Inilah Fakta Menarik Tentang Penyakit Autoimun

Penyakit autoimun memang jarang diketahui, namun perlu Anda tahu bawa penyakit ini cukup berbahaya dan bisa menyerang semua kalangan dari anak-anak hingga dewasa. Sudah ada hampir 80 jenis dari penyakit autoimun.

Bahkan untuk gejalanya sendiri juga berbeda-beda seperti merasa pegal pada sendi dan jika sudah terlalu serius menyebabkan komplikasi. Jika tidak langsung ditangani dapat merusak tubuh Anda.

Penyakit autoimun adalah ketika sistem imun atau kekebalan tubuh menyerang sel yang ada pada tubuh Anda. Sampai sekarang ini belum diketahui secara pasti apakah yang jadi penyebab penyakit tersebut.

Ciri-ciri orang yang terkena autoimun tubuh merasa lemas, sering nyeri sendi, kulit ruam, demam, bengkak pada bagian wajah atau sendi, rambut mulai rontok, sering kesemutan pada kaki dan sulit untuk berkonsentrasi.

Dibalik hal tersebut ada fakta menarik mengenai penyakit autoimun, kira-kira apa saja faktanya? Yuk kita simak penjelasannya mengenai hal tersebut, secara singkat berikut ini.

 

1. Wanita Mudah Terkena Penyakit Autoimun

Ternyata penyebab kematian wanita terbanyak salah satunya karena disebabkan oleh penyakit autoimun, yang biasanya penderitanya sampai umur 64 tahun. Menurut data 80 persen penderita penyakit adalah wanita.

Mengapa kasus terbanyak menyerang wanita daripada pria? Hal ini masih menjadi pertanyaan karena belum ada yang dapat menjawab mengenai itu. Padahal bisa dibilang sistem kekebalan tubuh wanita itu lebih kuat dibandingkan pria. 

Hal ini terbukti karena pria lebih rentan terkena penyakit infeksi atau kanker, namun bisa jadi karena sistem kekebalan tubuh yang kuat menjadi lepas kendali dan menjadi penyebabnya, tentunya hal ini masih menjadi tanda tanya.

2. Faktor Genetik Dapat Mempengaruhi

Meskipun hingga saat ini belum ditemukan apa penyebabnya, autoimun juga karena faktor genetik keturunan keluarga. Jenis autoimun setiap orang memang berbeda-beda, contohnya jika ada satu yang memiliki riwayat penyakit diabetes.

Ada kemungkinan orang lainnya mengidap lupus, namun ada juga faktor lain yang dapat menjadi penyebab reaksi sistem kekebalan tubuh.

3. Terjadinya Peningkatan Penderita Autoimun

Diseluruh dunia penyakit autoimun terus mengalami peningkatan, seperti diabetes tipe 1, rematik, lupus, sklerosis ganda, dan penyakit crohn. Bahkan penyakit crohn sendiri mengalami peningkatan dalam waktu 10 hari sudah mencapai 300 persen.

Tidak hanya itu peneliti juga masih bingung untuk menemukan penyebabnya dan mengapa terus naik kasus penyakit ini. Bisa dibilang faktor genetik bukanlah faktor utamanya karena genetik tidak akan melakukan perubahan dalam jangka waktu yang cepat.

4. Ternyata Hidup Bersih Bisa Menjadi Penyebabnya

Hidup sehat memanglah dengan cara melakukan hidup bersih, namun siapa sangka ternyata hidup bersih juga memiliki dampak negatif. Dijelaskan bahwa pada hipotesis kebersihan bisa menjadi pemicu penyakit autoimun.

Lebih tepatnya, ketika lingkungan bersih, kuman tidak bisa melakukan adaptasi dengan tubuh kita. Kemudian tubuh akan merasa tidak siap hingga keracunan dan kaget saat virus penyakit menyerang tubuh.

5. Penyebab Autoimun Bisa Karena Lingkungan

Kondisi lingkungan bisa menjadi penyebab autoimun seperti paparan zat kimia, sinar ultraviolet. Produk beracun seperti rokok, pembersih desinfektan, dan cat untuk kuku dan juga karena pengaruh terjadinya perubahan cuaca yang cukup ekstrim.

Contohnya seperti orang yang berpindah ke negara bagian barat akan mengalami atau menjadi penderita autoimun sama dengan orang yang sudah bertempat tinggal lama di negara tersebut.

6. Anak Muda Bisa Terserang Rematik

Rheumatoid Arthritis atau rematik adalah salah satu jenis dari penyakit autoimun yang menyerang pada bagian sendi. Bukan hanya orang yang sudah lanjut usia saja namun anak muda yang berusia 20 tahun juga terkena.

Perlu Anda ketahui bahwa rematik ini juga dapat menyebabkan resiko terkena penyakit stroke, diabetes, jantung. Jika tidak segera mendapatkan penanganan khusus dapat mengganggu aktivitas sehari-hari.

7. Menjaga Pola Makan Bisa Mencegah Autoimun

Faktor lain yang bisa menjadi penyebabnya karena tidak menjaga pola makan seperti halnya memakan makanan berlemak tinggi, manisnya gula, atau makanan lain. Sehingga membuat sistem kekebalan tubuh menjadi rusak.

Maka konsumsilah makanan yang sehat dengan protein tinggi, sayuran, makanan mengandung omega-3, vitamin D dan makanan sehat lainnya yang memberikan efek positif pada tubuh.

 

Nah itulah fakta menarik tentang penyakit autoimun yang perlu Anda ketahui, apabila mengalami penyakit ini segera lakukan pemeriksaan sebelum semakin parah. Dan semoga penjelasan di atas dapat menambah wawasan Anda mengenai penyakit tersebut dan menjadi pengingat untuk selalu menjaga tubuh tetap sehat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Scroll to Top