mengenal sambiloto

Cara Mengolah Sambiloto Menjadi Obat Covid yang Enak Dikonsumsi

Untuk beberapa orang mungkin masih asing dengan daun sambiloto. Tetapi bagi sebagian orang yang menyukai dunia herbal, daun sambiloto telah dipercaya sejak lama sebagai sesuatu yang dapat menyembuhkan beragam jenis penyakit.

Termasuk salah satunya penyakit covid-19 yang sedang melonjak terkhususnya di Indonesia. Nah pada artikel kali ini akan membahas bagaimana cara mengolah daun sambiloto untuk dijadikan obat covid yang enak dikonsumsi.

Apa itu Sambiloto?

Sambiloto adalah daun yang mempunyai nama lain yaitu Andrographis Paniculata yang berasal dari Asia Selatan, misalnya India dan Sri Lanka serta tumbuh dengan baik di Indonesia. Dalam daun sambiloto mengandung flavonoid, alkaloid, saponin, dan tanin. Sambiloto pun mempunyai zat seperti panikulin, hablur, lakton kuning, dan kalmegin. Berkat berbagai kandungan yang bermanfaat, sambiloto sering kali dimanfaatkan untuk memelihara dan menjaga daya tahan tubuh.

Morfologi Sambiloto

Daun sambiloto adalah daun tunggal dan letaknya yang saling berhadapan. Daunnya menyerupai pedang atau lanset hingga bentuk lidah tombak. Tepi daunnya merata atau integer dan permukannya sangat halus. Bewarna hijau dan mempunyai panjang kurang lebih sekitar 2-7 cm dengan lebar kurang lebih 1,5-3 cm, daun sambiloto ini memiliki pertulangan menyirip. Daun sambiloto sangatlah rapuh dan tipisserta tidak memiliki rambut. Pada bagian bawah permukaaan daun terlihat bewarna hijau pucat dan pada bagian tangkainya pendek.

Manfaat & Khasiat Daun Sambiloto

Berikut ini manfaat dan khasiat yang diberikan dari daun sambiloto.

  1. Mencegah Diabetes

Didalam daun sambiloto terdapat kandungan A. paniculata yang dapat menurunkan kadar glukosa, dan trigliserida, serta kolestrol LDL. Efek yang diakibatkan dari senyawa andrographolide aktif yang diketahui ada pada A. paniculata mempunyai sebuah efek hipoglikemik dan hipolidemik. Efek inilah yang dianggap mampu membantu untuk mencegah penyakit diabetes.

  1. Menyembuhkan Flu dan PIlek

Manfaat lain daun ini adalah dapat menangani gejala pilek. Menurut beberapa penilitian membuktikan ekstrak daun sambiloto yang dikombinasikan dengan ekstrak ginseng Siberia bisa menghentikkan gejala flu dan pilek dalam 2 hari.

  1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Mengkonsumsi daun sambiloto dengan teratur bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh karena tanaman ini bersifat imunostimulan, yaitu meningkatkan kinerja oragan yang berhubungan dengan sistem kekebalan.

  1. Menyembuhkan Infeksi

Pada tumbuhan sambiloto mempunyai sifat antibakteri dan antivirus serta antiparasit yang membuatnya bisa memulihkan penyakit infeksi seperti sinusitis. Sambiloto membantu mencegah proses bakteri yang menimbulkan sinusitis menempel pada bagian lapisan sinus anda.

  1. Radang Usus

Dalam study ditemukan mengkonsumsi ekstrak daun sambiloto setiap hari selama delapan minggu bisa meminimalisir tingkat keparahan gejala radang usus.

  1. Mencegah Penyakit Jantung

Tanaman ini dipercaya dapat meningkatkan kesehatan jantung dan juga bisa mencegah pembentukan dari gumpalan darah serta bisa membantu untuk memecah gumpalan darah. Selain itu tanaman ini mampu membantu melancarkan peredaran darah dan mencegah dari penyakit jantung.

  1. Asam Urat

Karena mengandung flavonoid yang mampu menurunkan kadar asam urat sambiloto digunakan sebagai obat herbal bagi penderita asam urat.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Sambiloto bisa melebarkan pembuluh darah kemudian membuat aliran darah menjadi lancar dan menjaga tekanan darah tetap stabil. Jika sedang menjalani pengobatan tekanan darah tinggi, karena dapat menimbulkan efek samping penurunan tekanan darah secara drastis.

Cara Mengolah Sambiloto

Berikut ini resep meracik sambiloto untuk meningkatkan imun tubuh supaya mencegah covid-19

Bahan:

  • Sambiloto kering 3 gr
  • Madu 1 sdm
  • Air 1 gelas

Tahapan Pembuatan:

  1. Pertama rebus semua bahan sampai tersisa sekitar 1/4 gelas.
  2. Saring rebusan dari daun
  3. Kemudian tambahkan madu untuk air rebusan sebleum diminum.

Aturan Minum Sambiloto

Racikan diatas dapat dibuat dua kali dalam sehari dengan kondisi tubuh dalam keadaan sehat dan tiga atau empat kali dalam sehari jika dalam kondisi tubuh yang kurang fit atau sedang dalam kondisi menjalankan isolasi mandiri dirumah.

Perlu diperhatikan bahwa tidak disarankan mengkonsumsi sambiloto dalam jangka waktu yang panjang atau dalam dosis yang terlalu tinggi dikarenakan menimbulkan efek samping berbahaya, misalnya seperti kerusakan hati. Tidak dianjurkan juga dikonsumsi bagi ibu hamil dan ibu menyusui serta dalam kondisi medis tertentu. Selain itu, tidak dianjurkan untuk dikonsumsi bersama obat-obatan karena dapat menimbulkan efek interaksi obat.

Itulah informasi mengenai sambiloto dari apa itu sambiloto, manfaat dan khasiatnya, morfologi sambiloto, cara mengolah sambloto, sampai aturan minum sambiloto. Diharapkan artikel ini bermanfaat bagi para pembaca yang ingin mengetahui lebih lanjut tentang sambiloto.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top