Darah Kotor Menyebabkan Gatal? Ini Cara Mengatasinya

Darah bersih merupakan darah yang memiliki kandungan oksigen yang banyak, secara medis darah bersih disebut sebagai darah oksigenasi. Sedangkan darah kotor merupakan kebalikan dari darah bersih, yaitu darah yang tidak memiliki kandungan oksigen atau disebut darah deoksigenasi.

Darah kotor bukanlah penyebab jerawat maupun siklus haid, namun dapat menyebabkan penyakit kulit seperti eksim serta gatal-gatal, oleh karena itu darah kotor menyebabkan gatal, namun ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai darah kotor sebelum berasumsi bahwa penyakit Anda merupakan darah kotor. 

Fakta-Fakta Darah Kotor 

  • Darah kotor berbeda dengan menstruasi. 
  • Darah bekerja untuk membawa semua jenis bahan seperti oksigen ke seluruh tubuh. 
  • Darah bersih memiliki kandungan oksigen sebanyak 75 hingga 100 mm Hg. 
  • Darah kotor mengandung racun. 

Nah itulah keempat fakta mengenai darah kotor yang dapat Anda ketahui, selain itu Anda perlu mengetahui apa saja penyebab darah kotor. Darah kotor dapat disebabkan oleh diet yang tidak benar, mengkonsumsi makanan yang tidak sehat, tidak cukup minum air, gaya hidup tidak sehat. Apabila Anda telah melakukan beberapa hal yang dapat memicu darah kotor tersebut bisa jadi Anda memiliki darah kotor. 

Darah kotor menyebabkan gatal, dapat Anda atasi dengan cara membersihkan darah melalui menjaga makanan, serta gaya hidup yang lebih sehat. Berikut beberapa cara yang dapat Anda coba apabila darah kotor menyebabkan gatal pada tubuh Anda. 

Cara Mengatasi Darah Kotor yang Menyebabkan Kegatalan 

Seperti yang telah penulis jelaskan, bahwa beberapa penyebab darah kotor adalah pola makan yang tidak sehat, gaya hidup yang kurang memperhatikan kondisi Kesehatan. Oleh karena itu langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah dengan cara mengubah pola makan serta gaya hidup dengan beberapa cara di bawah ini. 

  1. Minum air putih

 

Hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan meningkatkan fungsi ginjal melalui minum air putih yang cukup. Selain itu minum air putih yang cukup dapat menjaga tubuh Anda selalu terhidrasi. 

 

Kebutuhan air untuk setiap orang tentu berbeda-beda, namun Anda dapat mengikuti kebutuhan minimal umumnya, yaitu sebanyak 8 gelas air putih sehari. Namun apabila Anda melakukan aktivitas berat seperti olahraga atau aktivitas di luar rungana yang sekiranya dapat membuat Anda dehidrasi Anda tentu memerlukan lebih banyak cairan. 

 

  1. Melakukan detoks 

Cara kedua yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan rasa gatal karena darah kotor adalah dengan detoksifikasi. Caranya mudah saja, Anda dapat meminum jus buah dan sayur setiap pagi sebelum sarapan, atau minum cuka apel yang telah dicampur air hangat. Melakukan detoks akan membuat tubuh Anda terasa lebih ringan karena racun-racun dalam tubuh akan dikeluarkan Bersama feses. Pembuangan racun tersebut juga dapat mengobati kegatalan yang disebabkan oleh darah kotor. 

 

  1. Melakukan terapi bekam

 

Cara selanjutnya adalah dengan mengeluarkan darah kotor dengan bekam. Terapi bekam adalah salah satu prosedur di mana terapis akan memompa titik khusus pada badan Anda dan mengeluarkan darah kotor melalui tube yang telah dipasang di permukaan kulit. 

 

  1. Mengkonsumsi sayuran cruciferous 

 

Anda dapat mengkonsumsi sayuran cruciferous, seperti brokoli, kol, kembang kol, kubis brussel dan lain sebagainya. Sayuran-sayuran tersebut memiliki kandungan antioksidan yang tinggi serta dapat mengurangi resiko kanker. Sayuran cruciferous juga dapat membantu penderita penyakit ginjal agar cepat sembuh. Selain itu sayuran tersebut dapat membantu mengatasi darah kotor menyebabkan gatal di tubuh Anda.

 

  1. Mengkonsumsi berbagai macam buah berry

 

Anda dapat mengkonsumsi macam-macam buah berry, seperti blueberry dan cranberry. Buah berry memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga dapat membantu proses detoks pada tubuh Anda secara alami. Selain itu kandungan pada buah berry dapat membantu meringankan darah kotor menyebabkan gatal. 

Kelima cara untuk mengatasi darah kotor menyebabkan gatal tersebut dapat Anda coba. Hal penting yang perlu Anda perhatikan adalah menjaga pola makan, menjaga tubuh agar tidak dehidrasi serta tidak memakan terlalu banyak dan terlalu sering junk food. Apabila keluhan gatal tidak kunjung sembuh, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top