Cara untuk Membuat Surat Lamaran Pekerjaan dalam Bahasa Inggris Beserta Contohnya

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan surat lamaran kerja bukan? Surat lamaran kerja ini biasanya dibuat saat akan melamar sebuah pekerjaan atau profesi pada suatu perusahaan atau lainnya. Dengan adanya surat lamaran kerja akan mempermudah perusahaan untuk menyeleksi kandidat yang akan melamar kerja.

Pada saat ini sudah ada banyak perusahaan asing yang di bangun di negara kita, sisi baik di bangunnya perusahaan tersebut dapat mengurangi jumlah pengangguran yang ada di Indonesia. Anda juga mendaftarkan diri sebagai karyawannya.

Namun biasanya para kandidat akan diperintahkan membuat surat lamaran dalam bentuk bahasa inggris sebagai salah satu persyaratan agar bisa diterima menjadi karyawan. Salah satu cara termudah yaitu dengan jasa penerjemah dalam membuat lamaran pekerjaan berbahasa inggris.

Namun, jika Anda masih ingin tahu bagaimana cara membuatnya, tenang saja kami akan memberitahukan Anda cara untuk membuat surat lamaran pekerjaan dalam bahasa inggris beserta contohnya. Simaklah ulasan singkatnya berikut ini.

 

Cara untuk Membuat Surat Lamaran Pekerjaan

1. Perhatikan untuk Tata Bahasanya ( Grammar )

Dalam menulis surat lamaran dalam bahasa inggris tata bahasa yang digunakan berbeda dengan pembuatan surat lamaran kerja biasanya. Jika yang digunakan berbeda kata sedikit atau terbalik penempatannya maka artinya akan ikut berubah, jadi hal ini perlu diperhatikan agar penulisan bahasa inggris Anda benar dan tidak salah kata.

Hal ini cukup penting karena menyangkut tata bahasa yang digunakan sudah tepat dan sopan atau tidak, sekaligus dapat mempengaruhi nilai Anda saat lamaran kerja sedang dikoreksi.

2. Membuat Surat Lamaran Harus Singkat dan Jelas

Sama halnya saat membuat surat lamaran kerja dalam bahasa indonesia, lamaran kerja dalam bahasa inggris juga harus dibuat dengan singkat, padat dan jelas agar HRD yang membaca surat lamaran Anda tidak bingung apa dengan maksud dan tujuan melamar kerja di perusahaan tersebut.

Pastikan Anda tidak terlalu bertele-tele cukup dibuat singkat saja namun jelas dalam maksud dan tujuannya. Sehingga dalam menyeleksi akan dibaca dengan mudah. Surat lamaran kerja yang terlalu panjang akan memberikan kesan membosankan untuk dibaca, karena bukan hanya Anda yang mendaftar pasti ada banyak kandidat lainnya.

3. Awali dengan Pembuka Menggunakan Bahasa Inggris

Ada dua jenis pembukaan surat yang dapat Anda buat bisa langsung menuju ke inti dari mengapa surat tersebut dibuat ( to the point) atau perlu melakukan basa-basi terlebih dahulu. Seperti ini contohnya:

  • Langsung ke Inti Surat

Dear Madam/Sir

I am writing this letter to ask about job vacancies that are open regarding the position offered by your company. That your company is looking for a secretary, which you have advertised on December 10, 2022

Translate :

Nyonya/Tuan yang terhormat

Saya menuliskan surat ini untuk menanyakan lowongan kerja yang dibuka terkait posisi yang ditawarkan oleh perusahaan Anda. Bahwa perusahaan Anda sedang mencari sekretaris, yang telah Anda iklankan pada 10 Desember 2022

  • Menggunakan Basa-Basi

How are you? I hope you are in good condition. First allow me to introduce myself. My name is Rudy Hasan

Translate :

Apa kabar? Saya harap Anda dalam keadaan yang baik baik saja. Sebelumnya perbolehkan saya untuk memperkenalkan diri. Nama saya Rudi Hasan

4. Isi Surat Menggunakan Bahasa Inggris

Pada bagian isi surat, jelaskan maksud dan tujuan Anda terkait dibuatnya surat tersebut. Bagi Anda yang baru lulus atau fresh graduate bisa memasukan prestasi yang pernah Anda raih saat masih sekolah atau organisasi yang pernah diikuti. Karena hal tersebut dapat menambah nilai saat seleksi.

Dan teruntuk Anda yang pernah memiliki pengalaman di perusahaan sebelumnya, juga bisa dicantumkan. Sekaligus tambahkan juga kemampuan atau skil yang Anda miliki pada surat lamaran kerja tersebut.

5. Tutup Surat Menggunakan Bahasa Inggris

Selanjutnya untuk tahap terakhir ada bagian penutup surat, Anda bisa menuliskan minat atas ketertarikan melamar pada perusahaan tersebut. Hal terpenting yang tidak boleh dilupakan Anda perlu menuliskan nama lengkap dan tanda tangan pada akhir surat.

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris

Semarang, 15 December 2022

Attention to :
Hiring secretary
DCA Company
Gunung Pati, Semarang
Dear Madam/Sir

I am writing this letter to ask about job vacancies that are open regarding the position offered by your company. That your company is looking for a secretary, which you advertised on December 10, 2022

I believe that I have fulfilled all the requirements given by your company. As a recent graduate majoring in office administration from Semarang University. I have a lot of extensive knowledge about how to operate, manage, and manage the company properly. And I have internship experience at PT archipelago for 6 months.

The letter I made has outlined all my qualifications in detail. I will appreciate and take advantage of the opportunities that will be given to me. I will wait for good news from you. Thank you

Sincerely,

Rudi Hasan

Nah, seperti itulah cara untuk membuat surat lamaran pekerjaan dalam bahasa inggris beserta dengan contohnya. Ikuti langkah-langkahnya bagi yang akan membuat surat lamaran kerja agar penulisannya baik dan benar.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Scroll to Top