Inilah Fakta Menarik Tentang Sejarah Penyakit Ebola 

Sepertinya Anda sedikitnya masih ingat dengan virus yang terjadi pada tahun 2013? Ya, karena virus ini memang ramai diperbincangkan pada tahun 2013 hingga 2016. Bagaimana tidak, virus ini bukanlah virus biasa melainkan suatu virus yang paling berbahaya dan sangat mematikan. 

Nah, jika Anda sudah lupa atau bahkan belum mengetahui tentang penyakit Ebola, Maka Anda perlu menyimak ulasan terkait fakta menarik tentang sejarah penyakit Ebola melalui ulasan berikut ini. 

 

  1. Ebola Menjadi Salah Satu Penyakit yang Diakibatkan oleh Virus

Dikutip EBOV (Zaire Ebola Virus) penyakit Ebola menjadi penyakit yang dapat menular karena adanya virus Ebola. Virus yang satu ini tak hanya menyerang manusia, melainkan juga menyerang hewan. Akan tetapi, selain jarang ditemui, virus ini juga jarang terjadi. 

Meskipun demikian, apabila virus Ebola sampai menginfeksi tubuh, hal tersebut sangatlah beresiko yang mana sangat memungkinkan penderitanya mengalami kematian. Sebuah bukti bahwa penyakit ini mematikan yaitu sebagian besar orang yang menderita penyakit ini di Afrika, mereka tidak sanggup lagi untuk bisa bertahan hidup.

  1. Sampai Saat Ini Belum Tersedia Obat Khusus Virus Ebola

Perlu Anda ketahui bahwa penyakit ini sampai saat ini belum tersedia obat khususnya. Hal ini dikarenakan virus Ebola sendiri bukanlah virus seperti pada umumnya sehingga sangat sulit untuk bisa melawannya. Selain itu, sampai saat ini masih pada tahap percobaan untuk metode pengobatan serta penggunaan vaksinasinya.

  1. Menjadi Wabah Terbesar di Dunia Sejak Tahun 2013

Mungkin saja sekarang Anda masih ingat tentang wabah Ebola. Sebab, virus ini ramai diperbincangkan semua orang yaitu tahun 2013 yang tepatnya pada bulan Desember. Pada tahun tersebut, banyak sekali orang meninggal sebagai korban virus Ebola yakni mencapai 11.000 di Sierra Leone, Guinea, dan Liberia. 

Namun pada tahun 2021, wabah Ebola kembali merebak di seluruh dunia, yakni setelah muncul beberapa kasus dimana terdapat 3 orang meninggal dan 4 orang lagi dalam kondisi sangat kritis.

  1. Bisa Ditularkan Mulai dari Cairan Tubuh

Fakta selanjutnya yaitu virus Ebola bisa ditularkan mulai dari cairan tubuh baik itu air liur, darah maupun kotoran. Cara yang efektif untuk mencegah terkena virus Ebola ini yaitu dengan menghindari melakukan hubungan tubuh dengan seorang penderita. Pasalnya, virus tersebut tidak bisa menyebar melalui nyamuk maupun udara.

  1. Dapat Menyerang pada Sistem Kekebalan Tubuh

Bagi seseorang yang telah terinfeksi, fisik seseorang akan semakin melemah. Hal ini dikarenakan virus tersebut akan dengan cepat menyebar ke seluruh tubuh dan akan dengan cepat berkembang biak. Dari hal tersebut tentu akan mengakibatkan pendarahan pada beberapa organ tubuh yang kemudian menjadikan beberapa organ yang terbilang sensitif tidak dapat berfungsi lagi.

  1. Penyakit Ebola Dimulai dari Gejala Flu

Perlu Anda ketahui, seseorang yang baru saja terinfeksi, mereka mula-mula terkena flu. Biasanya tanda tersebut muncul dalam waktu satu, dua, tiga minggu tergantung tingkat kekebalan tubuh masing-masing orang yang menderita. Jika akan mencapai puncaknya, gejala flu tersebut akan semakin parah. Biasanya ditandai seperti nyeri otot,mual, muntah, sakit kepala, kelelahan dan juga diare.

  1. Republik Demokratik Kongo Menjadi Negara yang Pertama Menemukan Virus Ebola

Seorang Ilmuwan bernama Peter Piot yang berasal dari Belgia, adalah seseorang yang menemukan virus Ebola pertama kalinya yaitu pada tahun 1976. Ia menemukan di kawasan yang jauh dari kota negara ini tepatnya di hutan hujan Kongo. Peter Piot memberikan nama virus tersebut karena ditemukan di sungai Ebola. Maka dari itu, semua orang menyebutnya dengan nama virus Ebola.

  1. Virus Ebola Paling Banyak Ditularkan Melalui Hewan

Siapa yang menyangka bahwa hewan menjadi penyebab penyebaran virus Ebola. Hal ini dapat diamati dari daging yang mereka makan sedangkan daging tersebut telah terinfeksi virus tersebut. Selain itu, mereka juga beranggapan bahwa kemungkinan besar, virus itu dapat cepat tersebar melalui kelelawar yang kemudian berpengaruh pada hewan lain.

 

Demikianlah ulasan yang membahas terkait fakta menarik tentang sejarah penyakit Ebola. Dari sejarah virus ini tentu memberikan pelajaran kepada kita untuk selalu waspada terhadap penyakit, terutama pada penyakit yang belum diketahui penyebabnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Scroll to Top