Cara Memaksimalkan Digital Marketing Pada Bisnis Apotek

Dari masa ke masa, usaha atau jasa di bidang kesehatan selalu dibutuhkan semua orang. Untuk itu, banyak dari usaha perorangan/individu yang mengabdikan jasa dan bisnisnya di sektor ini. Salah satu contoh usaha di bidang kesehatan adalah pembangunan apotek.

Apotek merupakan sebuah usaha jual beli obat-obatan yang sangat dicari banyak orang. Karena biasanya, sebelum pergi mengunjungi dokter atau rumah sakit, orang-orang lebih memutuskan ke apotek terlebih dahulu.

Selain itu, fee yang diperoleh dari usaha ini sangat menjanjikan. Anda juga bisa bekerjasama dengan klinik-klinik dokter bahkan rumah sakit sekalipun. Dengan hal ini, maka dipastikan pelanggan Anda tak hanya dari orang-orang terdekat saja, tetapi Anda juga bisa menjalin kerja sama.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan untuk majunya usaha ini adalah cara pelayanannya. Dimulai dari cara pelayanan obat, branding, maupun marketing. Dilansir dari belanja.swiperxapp.com, berikut merupakan beberapa cara atau tips memaksimalkan digital marketing pada bisnis apotek:

1. Persiapan Tim Farmasi

Sebelum menuju pemasaran via digital, alangkah baiknya, Anda perlu memastikan bahwa nantinya tim farmasi pada apotek Anda akan memberikan kesan pada pembeli yang mengesankan. Misalnya dari cara pelayanan, sapaan, ataupun pada saat pembayaran.

Lakukan dan tunjukkan sikap yang positif dan memainkan taktik bagaimana cara agar menggaet pembeli tersebut untuk terus berlangganan di toko Anda.

2. Pelayanan Digital Sebagai Strategi Marketing

Di zaman sekarang ini, tentunya Anda tidak asing lagi dengan apapun yang serba online. Nah, berhubung pembahasan kali ini adalah digital marketing, maka tak jauh-jauh dari kata online.

Pelayanan online bisa Anda manfaatkan untuk memaksimalkan pemasaran dan juga branding. Contohnya adalah dengan cara membuat website khusus apotek Anda, membuat akun instagram, WhatsApp Business, dll.

Anda bisa melakukan digital pemasaran dengan memanfaatkan sosial media tersebut. Hal ini dilakukan agar pelanggan tidak hanya dari orang-orang terdekat dengan lokasi apotek Anda, tetapi Anda juga bisa menggaet pembeli dari luar kota, bahkan luar provinsi.

Tak hanya pembeli, otomatis dengan memanfaatkan sosial media sebagai pemasaran online, maka branding untuk toko apotek Anda akan semakin naik daun.  Jika tidak ingin repot, anda bisa menggunakan jasa digital marketing agency

3. Menetapkan Tujuan Marketing

Sebelum melakukan tahap marketing lebih dalam lagi, maka anda harus menerapkan dan menentukan tujuan marketing terlebih dahulu. Metode SMART dapat anda gunakan dalam menentukan tujuan ini.

Metode SMART disini anda harus menetapkan atau menentukan tujuan anda yang sifatnya spesifik, terukur, dapat tercapai, realistis, dan memiliki waktu. Contoh tujuan marketing anda adalah sebagai berikut:

• Kegiatan marketing yang dilakukan di media sosial harus mendapatkan 500 followers dalam jangka waktu 6 bulan setelah pembuatan akun dilakukan.
• Mengalami peningkatan dalam penjualan obat OTC dalam jangka waktu 3 bulan.
• Pelanggan tetap diambil dari 20 persen dari jumlah pelanggan yang baru.

Kegiatan apapun harus dilakukan sesuai dengan tujuan, mustahil hukumnya jika suatu kegiatan dilakukan tanpa tujuan akan sukses berhasil atau tidaknya. Sehingga, menerapkan dan menetapkan tujuan marketing adalah hal yang sangat penting dalam suatu bisnis. Setelah menetapkan tujuan, jangan lupa informasikan kepada seluruh tim farmasi yang bekerja di apotek anda.

4. Menonjolkan Keunggulan Layanan dan Produk Apotek

Pastikan jika anda mempromosikan sebuah produk, anda dan tim farmasi harus memiliki pemikiran bahwa anda adalah seseorang yang sudah sangat ahli di dalam bidang obat-obatan. Sehingga pasien anda sangat terbantu oleh adanya anda dan tim farmasi anda.

Latih staf farmasi anda agar dapat melayani pasien anda dengan unggul dan dapat memberikan pengertian seberapa penting peranan dirinya di dalam sebuah apotek. Anda dapat mengajarkan kepada staf farmasi anda agar dapat memberikan sampel obat secara gratis untuk tanda pengenalan obat kepada sang pasien.

Setelah memiliki cara kerja memberikan sampel gratis, maka selanjutnya anda harus menyiapkan area sesuai dengan rekomendasi staf dan standar operasional kegiatan yang tepat dan jelas. Jangan lupa menyertakan lembaran fakta untuk produk OTC yang relevan dalam pengambilan resep.

Keempat strategi awal dalam kegiatan marketing diatas setidaknya dapat membantu anda dalam memasarkan bisnis apotek. Perencanaan dalam pemilihan metode, anggaran dan marketing adalah tugas wajib untuk pemilik apotek.

Khusus untuk optimalisasi digital marketing, anda bisa menggunakan media online, social media, landing page, dan iklan digital supaya jangkauan customer anda makin luas.

Sekian informasi dari penulis, semoga dapat membantu kemajuan apotek anda

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top