radiasi wifi

Benarkah Radiasi dari Wi-Fi Bisa Merusak Kesehatan Anak?

Di era sekarang yang serba menggunakan jaringan internet, banyak orang yang memanfaatkan Wi-Fi untuk menghubungkan gadget mereka terhadap internet. Sudah banyak wifi murah 100 ribuan sebulan tetapi jaringannya tidak lemot. Selain itu dengan menghubungkannya dengan Wi-Fi, banyak sekali manfaat yang bisa didapat. Manfaat dari penggunaan Wi-Fi adalah memudahkan urusan pekerjaan yang menggunakan benda elektronik yang memerlukan jaringan internet, dapat mengakses semua aplikasi yang membutuhkan jaringan internet, dan masih banyak lagi.

Selain memberikan manfaat yang positif, namun ada dampak yang kurang baik untuk kesehatan, terutama pada anak yang dalam masa subur/menginjak masa remaja. Menurut penelitian, radiasi dari Wi-Fi bisa mengakibatkan banyak hal.

Dilansir dari suara.com, berikut beberapa akibat dari radiasi Wi-Fi yang bisa merusak kesehatan anak:

1.Penyebab Kanker Payudara

Salah satu pemicu penyakit ini adalah hal yang mungkin asing bagi Anda. Ternyata, dampak radiasi dari Wi-Fi bisa meningkatkan risiko tumor pada payudara. Hal ini biasanya terjadi karena hal sepele, contohnya meletakkan HP di dada. Namun, hal ini perlu penelitian yang lebih lanjut lagi.

2.Penyebab menurunnya kualitas sperma

Akibat radiasi Wi-Fi kali ini adalah menyebabkan turunnya kualitas sperma pada anak laki-laki. Radiasi Wi-Fi membuat proses pergerakan sperma berkurang sehinggan menyebabkan fragmentasi pada DNA. Tak hanya pada manusia, ternyata dampak ini bisa berakibat juga pada hewan.

3.Menurunkan Kesuburan

Memiliki tubuh yang subur merupakan hal yang diidam-idamkan oleh semua wanita. Banyak dari mereka melakukan cara apapun untuk menjaga kesuburannya. Akan tetapi, hal sepele yang tidak mereka sadari bisa menyebabkan turunnya tingkat kesuburan.

Radiasi Wi-Fi yang dapat mencegah terjadinya implementasi telur memungkinkan akan terjadinya kehamilan yang abnormal.

4.Menyebabkan Susah Tidur

Dikutip dari penelitian yang dilakukan di Amerika pada 2007 silam, gelombang elektromagnetik dari Wi-Fi bisa mempengaruhi gelombang otak yang menyebabkan insomnia atau susah tidur. 

5.Menyebabkan Kepala Pusing

Radiasi dari paparan Wi-Fi ternyata juga membuat kepala menjadi berat, sakit, hingga pusing. Hal ini dikarenakan radiasi tersebut mempengaruhi pola gelombang pada otak.

6.Menghambat Pertumbuhan pada Anak – anak dan Remaja

Pada tahun 2009, di Australia mengadakan dan melakukan penelitian, dan berhasil diketahui gelombang WiFI menghaisilkan frekuensi radio yang dapat memicu gangguan perkembangan sel dalam tubuh. Terutama pada ibu hamil yang dapat menyerang janin atau kandungannya. 

Selian memicu perkembanga sel yang terganggu WiFi juga dapat menghambat pertumbuhan pada anak – anak dan remaja. Oleh karena iku, memperkenalkan posel atau desktop kepada anak – anak bukan hal yang bagus untuk pertumbuhannya.

7.Sel yang Terdapat pada Tumbuhan Terhambat

Akibat terpaparnya sinyal WiFi penghambatan sel terjadi bukan hanya terjadi pada anak – anak dan remaja, tetapi juga dapat terjadi pada tumbuhan. Ini terbukti pada penelitian yang dilakukan di Denmark. 

Penelitian tersebut melakukan uji coba menanam sebuah tanaman di area yang sekiranya terpapar sinyal WiFi dengan sinyal yang kencang. Yang terjadi adalah tanaman yang ditanam di area tersebut tidak tumbuh dan berkembang secara sempurna dan maksimal.

8.Fungsi Otak Menurun

Penelitian dilakukan pada tahun 2013 dan melakukan uji coba oleh beberapa ilmuwan di Denmark, bahwa dampak radiasi 4G pada fungsi dan perkembangan otak dengan teknologi MRI yang digunakan.

Terbukti oleh penelitian dan uji coba yang dilakukan bahwa seseorang yang terpapar radiasi 4G maka fungsi, daya tahan, dan perkembangan otaknya tidak stabil atau tidak bekerja dengan maksimal.

9.Aktivitas Otak Berkurang

Penguji cobaan ini dilakukan oleh 30 orang sekarelawan, laki – laki dan perempuan. Dan hasil pengji cobaan ini enyatan bahwa manusia yang otaknya telah terpapar radiasi Wifi maka aktivitas otaknya akan berkurang sebesar 2,4GHz.

Wanita berisiko lebih rentan pengurangan aktivitas otaknya. Laki – laki pun dapat terpapar, namun dampak yang didapat tidak sebesar dampak pada wanita.

10.Beresiko Stres Pada jantung

Paparan oleh WiFi dapat mempengaruhi denyut atau detak pada jantung. Faktanya jantung berdebar lebih cepat  apabila terpapar oleh radiasi WiFi. Denyutan yang cepat ini dapat memicu terjadinya stress pada jantung.

Selain memiliki dampak negatif bagi kesehatan, namun wifi juga memiliki sisi positif yang bisa Anda dapatkan. Salah satunya adalah kemudahan dalam mengakses banyak informasi di internet dan juga berkomunikasi jarak jauh. Bagi Anda yang ingin mendapatkan manfaat positif dari wifi, Anda bisa menggunakan wifi murah 100 ribuan sebulan untuk dipasang di rumah Anda. Namun tetap perlu diperhatikan, Anda harus mengatur penggunaan jaringan wifi untuk gadget. Supaya Anda tidak mendapatkan dampak negatif dari jaringan wifi. Salam Sehat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top