari IC.

2. Karena kebiasaan menggunakan celana ketat

Kebiasaan memakai celana yang ketat, laki-laki atau perempuan, dapat menyebabkan infeksi saluran kemih. Ini bisa terjadi karena diakibatkan pertumbuhan bakteri serta jamur.
Resiko infeksi meningkat karena pada area selangkangan serta organ vital lainnya yang membutuhkan suplai udara menjadi terhambat yang disebabkan oleh celana yang ketat.

3. Karena kurang minum air putih

Hal yang terlihat sangat sepele ini justru memiliki akibat yang tidak bisa disangka. Ketika seseorang kurang minum air putih, urine yang dihasilkan juga sedikit. Dan karena produksi urine yang terlalu sedikit ini, bisa membuat pH pada urine itu berubah. Akibatnya bakteri menempel di dinding saluran kencing, yang sebelumnya masuk melewati saluran kencing dengan lebih mudah.

Gejala yang Dirasakan

Gejala ini diakibatkan karena adanya iritasi pada saluran kemih, dan gejala yang ditimbulkan sebagai berikut:

  • Alat kelamin yang terasa seperti terbakar saat buang air kecil.
  • Beser, sering buang air kecil, namuni urine yang dikeluarkan sedikit.
  • Rasa sakit juga nyeri pada perut, terutama perut bagian bawah.
  • Urine memiliki warna yang lebih gelap.
  • Urine yang dikeluarkan mengeluarkan bau tidak enak yang menyengat.
  • Saat berhubungan seksual akan merasakan rasa nyeri.
  • Penis yang terasa sakit juga nyeri.
  • Gemetar ataupun merasakan lelah.
  • Jika infeksi sudah mencapai organ ginjal, akan terjadi demam atau kedinginan.

 

Cara untuk Mencegah Adanya Infeksi pada saluran kemih

  • Tidak menahan rasa ingin kencing atau buang air kecil, dan buang air kecil secara teratur.
  • Menghilangkan kebiasaan menggunakan celana ketat.
  • Minum air putih yang banyak, minum 8 gelas setiap hari.
  • Tidak secara asal-asalan dalam membersihkan area kemaluan
  • Membersihkan area kemaluan menggunakan air yang mengalir.

 

Mungkin hanya sedikit informasi ini yang bisa kami berikan pada artikel Jangan disepelekan, ternyata kebiasaan ini menjadi penyebab infeksi saluran kemih. Ingat, semua orang tentunya ingin memiliki tubuh yang sehat, dan terhindar dari penyakit. Oleh sebab itu jangan pernah sepelekan hal kecil, karena bisa jadi hal kecil itu yang bisa mendatangkan penyakit. Sekian, terima kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top