6 Manfaat Video Game dari Sisi Kesehatan Untuk Anak-Anak 

Video game sering kali dianggap sebagai sumber masalah, oleh sebagian orang tua. Dan menganggap bermain video game hanya akan menghabiskan waktu dan membuat anak-anak menjadi lalai dengan tugasnya. Hal ini karena tidak sedikit anak-anak, remaja, bahkan orang dewasa yang kecanduan bermain game. Sekitar, 8,5 persen anak usia delapan hingga 18 tahun di Amerika Serikat mengalami hal tersebut, data ini dilansir dari Engadget.

Kekhawatiran orang tua akan dampak dari video game untuk anak sangatlah wajar, mengingat efek negatif yang dihasilkan, seperti kecanduan game, gangguan tidur, dan memicu perilaku kekerasan. Namun, jika dilakukan dengan tepat, video game bisa menjadi sarana pembelajaran yang menyenangkan bagi anak-anak. 

Selain dampak negatif, ternyata ada beberapa manfaat game untuk anak dari sisi kesehatan. Apa saja, yuk langsung simak pembahasan berikut ini. 

1. Membantu anak yang menderita disleksia

Disleksia merupakan sebuah gangguan belajar yang banyak dialami oleh anak-anak. Anak dengan gangguan disleksia akan mengalami kesulitan dalam membaca karena kurangnya kemampuan untuk mengidentifikasi kata-kata yang diucapkan. Ilmuwan percaya bahwa sulitnya perhatian adalah salah satu komponen dari gangguan disleksia. 

Sebuah studi menunjukan bahwa video game bisa membantu meningkatkan pemahaman membaca bagi penderita gangguan disleksia, hal ini dilansir dari Mental Floss. Ini dikarenakan permainan tersebut membutuhkan fokus yang intens sehingga memancing mereka untuk lebih konsentrasi. 

2. Video game bisa meredakan rasa sakit

Cara yang umum dilakukan untuk mengalihkan diri dari rasa sakit adalah dengan mengalihkan perhatian ke hal yang lain. Salah satunya adalah melalui video game. Ketika sistem kognitif kita pada fokus permainan, maka tubuh tidak akan memperhatikan rangsangan eksternal seperti suara, bau, serta rasa sakit, ungkap laman Reader’s Digest. Tidak hanya itu saja, dilansir dari Mental Floss game juga bisa menghasilkan respons analgesik atau penghilang rasa sakit pada korteks.

3. Melatih kemampuan untuk menyelesaikan masalah

Manfaat video game untuk anak secara tidak langsung adalah bisa melatih kemampuannya untuk menyelesaikan masalah. Hal ini dikarenakan untuk menyelesaikan  permainan  game, anak haruslah menyusun rencana, dan mencoba cara yang berbeda supaya bisa terus maju, serta harus  menentukan keputusan dengan cepat dan tepat di waktu yang tidak terlalu lama.

4. Menambah pengetahuan baru

Nyatanya pengetahuan tidak hanya bisa didapatkan lewat buku pelajaran saja. Beberapa konten video game justru juga memberikan informasi tentang berbagai hal seperti budaya, geografi, sejarah suatu negara, jenis-jenis makhluk hidup, atau pengetahuan umum tentang benda-benda di luar angkasa. Hal ini yang kebanyakan tidak disadari oleh para orangtua, karena justru ini akan mendorong minat anak, untuk mencari tahu lebih lanjut tentang informasi yang menarik minatnya itu.

5. Tetris bisa meredakan trauma

Game klasik tetris ternyata  tidak hanya berfungsi untuk mengisi waktu luang saja. Sekelompok peneliti membuktikan bahwa tetris bisa membantu mengatasi rasa trauma pada seseorang. 

Mereka meminta 37 pasien kecelakan lalu lintas untuk bermain tetris selama 20 menit, sedangkan 34 pasien lain tidak ikut bermain. Hasil menunjukan bahwa pasien yang bermain tetris memiliki ingatan traumatis hingga 62 persen lebih sedikit daripada yang tidak bermain. 

6. Video game bisa meningkatkan keseimbangan pada anak multiple sclerosis

Multiple sclerosis merupakan kelainan pada kondisi imun yang mempengaruhi sel saraf pusat yaitu tulang belakang dan otak. Karena menyerang sistem saraf, maka seringkali pasien mengalami masalah pada keseimbangan. 

Sebuah studi yang dilansir dari Mental Floss menunjukkan bahwa adanya efek terapi dari video game pada pasien multiple sclerosis. Mereka yang sering bermain game mengalami peningkatan pada keseimbangannya. Hal ini karena permainan bisa membantu seseorang untuk beraktivitas fisik.

Rekomendasi Video Game untuk Anak

Setelah membahas tentang manfaat yang dihasilkan oleh video game untuk anak dari sisi kesehatan. Berikut ini ada beberapa rekomendasi video game untuk anak, yang bisa menjadi referensi pilihan untuk buah hatimu.

1. Pet Bingo by Duck Duck Moose

Duck Duck Moose adalah pengembang game yang membuat game dengan nama pet bingo. Game ini adalah game pendidikan matematika yang ditujukan untuk anak-anak yang berusia mulai dari 5-10 tahun. Anak-anak bisa belajar penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian di game ini dengan cara yang fun.

Tokoh animasi yang menggemaskan dan game yang colorful membuat anak-anak menjadi betah untuk bermain. Dengan visual yang menarik, belajar matematika tidak lagi menjadi beban dan tentunya malah menjadi menyenangkan. 

2. Toca kitchen 2

Toca kitchen 2 adalah game sempurna untuk mengajarkan anak-anak memasak, dengan karakter yang lucu serta unik. Anak-anak bisa bermain dengan karakter lain yang ada di game untuk membuat masakan sesuka hati mereka. Biarkan anak-anak untuk mencampur semua bahan yang ada dan menciptakan resep original khas mereka sendiri. Di dalam game ini, juga tersedia alat-alat dapur beserta makanan dan bumbu yang bisa dikreasikan sesuai dengan kreativitas anak. 

3. Puzzle kids

Puzzle kids adalah game yang dibuat oleh RV AppStudios, dan paling cocok dimainkan untuk anak usia di bawah 5 tahun. Ada banyak sekali sisi positif dari bermain puzzle untuk anak-anak, salah satunya adalah meningkatkan kemampuan spasial dan visual anak. 

Untuk bermain game ini anak-anak hanya perlu menyeret dan menaruh potongan puzzle di tempat yang tepat. Level game juga bisa disesuaikan dari yang paling mudah hingga yang paling sulit. Puzzle bisa meningkatkan konsentrasi dan kemampuan kognitif anak. 

Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat video game untuk anak dari sisi kesehatan dan rekomendasi game untuk anak. Semoga bisa menjadi referensi pilihanmu. Untuk Anda yang ingin mencari berita terkini dan terupdate yang ada di sekitar, Anda bisa mengunjungi Viral Video Tiktok. Website ini berisikan beragam informasi terpopuler, terbaru dan terupdate yang ada di sekitar Anda. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top