Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Lepra

Tahukah Anda mengenai penyakit lepra? Penyakit ini dikenal juga dengan nama kusta atau MH (Morbus Hansen). Salah satu penyakit yang menyerang bagian kulit, jaringan kulit, bahkan sampai ke saraf.

Lepra ini penyakit yang dapat menular, jika Anda melakukan kontak kulit dengan orang yang mengidapnya, menjadi kemungkinan bisa tertular. Kusta ini juga tidak boleh diremehkan apabila dibiarkan begitu saja dapat membuat kecacatan pada tubuh.

Jangan salah penyakit lepra ini tidak memandang tua maupun muda, wanita maupun pria, karena semua bisa tertular. Pada mulanya kusta ini seperti panu dan gatal pada tubuh, dan gejala umum lainnya rambut rontok, ada benjolan pada bagian wajah.

Jika Anda tertular segera lakukan pengobatan untuk mencegahnya, sebelum menjadi lebih parah. Bahkan sampai saat ini vaksin untuk mencegah penyakit lepra belum ditemukan. Karena mudah menular Anda perlu melakukan pencegahan yang tepat.

Lalu bagaimana cara mencegah dan mengobati penyakit lepra? Nah, Anda perlu memperhatikan beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegahnya. Ayo simak ulasannya berikut.

 

Cara Mencegah Penyakit Lepra

 

Perhatikan Daya Tahan Tubuh

Langkah awal yang perlu dilakukan dengan menjaga daya tahan tubuh Anda untuk selalu dalam keadaan baik dan sehat. Pola makan dan istirahat perlu diperhatikan dengan tidak mengkonsumsi makanan sembarangan, waktu tidur yang baik harus terpenuhi.

Selain itu, Anda juga perlu melakukan olahraga secara rutin agar tubuh tetap bugar seperti 3 kali dalam seminggu dan terhindar dari penyakit. Minumlah vitamin yang bagus untuk menambah stamina tubuh.

 

Jangan Bepergian ke Wilayah Wabah Lepra

Apabila Anda ingin berlibur atau jalan-jalan ke luar negeri pastikan negara yang dikunjungi tidak memiliki riwayat kasus penyakit lepra atau kusta, agar tidak tertular. Bahkan negara kita sendiri juga menjadi salah satu negara yang memiliki kasus lepra cukup banyak

Berikut ini beberapa nama negara yang tercatat oleh WHO tentang laporan penyakit lepra hingga 1.000 kasus pada tahun 2011 sampai 2015 :

Wilayah Asia : India, Filipina, Myanmar, Bangladesh, Nepal dan Indonesia.
Wilayah Amerika : Brazil.
Wilayah Afrika : Nigeria, Madagascar, Mozambique, Tanzania, Ethiopia, dan Congo.

 

Harus Adanya Ventilasi Pada Rumah atau Tempat Kerja

Penyakit ini dapat menular dan kumannya mampu bertahan dalam tubuh selama 24 jam bahkan bisa lebih, karena tergantung pada suhu tempatnya. Kuman akan cepat mati dan hilang apabila suhunya panas.

Dan sebaliknya juga suhunya lembab maka kuman akan betah menempel pada tubuh manusia. Anda perlu memperhatikan lubang ventilasi pada rumah atau tempat bekerja agar terpapar sinar matahari.

 

Apabila Ada Keluarga yang Terkena, Ingatkan Minum Obat

Selanjutnya jika salah satu keluarga Anda terinfeksi penyakit lepra, segara lakukan pengobatan yang tepat untuk mencegah penyakit semakin parah. Karena akan menyebabkan kematian dan kecacatan apabila tidak segera ditangani.

Ingatkan agar selalu meminum obat secara rutin agar penyakit kusta bisa sembuh dengan cepat. Lakukan pengecekan atau kontrol secara rutin untuk melihat perkembangannya apakah sudah lekas membaik atau sebaliknya.

 

Tetap Jaga Kebersihan dan Gunakan Masker

Jagalah kebersihan agar terhindar dari berbagai penyakit baik kebersihan diri maupun kebersihan lingkungan Anda. Selalu gunakan masker saat keluar rumah dan jika melakukan kontak dengan pengidap penyakit ini agar tidak tertular.

Jangan lupa untuk mencuci tangan setelah melakukan kontak dengan penderita penyakit lepra. Dengan menjaga kebersihan Anda akan selalu dalam keadaan baik dan terhindar dari segala penyakit yang menular.

 

Mengobati Penyakit Lepra

 

Mengobati penyakit ini dengan melakukan pengobatan untuk memutus penyebarannya, penderita diharuskan menggunakan obat antibiotik atau yang lebih dikenal dengan MDT ( Multi Drug Treatment ).

Penderita harus menggunakan obat antibiotik selama 6 bulan sampai 2 tahun pemakaian. Selain itu pastikan jenis kusta yang di alami penderita itu jenis apa, untuk menyesuaikan dosis yang dibutuhkan.

Tidak hanya dengan menggunakan atau mengonsumsi obat-obatan, bisa juga dengan melakukan pembedahan. Tujuan dilakukan pembedahan memiliki unsur yang berbeda apabila sudah menjalar ke jaringan dalam tubuh, seperti :

  • Melakukan perbaikan bentuk tubuh penderita lepra yang sudah mengalami kecacatan.
  • Mengembalikan fungsi saraf yang telah rusak.
  • Memperbaiki fungsi anggota tubuh yang telah rusak

Itulah ulasan singkatnya mengenai cara mencegah dan mengobati penyakit lepra. Segera lakukan pengobatan insentif apabila penyakit lepra sudah semakin parah dan untuk Anda yang tidak memiliki riwayat penyakit ini, segera lakukan pencegahan seperti sudah jelaskan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top
Scroll to Top