Apresiasi Pengelolaan SDG untuk Ketahanan Pangan

Persebaran sumber daya genetik terdapat di daerahdaerah, yang merupakan kekayaan pemerintah daerah atau masyarakat daerah. Untuk itu, pengelolaan plasma nutfah pada tingkat daerah harus diwujudkan. Implikasinya adalah perlu segera disiapkan elemen-elemen di daerah yang diperlukan dalam pengelolaan plasma nutfah, baik perangkat keras maupun perangkat lunak. Dalam rangka meningkatkan pemahaman pengelolaan plasma nutfah untuk ketahanan pangan, Komnas SDG menyelenggarakan Apresiasi Pengelolaan Plasma Nutfah untuk Ketahanan Pangan di Badan Lingkungan Hidup (dahulu Bapedalda), Semarang, Jawa Tengah.

Apresiasi diselenggarakan pada tanggal 28 Juni 2008, dihadiri oleh 70 orang peserta dari pengurus Komisi Daerah Plasma Nutfah Provinsi Jawa Tengah dan staf/pejabat Dinas/Instansi dari 35 Kabupaten atau Kota di Provinsi Jawa Tengah. Dinas atau Instansi yang hadir dalam Apresiasi ini antara lain Dinas Kehutanan, Badan Litbang Daerah, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perikanan, Bappedalda, Perguruan Tinggi, BPTP, Balai Taman Nasional, BPSB, BKSDA, dan Pemerintah Daerah. Acara dibuka oleh Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Jawa Tengah, Ir. Djoko Sutrisno. Dalam sambutannya, Kepala BLH menyampaikan terima kasih kepada Komisi Nasional Sumber Daya Genetik yang memberikan pencerahan tentang pengelolaan SDG kepada anggota pengurus Komda dan pejabat daerah Provinsi Jawa Tengah.
Materi yang disampaikan selama apresiasi berlangsung, yaitu:

  1. Strategi dan Kebijakan Pengelolaan Keanekaragaman Hayati (Drs. Muslihudin, Kementerian Negara Lingkungan Hidup)
  2. Sistem Pengelolaan Sumber Daya Genetik (Prof. (Riset) Dr. Subandriyo, Komnas SDG)
  3. Strategi Pengelolaan Sumber Daya Genetik Ternak (Ir. Bambang Setiadi, MS, APU)
  4. Strategi Pengelolaan Sumber Daya Genetik Ikan (Dr. Rudhy Gustiano, Komnas SDG)
  5. Kebijakan Konservasi Sumber Daya Genetik Hutan dan Hidupan Liar dan Perkembangan Komda Sumber Daya Genetik dan Jejaring Kerjanya (Dr. Machmud Thohari, DEA, Komnas SDG)
  6. Aplikasi Bioteknologi Dalam Pengelolaan Sumber Daya Genetik untuk Perbaikan Sifat Tanaman (Dr. M. Herman, Komnas SDG)
  7. Perkembangan Pengelolaan Sumber Daya Genetik di Jawa Tengah (Prof. Ir. Bambang Sudaryanto, MS, BPTP Jawa Tengah)

Dengan diselenggarakan apresiasi ini, diharapkan peserta yang hadir dapat berperan aktif dalam pengelolaan sumber daya genetik di instansi maupun di lingkungan daerahnya.