Cara Membuat Masker Lidah buaya

Lidah buaya atau aloe vera adalah tanaman dengan daging tebal yang mengandung gel, berwarna hijau dan memiliki duri di sisi samping. Lidah buaya merupakan tanaman serba guna yang kini banyak diolah menjadi berbagai macam produk kesehatan maupun kecantikan. Lidah buaya mungkin akan menjadi solusi bagi kamu yang mencari bahan alami untuk merawat wajah, rambut, dan tubuh. Masker alami dari lidah buaya ini menawarkan segudang manfaat untuk merawat kulit.

Lidah buaya dapat digunakan sebagai obat dalam membantu kulitmu menjadi lebih fresh. Kali ini kita akan membahas cara membuat masker lidah buaya:

1.Masker lidah alami

Siapkan lidah buaya yang sudah dicuci bersih, kemudian kupas dan ambil daging lidah buaya yang berwarna bening. Cuci wajahmu sebelum menggunakanya supaya bersih dan mendapat hasil yang maksimal. Kemudian oleskan daging lidah buaya menggunakan kuas masker secara merata keseluruh wajah. Tunggu selama 15-20 menit supaya gel lidah buaya dapat meresap ke kulit, kemudian bilas wajahmu dengan air.

2.Masker lidah buaya, pepaya, dan bubuk kakao

Bahan-bahan yang diperlukan dalam pembuatan masker ini yaitu 1 sdm bubuk kakao, ¼ buah pepaya, dan 1 sdt gel lidah buaya. Pepaya memiliki kandungan zat likopen yang bagus untuk kulit, terlebih untuk menghilangkan bekas jerawat. Sedangkan bubuk kakao dapat melembabkan kulit wajah. Berikut cara membuat maskernya:

a.Potong pepaya menjadi beberapa bagian
b.Masukan pepaya ke dalam mangkuk, kemudian tambahkan bubuk kakao, dan gel lidah buaya.
c.Tumbuk dan campur bahan tersebut menggunakan sendok sampai halus
d.Cuci mukamu dengan bersih
e.Oleskan masker merata ke seluruh wajah 
f.Bilas wajahmu dengan air.

3.Masker lidah buaya, kunyit, dan madu

Bahan-bahan untuk membuat yaitu 1 sdm gel lidah buaya, 1 sdm madu, 1 sdt bubuk kunyit. Kunyit merupakan obat bagus untuk jerawat yang meradang, sedangkan madu menjadi antibakteri dan anti jamur. Berikut tata cara dalam membuat masker tersebut:

a.Masukan gel lidah buaya, dan madu ke dalam magkuk lalu campur sampai merata
b.Setelah tercampur tambahkan bubuk kunyit ke dalam mangkuk, lalu aduk kembali
c.Masker siap digunakan

4.Masker lidah buaya, kopi, dan gula

Langkah-langkah dalam membuat masker yang satu ini lumayan mudah. Bahan-bahan yang dipersiapkan untuk membuat masker ini adalah 2sdm gel lidah buaya, 1sdt bubuk kopi, 1sdt gula pasir. Gula berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati sedangkan kopi dapat menyamarkan lingkaran itam di bawah mata. 

Cara membuat masker ini yaitu, dengan memasukan gel lidah buaya, bubuk kopi, dan gula ke dalam mangkuk. Kemudian campur bahan tersebut supaya tercampur. Setelah semuanya tercampur masker dapat di aplikasikan ke wajahmu.

5.Masker lidah buaya dan telur

Bahanya hanya 1 butir telur dan 2 sdm gel lidah buaya. Masker ini dapat mengencangkan kulit dan menutrisi kulit wajah. Adapun cara-cara untuk membuat masker ini yaitu:

a.Campurkan gel lidah buaya dan telur ke dalam mangkuk
b.Aduk hingga bahan terasa kenyal
c.Cuci muka dan leher sebelum pengaplikasian masker
d.Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas 

6.Masker lidah buaya, susu, dan madu

Bahan yang dibutuhkan dalam membuat masker ini adalah 1 sdm madu, ½ sdm susu murni asli, dan 2 sdm gel lidah buaya. Perpaduan dari bahan tersebut dapat mengatasi inflamasi, menutrisi kulit, dan mencegah timbulnya jerawat. Berikut cara-cara untuk membuat masker ini:

a.Campurkan gel lidah buaya, madu, dan susu kedalam mangkuk atau wadah kemudian aduk hingga semuanya tercampur.
b.Bilas wajah dengan air hanggat sebelum menggunakan masker
c.Tunggu selama 15 menit
d.Kemudian bilas hingga bersih.

7.Masker lidah buaya, timun dan air mawar

Bahan yang kamu butuhkan yaitu setengah mentimun, 1 sdt air mawar, dan 2 sdm gel lidah buaya. Masker ini dapat meredakan kulit yang iritasi dan  mengatasi hiperpigmentasi. Cara-cara yang diperlukan dalam membuat masker ini yaitu:

a.Blender timun kemudian tuang ke mangkuk
b.Masukan juga gel lidah buaya dan air mawar kedalam mangkuk lalu campur
c.Bilas wajah dan kheer menggunakan air hangat
d.Aplikasikan ke wajah dan leher kemudian tunggu selama 15 menit
e.Bilas wajah dan lehermu

8.Masker lidah buaya, lemon, dan gula

Bahan yang perlu dipersiapkan adalah 2sdm gel lidah buaya, 1sdm gula, 2 sdm perasan jeruk lemon. Masker ini dapat mengatasi kulit berminyak dan dapat mengontrol produksi sebum pada kulit yang merupakan penyebab kulit berminyak. Vitamin C pada lemon dapat menghilangkan noda hitam bekas jerawat pada wajah. Untuk cara pembuatan masker ini sebagai berikut:

a.Campur gel lidah buaya, lemon dan gula pada mangkuk 
b.Oleskan pada wajah secara merata dan tunggu selama 5-10 menit
c.Bilas wajah dengan air

9.Masker lidah buaya, timun, air mawar dan yogurt

Bahan untuk membuatnya yaitu 2 sdt gel lidah buaya, 1sdm air timun, 1 sdm yogurt plain, dan 1 sdt air mawar. Untuk kulit sensitif dianjurkan menggunakan formula masker lidah buaya dan yogurt, karena yogurt dapat menjadi pembersih dengan kandungan ringan. Berikut ini langkah- langkah dalam membuat masker tersebut:

a.Campurkan bahan-bahan seperti gel lidah buaya, yogurt, air timun, dan air mawar ke dalam mangkuk 
b.Aplikasikan masker di wajah pada malam hari  
c.Tunggu selama 15 menit dan Bilas dengan air

Demikian artikel mengenai cara membuat masker lidah buaya, semoga bermanfaat.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top