Menyembuhkan Bipolar dengan Cara Herbal dan Alami

Tahukah Anda tentang penyakit bipolar? Penyakit bipolar merupakan gangguan yang berhubungan dengan mood atau suasana hati seseorang. Gangguan ini menyerang mulai dari depresi sampai tertekan panik. Seseorang dapat mengidap penyakit ini jika mengalami stress berat pada masa muda. Banyak orang yang mengidap penyakit ini dapat menerima sebagian perawatan tanpa tinggal dirumah sakit.

Adakah pengobatan dan perawatan untuk orang yang mengidap gangguan bipolar ini? Ya, tentu ada. Pengobatan gangguan bipolar ini dapat dilakukan secara herbal dan alami. Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Menyembuhkan Bipolar Secara Alami

Berikut ini beberapa cara menyembuhkan gangguan bipolar secara alami yaitu sebagai berikut :

1. Jangan Mengisolasi Diri Sendiri

Cara menyembuhkan gangguan bipolar yang pertama yaitu Anda dapat menghindari isolasi mandiri atau mengasingkan diri sendiri. Hal ini dikarenakan isolasi mandiri dapat meningkatkan tekanan depresi.

Sebaiknya berinteraksilah dalam kegiatan sosial. Habiskan waktu Anda bersama teman-teman atau keluarga Anda dengan mengobrol santai secara rutin. Dengan mempunyai dukungan dari teman dan sahabat, dapat membantu Anda merasa lebih nyaman dan percaya diri.

2. Menemukan Cara Baru Untuk Menghilangkan Stres

Cara selanjutnya untuk menyembuhkan gangguan bipolar yaitu dengan mencoba hal-hal baru pada saat Anda dalam fase depresi. Hal ini akan membantu Anda untuk meringankan gejala depresi dan sebagai salah satu cara untuk menyembuhkan gangguan bipolar.

Misalnya, Anda dapat melakukan pemijatan dan yoga. Dengan melakukan yoga dan meditasi dapat bermanfaat dan mempermudah seseorang untuk mengatasi depresi.

3. Selalu Aktif

Beberapa ahli peneliti percaya bahwa dengan melakukan olahraga secara rutin dapat meringankan gejala depresi dan gangguan bipolar. Olahraga yang dapat Anda lakukan seperti, berjalan, jogging, atau bersepeda.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, beberapa ahli mengatakan bahwa Anda harus berolahraga rutin setidaknya 3 sampai 4 hari per minggunya dengan alokasi waktu 30 sampai 40 menit.

4. Belajar Mengenal Pemicu

Jika Anda mengalami gangguan bipolar, Anda dapat mengenali gejala atau tanda-tanda mulai dari episode mania sampai depresi tingkat tinggi. Anda dapat meminta bantuan seorang pekerja kesehatan yang dapat membantu Anda mengidentifikasi tanda-tanda kambuhnya gangguan bipolar.

5. Melakukan Aktivitas yang Membahagiakan

Cara menyembuhkan gangguan bipolar dapat Anda lakukan dengan melakukan hal-hal yang membuat Anda bahagia dan senang. Jika Anda sedang mengalami depresi, biasanya akan lebih mudah untuk mendapatkan hal-hal yang membuat Anda bahagia. Seperti membaca buku, mendengarkan musik, dan membuat kue. Cara ini dapat membantu Anda meningkatkan suasana hati.

Menyembuhkan Bipolar dengan Cara Herbal

Selain dengan cara alami, menyembuhkan bipolar juga dapat dengan cara Herbal. Berikut ini menyembuhkan bipolar dengan cara herbal.

1. Suplemen

Menyembuhkan bipolar dengan cara herbal yang pertama adalah dengan mengkonsumsi suplemen. Sudah banyak sekali orang dengan gangguan bipolar menggunakan suplemen untuk penyembuhannya. Selain itu suplemen ini juga dapat memberi upaya agar meringankan gejala penderita bipolar.

2. Omega 3

Menyembuhkan bipolar dengan cara herbal yang kedua adalah dengan mengkonsumsi omega 3. Menurut beberapa studi, minyak ikan dengan ekstrak omega-3 ini bisa membantu meminimalkan gejala bipolar.

Orang yang sedang depresi mungkin saja juga mempunyai kadar omega-3 yang lebih rendah pada dalam darah di tubuhnya. Asam lemak omega-3 ini mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Akan tetapi cara yang terbaik yaitu dengan memakannya dalam bentuk yang alami. Yaitu dengan sumber yang baik contohnya seperti minyak nabati, ikan air dingin, dan juga kacang-kacangan.

3. Magnesium

Menyembuhkan bipolar dengan cara herbal yang ketiga adalah dengan mengkonsumsi magnesium. Banyak ilmuwan yang berpikir bahwa magnesium mempunyai peran dalam mengatur suasana hati manusia. Serta episode depresi dan bekerja dengan obat-obatan agar membuatnya dapat bekerja dengan efektif.

Maka dari itu beberapa dokter biasanya merekomendasikan suplemen magnesium untuk menyembuhkan bipolar secara herbal. Dengan mengambil multivitamin maka akan dapat mencakup dosis harian magnesium yang telah direkomendasikan.

4. Vitamin

Menyembuhkan bipolar dengan cara herbal yang keempat adalah mengkonsumsi banyak vitamin. Banyak orang yang menyarankan bahwa menyembuhkan bipolar dengan cara herbal adalah dengan vitamin khususnya vitamin C serta asam folat.

Selain itu para peneliti juga sudah menemukan bukti lemah bahwa vitamin C bisa membantu. Akan tetapi, belum ada yang mendukung penggunaan asam folat khusus bagi penderita bipolar. Terdapat bukti bahwa asam folat dapat mendukung kesehatan kognitif. Namun tidak jelas apakah vitamin ini bisa membantu terhadap gangguan bipolar.

Maka dari itu secara keseluruhan, kurang jelas bahwa asam folat bisa membantu orang yang mengalami gangguan bipolar. Harus diperlukan lebih banyak lagi peneliti agar dapat mengkonfirmasi manfaat vitamin apapun.

5. Makanan yang bernutrisi

Menyembuhkan bipolar dengan cara herbal yang terakhir adalah mengkonsumsi berbagai nutrisi yaitu lewat makanan segar. Makanan segar yang memiliki banyak kandungan nutrisi dapat membantu melindungi tubuh dari banyak masalah kesehatan. Sumber vitamin C yang baik contohnya seperti buah jeruk dan juga sayuran berdaun hijau.

Itulah tadi pembahasan mengenai menyembuhkan bipolar dengan cara herbal dan alami. Bagi seseorang yang mengalami gangguan bipolar harus berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan suplemen atau terapi yang bersifat alternatif.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top