cara memutihkan kulit

5 Cara Memutihkan Kulit Dengan Bahan Alami Yang Mudah Didapat

Di jaman seperti sekarang ini sudah ada banyak produk pencerah warna kulit. Kita boleh saja menggunakan produk-produk tersebut, akan tetapi menggunakan bahan alami yang mudah didapat juga tidak salah. Selain mudah didapat dan pastinya aman, Anda juga tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak.

Meski tergolong aman, akan tetapi Anda juga harus melakukan uji coba lebih dulu untuk memastikan adanya reaksi alergi atau tidak. Bila kulit Anda cocok maka penggunaan bahan alami tersebut bisa dilanjutkan.

Kandungan nutrisi pada bahan alami selain dapat memutihkan kulit juga dapat menjaga kesehatan kulit. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak beberapa cara memutihkan kulit dengan bahan yang mudah didapat berikut :

  1. Memutihkan Kulit dengan Lemon

Kandungan zat asam dan vitamin C yang tinggi pada lemon selain menyehatkan juga berpengaruh terhadap warna kulit. Dan sudah bukan rahasia lagi kalau lemon telah lama digunakan untuk memutihkan kulit. Selain dapat membersihkan sel kulit mati, nutrisi yang terkandungnya juga mampu menyamarkan noda hitam.

Pengaplikasiannya juga sangat mudah, Anda cukup mengoleskan air lemon pada kulit dan diamkan selama 10 – 15 menit setelah itu bilas menggunakan air hangat. Dapatkan kulit yang putih dan cerah maksimal dengan penggunaan yang teratur.

  1. Memutihkan Kulit dengan Putih Telur

Bahan alami selanjutnya yang sudah tidak diragukan lagi adalah putih telur. Selain dapat mencerahkan dan memutihkan kulit, putih telur juga bermanfaat untuk mengurangi produksi minyak alami yang berlebih. Jadi bahan ini dapat digunakan pula untuk mengatasi jerawat dan cocok untuk Anda yang punya masalah minyak berlebih pada kulit.

Untuk pengaplikasiannya pertama-tama pisahkan dulu kuning dan putih telur, kemudian hingga berbusa. Aplikasikan pada kulit selama 10 – 15 menit, bila sudah maka bilas menggunakan air. Penggunaan secara rutin dapat memaksimalkan dan mencerahkan warna kulit Anda.

  1. Memutihkan Kulit dengan Pisang, Lemon, dan Madu

Bahan alami perpaduan pisang, lemon dan madu juga sangat ampuh dalam meutihkan warna kulit. Ketiga bahan ini sudah lama digunakan sebagai bahan pemutih kulit secara alami. Kandungan vitamin C, E dan A pada ketiga bahan ini mampu meratakan tekstur kulit dan menyamarkan noda hitam.

Tidak hanya itu, ketiga bahan ini juga mampu menjaga elastisitas kulit sehingga dapat menghindarkan tanda penuaan dini berupa garis halus. Cara pengaplikasiannya Anda cukup mencampurkan 1 sdt madu, air lemon dan pisang yang sudah dihaluskan lebih dulu. Setelah ketiga bahan tersebut tercampur kemudian aduk dan haluskan hingga merata. Aplikasikan pada wajah dan tunggu selama kurang lebih 15 menit kemudian bilas menggunakan air bersih.

  1. Memutihkan Kulit dengan Masker Bengkoang

Buah yang satu ini bukan merupakan bahan yang asing lagi dalam memutihkan warna kulit baik tangan maupun kaki. Selain dapat dikonsumsi, bahan alami ini juga dapat digunakan sebagai masker atau lulur untuk memutihkan kulit. Bahkan banyak produk-produk kecantikan yang menggunakan bahan alami yang satu ini. Untuk pengaplikasiannya, Anda bisa mencoba cara berikut :

  • Pertama siapkan buah bengkoang alami yang masih segar agar nutrisi yang terkandungnya masih terjaga untuk memutihkan kulit.
  • Kemudian parut dan kumpulkan hasil parutan buah bengkoang dalam satu wadah.
  • Diamkan selama kurang lebih 1 jam hasil parutan tersebut agar ekstraknya mengendap.
  • Apabila sudah mengendap maka ekstrak sari bengkoang ini sudah dapat digunakan. Anda bisa menggunakannya sebagai masker atau scrub dengan dicampur gula pasir maupun pasir laut yang bersih.
  • Setelah diaplikasikan, diamkan lebih dulu selama 30 menit agar ekstrak bengkoang tersebut meresap ke pori-pori kulit.
  • Bila sudah, bilas menggunakan air bersih. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Sekedar saran, sebaiknya Anda melakukannya pada malam hari agar lebih maksimal dalam memutihkan kulit.

  1. Memutihkan Kulit dengan Lulur Beras

Cara memutihkan kulit dengan bahan yang mudah didapat selanjurnya adalah menggunakan lulur beras. Bahan alami ini disebut sangat efektif untuk memutihkan tangan dan kaki. Berikut cara menjadikan beras menjadi lulu dan pengaplikasiannya :

  • Pertama siapkan beras putih yang sudah dibersihkan lebih dulu sebanyak 5 sendok atau sesuai kebutuhan. Selain itu siapkan pula air atau susu murni bila ada.
  • Siapkan alat giling yang bersih, wadah dan sendok.
  • Beras yang sudah disiapkan digiling hingga halus lebih dulu dan masukkan ke dalam wadah. Setelah itu campurkan dengan air atau susu yang telah disiapkan sebelumnya.
  • Oleskan dan gosok secara perlahan ke seluruh permukaan kulit tubuh secara merata. Diamkan bahan alami ini selama 1 jam atau lebih.
  • Terakhir bilas menggunakan air hingga bersih, Anda dapat melihat perbedaannya setelah memakainya.
  1. Memutihkan Kulit dengan Buah Alpukat

Secara alami buah alpukat bermanfaat untuk menjaga dan melindungi kulit dari keriput serta mencegah penuaan dini. Kandungan vitamin E pada alpukat mampu mencegah penuaan dini karena radiasi sinar matahari. Selain itu kandungan vitamin C pada alpukat akan merangsang pembentukan elastin dan kolagen yang akan membuat kulit tetap kenyal. Untuk mengaplikasikannya kita ikuti langkah-langkah berikut :

  • Siapkan buah alpukat dan haluskan hingga lembut
  • Aplikasikan dengan mengoleskan pada wajah hingga merata
  • Diamkan kurang lebih selama 25 menit
  • Terakhir, bilas menggunakan air hingga bersih

Meskipun mudah didapatkan dan mudah diaplikasikan, penggunaan bahan alami ini juga butuh pengaplikasian secara rutin. Setiap produk kecantikan maupun bahan alami tersebut tentu butuh waktu untuk bisa memutihkan kulit Anda. Karenanya lakukan secara rutin hingga mendapatkan hasil yang diinginkan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top