Fakta Menarik Varian Virus COVID-19 Omicron

Sekarang ini telah muncul COVID-19 varian baru yang membuat dunia dan termasuk negara Indonesia kembali waspada dan juga siaga terhadap penyebaran dari COVID-19. Varian yang mempunyai nama Omicron B.1.1.529 ini yaitu termasuk varian yang paling baru dari virus COVID-19. Varian Omicron ini pertama kali ditemukan dan terdeteksi di negara Afrika Selatan.

Dan sekarang ini varian Omicron juga sudah didiskualifikasikan oleh WHO atau Badan Kesehatan Dunia sebagai VoC atau Variant of Concern. Oleh karena itu tidak ada salahnya apabila Anda mengetahui lebih lengkap fakta menarik mengenai varian Omicron ini. Maka Anda nantinya bisa menjadi lebih peduli serta waspada dengan lingkungan sekitar Anda.

Sampai saat ini para peneliti dari negara Afrika Selatan masih tetap selalu melakukan penelitian dalam hal mengetahui karakteristik dari varian terbaru COVID-19 atau varian Omicron ini. Mengapa demikian? Hal tersebut dilakukan karena agar dapat mencegah penularan dan juga penyebaran yang lebih luas di masyarakat. Berdasarkan California Department of Public Health, berikut ini merupakan fakta menarik varian virus COVID-19 Omicron.

Kecepatan dari penularannya

Dikutip dari National Institutes of Health, varian virus COVID-19 Omicron ini sangatlah menular sekali di negara Afrika Selatan. Akan tetapi hal tersebut belum lah terjadi sama pada negara yang lain.

Kemudian Collins juga kembali menambahkan bahwa di negara Afrika Selatan varian virus COVID-19 Omicron ini menyebar dengan sangat cepat. Akan tetapi sampai saat ini para peneliti masih tetap selalu melakukan penelitian tentang kecepatan penularan dari virus COVID-19 Omicron dibandingkan dengan varian seperti Delta dan juga varian lain.

Dampak paparan dari varian Omicron

WHO atau Badan Kesehatan Dunia sekarang ini tetap terus melakukan penelitian tentang dampak infeksi dari varian virus COVID-19 Omicron dalam kesehatan. Kemudian selain itu juga masih tetap selalu dilakukan penelitian apakah varian yang satu ini memberikan dampak gangguan pada kesehatan yang lebih buruk jika dibandingkan dengan varian-varian terdahulunya.

Contohnya yaitu seperti varian virus COVID-19 Delta. Dikutip dari WHO atau Badan Kesehatan Dunia, ada kenaikan angka mengenai rawat inap di negara Afrika Selatan. Akan tetapi hal seperti ini juga dapat terjadi karena terdapat faktor lain yang selain varian COVID-19 Omicron.

Gejala varian virus COVID-19 Omicron

Gejala yang akan dialami oleh pengidap varian virus COVID-19 Omicron dinilai hampir sama dengan varian sebelumnya yaitu varian Delta. Gejala tersebut dialami mulai dari tingkat yang ringan sampai dengan tingkat yang parah.

Berdasarkan pernyataan dari ketua Asosiasi Medis Afrika Selatan, bahwa gejala dari varian Omicron ini bisa dibilang ringan. Kemudian juga dapat dilakukan perawatan secara mandiri di rumah.

Walau seperti itu, Coetzee tetap selalu mengingatkan bahwa masyarakat harus tetap waspada. Mengapa demikian? Hal ini karena varian COVID-19 Omicron ini tetap memiliki risiko yang dapat menyebabkan gejala parah. Dan bahkan dapat sampai dengan kematian di kelompok orang yang rentan terhadap penyakit tersebut.

Terdapat beberapa gejala dari varian Omicron yang harus selalu Anda waspadai. Berikut gejala-gejala tersebut.

  • Demam
  • Batuk
  • Badan menggigil
  • Sakit kepala atau pusing
  • Sesak nafas
  • Mengalami kelelahan yang berlebihan
  • Nyeri otot secara terus-menerus
  • Mengalami sakit tenggorokan
  • Hilangnya indra penciuman dan juga perasa
  • Flu atau pilek

Perbedaan varian virus COVID-19 Omicron dengan varian lain

Pada varian Omicron mempunyai kurang lebih sekitar 30 mutasi di protein lonjakan virus COVID-19. Dan dari kurang lebih sekitar 30 mutasi tersebut, ada sebanyak 26 mutasi yang bisa dibilang unik. Kemudian juga tidak ditemukannya di varian corona yang lain.

Perbandingan mutasi dari varian jenis Omicron dengan beberapa varian sebelumnya ini diperlihatkan oleh kepala Medis di Nference. Yaitu pada varian Alfa cuma mempunyai 4 mutasi unik, pada varian Gamma mempunyai 8 mutasi unik, pada varian Beta mempunyai 6 mutasi unik, dan untuk varian Delta mempunyai 7 mutasi unik.

Itulah tadi penjelasan mengenai fakta menarik varian virus COVID-19 Omicron. Anda dapat memahami penjelasan di atas supaya Anda lebih mengetahui tentang varian Omicron. Selain itu Anda juga tetap harus selalu waspada dan selalu menjaga kebersihan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top