Cara Meningkatkan Daya Ingat

Tahukah Anda, bahwa daya ingat akan semakin menurun seiring bertambahnya usia? Lihatlah lingkungan di sekitar Anda, termasuk kakek nenek Anda. Daya ingat mereka pasti lebih rendah dibandingkan kita para anak-anak dan remaja.

Tidak hanya faktor usia, namun faktor lain juga dapat mempengaruhinya, salah satunya yaitu faktor genetik (keturunan). Jika Anda ingin meningkatkan daya ingat secara alami, maka pola makan dan gaya hidup sehat perlu diterapkan di sini.

Berikut cara meningkatkan daya ingat ala Health Line:

  1. Kurangi Asupan Gula

    Kebanyakan mengonsumsi makanan/minuman dengan kandungan gula yang tinggi, dapat menyebabkan diabetes yang selanjutnya akan berpengaruh pada daya ingat Anda. Pengaruhnya akan menurunkan daya ingat hingga dapat mengurangi volume otak.

  2. Jaga Berat Badan Ideal

    Mempunyai berat badan yang sangat  ideal adalah keinginan semua orang. Mempertahankan berat badan ideal dapat meningkatkan daya ingat seseorang. Orang yang mempunya berat badan lebih atau obesitas juga tidak baik, atau berpengaruh negatif  terhadap otak manusia.

    Orang yang memiliki obesitas mempunyai resiko tinggi terserang penyakit. Yaitu penyakit alzheimer dan penyakit progresif. Dimana, tingkat penyakit ini dapat membahayakan dan menghancurkan fungsi memori di otak.

  3. Konsumsi Minyak Ikan

    Minyak ikan mempunyai kandungan asam lemak yang dapat meningkatkan daya tahan ingat lebih kuat. Minyak ikan ini mengandung omega 3 seperti EPA(eicosapentaenoic) dan DHA(docosahexaenoic) yang mempunyai peran penting bagi otak.

    Selain dapat meningkatkan daya ingat otak, manfaat lain yang bisa diperoleh dari minyak ikan yaitu memelihara jantung dan dapat mencegah depresi.

  4. Memperhatikan kualitas tidur

    Tidur memiliki peran sangat penting dalam mengkonsolidasi memori. Konsolidasi memori adalah cara untuk meningkatkan daya ingat.

    Seperti jelas penulis studi Matthew Walker, PhD yaitu studi menjelaskan dan menunjukan bahwa disaat tidur bisa membantu seseorang agar dapat meningkatkan kinerja mereka dari tugas-tugas memori.

  5. Memilih makanan yang mengandung antioksidan

    Memilih dan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan bisa juga membantu meningkatkan daya ingat. Contoh makanan yang kaya akan antioksidan adalah buah yang bermacam-macam warna, teh hijau, sayuran dan lain sebagainya.

    Menu makanan yang baik dapat meningkatkan daya ingat seseorang. Dan juga makanan yang baik bisa memperlancar peredaran darah yang menuju otak.

  6.  Lakukan Meditasi

    Disini, meditasi dapat menenangkan pikiran dan diri Anda, mengurangi stress, dan meningkatkatkan daya ingat otak.

    Badan sel neuron dikandung oleh materi yang berwarna abu-abu. Semakin bertambah usia maka sel abu-abu tersebut semakin menurun, inin akan berdampak pada daya ingat seseorang. Teknik meditasi ini dapat meningkatkan daya ingat dengan jangka waktu yang pendek mulai dari usia 20 tahun hingga 60 tahun keatas atau lansia.

  7. Konsumsi Vitamin D

    Mengonsumsi vitamin merupakan hal yang baik untuk menjaga kesehatan, terumata mengonsumsi vitamin D untuk meningkatkan daya ingat. Studi mengatakan bahwa mempunyai vitamin D kurang dari 20 nanogram/ml memiliki daya ingat yang lebih rendah dari mereka yang mempunyai vitamin D normal.

  8. Kurangi Konsumsi Minuman dan Makanan Beralkohol

    Mengkonsumsi alkohol menjadi salah satu faktor penyebab terganggunya sistem pada ingatan. Hal ini dapat menyebabkan defisit pada memori. Kenapa alkohol menyebabkan defisit memori? Karena alkohol menunjukkan neurotoksik di otak.

    Keseringan minum alkohol dapat merusak hippocampus. Apa itu hippocampus? Hippocampus adalah bagian dari otak yang memiliki peran sangat penting didalamnya. Jadi, hindari mengkonsumsi alkohol agar daya ingat Anda menjadi normal dengan cara alami ini.

  9.  Latihan Mindfulness

    Keadaan mental dimana tetap fokus saat situasi yang sedang dialami, terjaga kesadaran perasaan dan lingkungan disebut Mindfulness. Mindfulness dipercaya efektif sekali dalam menurunkan daya ingat serta konsentrasi.

    Mindfulness juga digunakan dalam meditasi, namun meditasi dan mindfulness tidak sama. Karna meditasi yaitu praktik lebih formal sedangkan mindfulness yaitu kebiasaan yang bisa digunakan di dalam semua situasi.

Diatas merupakan beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan daya ingat otak Anda dengan cara alami, tanpa efek samping dan tentunya aman untuk tubuh. Lakukan cara diatas dengan rutin ya, agar manfaat dari cara tersebut dapat anda rasakan. Salam sehat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top